Moka Logo
6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda

Tips Bisnis

6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda

3 min
GradyGrady

6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda – Tanggapan pelanggan adalah istilah marketing yang menggambarkan proses untuk mendapatkan opini dari konsumen tentang usaha, produk atau jasa yang telah Anda tawarkan.

Tanggapan pelanggan sangat penting bagi para pemilik usaha karena memberikan Anda wawasan yang lebih sehingga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan ulasan bisnis Anda, produk, dan/atau pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting

pebisnis harus menerima feedback dari orang lain - mengevaluasi kinerja bisnis - tanggapan konsumen

1. Membantu meningkatkan kualitas produk dan jasa

Mendengarkan pelanggan Anda adalah satu-satunya cara untuk menjamin Anda membuat produk atau jasa yang mereka butuhkan sehingga terciptanya sebuah transaksi.

Tanggapan konsumen umumnya digunakan selama proses pengembangan produk untuk memastikan bahwa produk yang akan Anda tawarkan dapat diterima dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Perusahaan paling inovatif di dunia adalah mereka yang dapat menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dan melampaui ekspektasi dari para konsumen.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, perusahaan yang dapat menggabungkan antara tanggapan konsumen dengan pengembangan produk akan menuai keuntungan kompetitif yang kuat, memiliki loyalitas dari para konsumen dan juga dukungan dari pelanggan tetap Anda.

2. Menjadi Tolak Ukur Kepuasan Pelanggan

Mengukur kepuasan pelanggan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.

Survei tanggapan konsumen dapat membantu Anda dalam mengukur kepuasan pelanggan. Cara ini dapat dilakukan secara langsung, melalui email, melalui telpon atau bahkan di dalam sebuah website atau aplikasi dari telepon genggam Anda.

Menggunakan pertanyaan yang membutuhkan rating dapat membantu Anda melacak dan memantau seberapa senang (atau tidak senang) pelanggan Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Definisi dan Kegunaan CRM (Customer Relationship Management)

3. Memberikan Wawasan untuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Meningkatkan pengalaman pelanggan harus menjadi alasan utama Anda dalam mengumpulkan tanggapan konsumen.

Proses dalam membangun usaha baru dan mempertahankan pelanggan lama Anda, lama kelamaan akan menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Menawarkan pengalaman yang luar biasa yang membuat pelanggan Anda kembali kepada Anda adalah cara terbaik untuk menyingkirkan para pesaing Anda.

Baca juga: 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa, Anda perlu menanyakan kepada konsumen Anda apa yang mereka inginkan dan menggunakan hal tersebut untuk menciptakan suatu hal yang lebih baik lagi.

Apabila Anda dapat menciptakan suatu pengalaman yang lebih dibandingkan dengan kompetitor Anda, pelanggan Anda akan tetap loyal dan mengabaikan tawaran kompetitif lainnya yang menggoda.

4. Membantu Meningkatkan Retensi Pelanggan

Tanggapan pelanggan menawarkan jalur komunikasi langsung dengan pelanggan Anda sehingga Anda dapat menentukan apakah mereka tidak senang dengan produk atau layanan Anda sebelum mereka benar-benar meninggalkan Anda.

Pelanggan yang puas adalah mereka yang akan menjadi langganan tetap Anda. Dengan meminta tanggapan mereka secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa Anda menjaga mereka agar tidak pindah kepada kompetitor.

Jika pelanggan Anda tidak puas dan mendapatkan tawaran yang lebih baik dari kompetitor Anda, mereka akan mulai mencari pilihan lain dan berhenti menjadi konsumen Anda.

Dengan mendengarkan pelanggan yang tidak senang atau tidak puas dengan apa yang Anda tawarkan, Anda dapat menggunakan tanggapan konsumen untuk memastikan bahwa semua konsumen Anda merasa puas dengan apa yang ditawarkan dan terus lanjut bekerjasama atau berbelanja dengan Anda.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Anda

5. Memberikan Data yang Nyata untuk Perkembangan Usaha

Keputusan bisnis yang terbaik dapat diambil dari data yang nyata, bukan berdasarkan dari firasat atau hanya keinginan semata. Terlalu banyak pemilik bisnis dan marketer melakukan keputusan untuk perusahaan berdasarkan data yang tidak akurat.

Tanggapan konsumen merupakan data konkret yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apa yang sebenarnya para konsumen Anda berpikir tentang produk atau jasa yang Anda berikan.

Gunakan tanggapan konsumen ini sebagai panduan untuk mengambil keputusan perusahaan baik operasional maupun dari segi marketing. Jika persentase yang besar dari para konsumen Anda menyarankan fitur produk atau ingin tambahan layanan, dengarkanlah mereka. Pelanggan Anda adalah sahabat terbaik Anda.

6. Mengidentifikasi Pendukung Produk Anda

Pelanggan Anda sudah pasti ada yang mati-matian akan menjadi pendukung Anda. Entah karena mereka sudah terbiasa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan ataupun karena mereka sudah merasa nyaman dengan Anda.

Mereka menawarkan nilai yang sangat besar dengan biaya yang sangat sedikit. Namun, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi pelanggan yang mendukung Anda?

Jawabannya ada pada tanggapan konsumen. Ketika Anda mengumpulkan tanggapan dari para pelanggan Anda, para pendukung adalah orang-orang yang memberikan nilai yang sangat tinggi. Jamah lah para pelanggan ini dan bangun sebuah komunitas agar terjadi hubungan yang sama-sama saling menguntungkan.

Jangan takut untuk meminta testimonial apabila Anda rasa pelanggan Anda memang sudah benar-benar berada di sisi Anda. Dengan begitu, orang akan lebih percaya dikarenakan sudah ada orang yang nyata sudah memakai jasa atau produk Anda.

Tanggapan konsumen menyediakan Anda dengan pemahaman yang berharga tentang apa yang pelanggan Anda pikir tentang produk atau layanan Anda. Wawasan ini dapat membantu Anda menciptakan produk yang pelanggan ingin beli dan menciptakan sebuah pengalaman yang melebihi harapan dan membuat para pelanggan Anda datang kembali kepada Anda.

Nah, itulah dia 6 alasan mengapa tanggapan konsumen sangat penting bagi usaha Anda. Yuk, senantiasa tingkatkan kualitas usaha supaya semakin banyak pelanggan loyal pada usaha Anda. Bagaimana caranya?

Baca juga: Definisi dan Fungsi dari Point of Sale (POS)

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi kasir Moka untuk mempermudah operasional usaha Anda sehari-hari. Dengan Moka Point of Sale, Anda dapat mencatat segala transaksi penjualan secara real-time, menyediakan pembayaran nontunai sehingga mendukung gerakan cashless, hingga memanfaatkan loyalty program untuk memberikan diskon spesial kepada pelanggan.

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.