Business Insight Focus

5 Panduan Praktis Memilih Aplikasi Salon Terbaik untuk Bisnis

By Jordhi Farhansyah on October, 25 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Panduan Praktis Memilih Aplikasi Salon Terbaik untuk Bisnis - Pasti masih banyak dari Anda yang belum cukup familiar dengan istilah aplikasi kasir untuk salon.

Ketidaktahuan ini memang wajar karena aplikasi ini adalah salah satu perkembangan yang terbilang baru. Layaknya aplikasi-aplikasi lainnya, aplikasi salon ini hadir untuk memberikan begitu banyak kemudahan bagi Anda selaku pebisnis. 

Sebelum bicara tentang cara memilih aplikasi salon terbaik, Anda perlu memahami apa itu aplikasi salon terlebih dahulu.

Apa Itu Aplikasi Kasir untuk Salon?

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (1)

Aplikasi salon adalah sebuah sistem berbasis digital yang dapat membuat operasional salon Anda jadi lebih efisien.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, proses-proses operasional yang biasanya memakan waktu cukup lama, kini bisa dipangkas habis.

Baca juga: Rincian Lengkap Modal dan Persiapan Sebelum Buka Salon Rumahan di 2019

Aplikasi salon bisa membantu Anda bisnis Anda dari segala macam aspek sehingga Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi pilihan nomor satu para konsumen. Menarik, bukan?

Oleh karena itu, supaya Anda bisa menemukan aplikasi salon terbaik yang cocok untuk bisnis Anda, ketahui 5 tips berikut ini.

Panduan Memilih Aplikasi Salon Terbaik

1. Memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan

mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir - aplikasi kasir untuk salon

Mudah sekali untuk terbuai dengan tawaran-tawaran oleh masing-masing aplikasi kasir. Untuk itu, supaya Anda tidak kebingungan harus memilih aplikasi yang mana, maka kenali terlebih dahulu apa saja yang menjadi kebutuhan Anda.

Rumuskan masalah-masalah yang selama ini menjadi penghambat bisnis Anda untuk berkembang. Lalu, coba pelajari segala fitur yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi kasir. Apabila banyak yang tercakup, maka jangan ragu untuk langsung memilihnya.

Baca juga: 5 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Salon Kecantikan

Apabila ada kendala budget jangan langsung berkecil hati. Biasanya, masing-masing aplikasi kasir memiliki sales representatif yang bisa Anda ajak untuk bernegosiasi.

Jadi, ada baiknya untuk dibicarakan terlebih dahulu sebelum memilih. Namun, kalau memang tidak bisa, pilih saja aplikasi mana yang mengakomodasi kebutuhan prioritas Anda.


2. User experience yang baik

Kody Gautier via unsplash.com - Harga Mesin Kasir-min - aplikasi kasir untuk salon

Dalam teknologi digital, user experience adalah segalanya, terlebih lagi di era digital saat ini. Bagi Anda yang masih awam, cukup pahami user experience sebagai pengalaman yang dirasakan selama penggunaan sebuah aplikasi.

Tolok ukurnya pun cukup sederhana, yaitu apakah Anda nyaman dan mudah mengoperasikan aplikasi tersebut?

Menjawab pertanyaan itu tidaklah mudah dan membutuhkan beberapa waktu. Jadi, sebelum memilih aplikasi kasir, mintalah masa percobaan atau trial period kepada penyedia aplikasi kasir.

Biasanya Anda akan diberikan waktu sekitar 14 hari untuk mencoba semua fitur yang tersedia. Waktu ini sangatlah cukup untuk mengetahui apakah aplikasi salon yang Anda pilih itu sesuai dengan kebutuhan atau tidak. 

Aplikasi salon dengan user experience yang baik juga memudahkan Anda dalam memberikan pelatihan kepada pegawai di salon Anda.

Mengingat setiap orang memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, maka memilih aplikasi dengan pengoperasian termudah adalah aspek penting yang harus Anda perhatikan.


3. Mampu memberikan laporan penjualan dengan detail

mengecek laporan penjualan dari aplikasi kasir gratis - aplikasi kasir untuk salon

Aplikasi kasir terbaik terbaik bukan hanya sekadar memberikan kemudahan dalam menerima appointment pelanggan, tetapi juga memberikan data-data penjualan kepada Anda.

Sebab, setiap transaksi yang terjadi di salon atau barbershop Anda, pastilah akan melalui aplikasi tersebut dan hal itu akan menjadi data. Idealnya, data-data mentah tersebut dapat diolah menjadi data yang siap untuk divisualisasikan.

Dengan data yang telah tervisualisasikan, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana performa salon atau barbershop Anda. Dengan demikian, Anda akan semakin mudah dalam menyusun strategi selanjutnya.


4. Bantu Anda lebih dekat dengan konsumen

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (3)

Dalam bidang jasa, kepercayaan konsumen adalah segalanya. Lalu, bagaimana untuk menumbuhkan rasa percaya dengan mereka? Jawabannya adalah konsistensi.

Dengan mengusung tinggi konsistensi, Anda bisa membuat konsumen betah untuk menggunakan jasa salon Anda berulang kali. 

Untuk mendukung konsistensi ini, Anda juga perlu mengenali konsumen dengan lebih baik. Mulai dari bagaimana spending pattern mereka, treatment apa saja yang paling ia senangi, hingga produk apa yang aman untuk dirinya. Data-data semacam inilah yang mampu dicatat oleh aplikasi salon.

Baca juga: Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

Dengan demikian, Anda jadi bisa memberikan layanan yang lebih personalized untuk masing-masing konsumen.

Selain itu, aplikasi salon juga bisa membantu Anda mencatat dengan detail siapa saja pelanggan Anda, yang akan sangat berguna bila Anda ingin membuat loyalty program.

Program semacam ini cukup membuat konsumen lebih bersemangat untuk berlangganan di salon Anda. Tentu harus dibarengi dengan konsistensi pelayanan dari Anda dan pegawai juga ya.


5. Aplikasi berbasis cloud lebih memudahkan

Businessman hand working with a Cloud Computing diagram on the new computer interface as concept

Di era digital saat ini, penggunaan teknologi cloud sudah mulai menjadi kewajiban. Sebab, teknologi inilah yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengirimkan segala macam data tanpa terikat pada satu gadget tertentu. Bagi pebisnis, kebebasan yang ditawarkan oleh teknologi cloud ini sangatlah krusial.

Bukan hanya menjanjikan konektivitas tak terhingga, teknologi cloud juga berarti data-data Anda akan tersimpan dengan aman. Data-data seperti laporan penjualan misalnya, akan tersimpan di server penyedia aplikasi dan bisa Anda akses dari mana saja.

Baca juga: Hindari Salah Langkah, Ini 7 Tips dan Cara Memulai Usaha Salon Rumahan

Dengan demikian, Anda bisa tetap mengawasi jalannya salon Anda tanpa harus datang setiap hari. Setiap transaksi akan tercatat dan laporannya dapat divisualisasikan yang bisa Anda lihat dari gadget apa saja. 

Itu dia 5 tips penting yang harus Anda ketahui dalam memilih aplikasi kasir untuk salon terbaik. Jadi, dengan mengetahui lima hal di atas, Anda bisa semakin mudah menemukan aplikasi terbaik untuk salon atau barbershop Anda.

Masih bingung dan butuh rekomendasi? Mengapa tak mencoba aplikasi kasir Moka POS untuk bisnis salon Anda? Dengan Moka POS, Anda bisa memperoleh laporan penjualan secara otomatis, bahkan me-maintain pelanggan agar bisa selalu datang ke salon Anda.

Tertarik untuk mencoba aplikasi kasir Moka POS? Klik di sini untuk memperoleh trial 14 hari gratis! Selamat mencoba!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia