Business Insight Focus

Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

By Jordhi Farhansyah on October, 4 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda - Untuk bisnis apapun, aplikasi kasir adalah elemen penting dalam membangun usaha.

Dengan menggunakan aplikasi kasir terbaik yang tepat, Anda bisa mendapatkan data yang lebih lengkap sehingga dapat membantu menentukan strategi selanjutnya. 

Pertanyaannya, di era teknologi yang sudah kian melesat ini, sudahkah Anda menggunakan aplikasi kasir terbaik untuk bisnis?

Baca juga: Mengenal Mesin Kasir dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Tidak perlu takut atau khawatir tidak bisa mengoperasikannya karena inovasi kasir digital telah terbukti mampu memudahkan sekaligus menyederhanakan proses transaksi. 

Bagi Anda yang belum akrab dengan dunia digital, memilih aplikasi kasir terbaik memang cukup membingungkan.

Dengan banyaknya pilihan di luar sana, jangan sampai Anda memercayakan bisnis kepada penyedia layanan kasir yang masih belum terbukti.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda memilih aplikasi kasir terbaik, ketahui dulu 8 tips berikut ini.

Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

1. Ketahui dulu apa yang jadi kebutuhan Anda

membuka bisnis

Salah satu keunggulan aplikasi kasir digital adalah dapat menghadirkan beragam fitur. Biasanya, setiap aplikasi menawarkan fitur unggulannya masing-masing. Namun, sebelum memilih aplikasi kasir terbaik untuk bisnis, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan Anda. 

Buat semacam daftar pendek berisi hal apa saja yang Anda harapkan dari aplikasi kasir. Tujuannya supaya Anda tidak dibuat bingung dengan promosi-promosi aplikasi kasir terbaik di luar sana. Daftar pendek ini juga bisa menjadi kriteria dalam memilih yang terbaik.

Dalam menyusun daftar tersebut, sebaiknya diurutkan berdasarkan prioritas, ya. Artinya, harus ada beberapa kriteria wajib yang tidak bisa Anda kompromikan.


2. Memiliki fitur-fitur yang krusial untuk bisnis

menegcek laporan penjualan dengan menganalisis data - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah - Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Ada sederet fitur-fitur aplikasi kasir digital yang dapat membantu operasional bisnis Anda. Khususnya bagi usaha F&B dan retail yang memiliki kebutuhan fitur yang mirip dalam aplikasi kasirnya. Untuk mengatasi kebingungan, ada beberapa fitur wajib yang harus Anda perhatikan betul.

Salah satunya yaitu pencatatan yang baik. Pencatatan ini pun bermacam-macam. Mulai dari pencatatan transaksi masuk, transaksi keluar, stok barang, hingga rekap data penjualan.

Baca juga: Wajib Tahu 7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Sebelumnya, hal-hal semacam ini harus dilakukan secara manual yakni dengan menggunakan buku. Di era digital ini, sudah bukan saatnya lagi untuk mencatat dengan menggunakan buku.

Sebab, ada banyak kekurangan dari pencatatan manual ini. Mulai dari tidak praktis, rawan hilang/hancur, hingga besarnya kemungkinan human error.

Untuk itu, sudah saatnya beralih ke teknologi digital di mana ketiga masalah tersebut dapat diminimalisir serendah mungkin.


3. Pilih aplikasi yang terhubung ke cloud

melihat laporan penjualan suatu bisnis - Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Saat ini bukan hanya handphone, tetapi mesin kasir pun juga butuh koneksi internet. Mengapa? Karena aplikasi kasir terbaik yang bisa Anda pilih saat ini haruslah memiliki dukungan teknologi cloud untuk alasan kenyamanan dan kemudahan.

Bagi Anda yang kurang familiar, teknologi cloud memungkinkan aplikasi kasir Anda untuk mengunggah data transaksi ke server tersendiri, di mana data-data tersebut bisa Anda akses kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: 4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo

Teknologi ini sangat memudahkan Anda sebagai pemilik untuk memantau transaksi harian, bulanan, hingga tahunan tanpa perlu datang ke toko setiap saat.

Tips satu ini memang terbilang cukup mengejutkan bagi beberapa. Melihat daya serap internet Indonesia saat ini, wajar kiranya kalau beberapa dari Anda yang kurang setuju.

Namun, ingat, inovasi tidak akan pernah mengkhianati hasil. Bagi Anda yang ingin menciptakan bisnis yang unggul, maka cara-cara lama tidak akan bisa membawa Anda mencapainya. 


4. Pilih yang paling mudah untuk digunakan atau user friendly

Membuat daftar barang baku sesuai kategori - manajemen inventaris - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah - Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Aplikasi kasir terbaik hadir untuk memudahkan, tapi kalau cara pemakaiannya saja sulit, bagaimana bisa memudahkan? Mungkin muncul pertanyaan baru dalam benak Anda, apa definisi "mudah" itu sendiri?

Untuk yakin menyebut suatu aplikasi kasir itu mudah digunakan, ada beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi.

Baca juga: Hindari 7 Masalah Bisnis dengan Aplikasi Pembukuan Online, Wajib Baca!

Kriteria pertama, apakah aplikasi kasir terbaik untuk bisnis Anda tersebut memiliki desain antarmuka yang baik. Tolok ukurnya adalah apakah Anda dapat mengakses segala fitur dengan mudah?

Kalau urutan langkahnya terlalu panjang untuk mengakses fitur yang Anda inginkan, itu artinya aplikasi tersebut tidak memiliki antarmuka yang baik. 

Kriteria kedua adalah responsivitas. Artinya, aplikasi tersebut cukup cepat dalam merespon perintah dari Anda. Ingat, aplikasi yang kurang responsif bukan semata-mata dipengaruhi oleh piranti kerasnya saja.

Piranti lunak pun memiliki andil besar dalam kemampuan suatu aplikasi untuk bekerja dengan cepat. Sebagai gambaran, lihat bagaimana ponsel Android yang memiliki spesifikasi tinggi masih bisa kalah cepat oleh iPhone yang notabene berspesifikasi standar. 

Baca juga: Apa Itu Aplikasi Pembukuan Toko dan Bagaimana Memilihnya?

Kriteria ketiga, adanya layanan dukungan yang bisa membantu Anda ketika terjadi masalah. Artinya pilih aplikasi kasir yang bukan hanya menjual aplikasi, tetapi juga layanan konsultasi dan bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Pastikan kalau aplikasi kasir terbaik yang Anda pilih memiliki contact center yang dapat dihubungi 24 jam dan bebas dari reputasi buruk.

Kriteria keempat, mendukung sistem pembayaran yang paling sering digunakan oleh masyarakat kini. Di era cashless ini, sudah banyak konsumen yang membayar dengan uang digital pilihannya masing-masing.

Tugas Anda adalah mengakomodir kebiasaan baru dari konsumen ini. Jadi, sebelum memilih, cari tahu apakah aplikasi kasir yang ingin Anda pilih itu mendukung sistem pembayaran yang cukup lengkap atau tidak. 

Baca juga: Hadapi Cashless Society, Coba 6 Ide Bisnis Ini Agar Untung Banyak

Kriteria kelima, aplikasi kasir tersebut mendukung pengguna lebih dari satu. Tentu Anda tidak merencanakan usaha Anda akan berhenti di satu outlet saja bukan?

Sebagai pengusaha, pasti Anda memilki keingina nuntuk bisa mengembangkan bisnis hinga menjadi beberapa outlet.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda harus memilih aplikasi kasir terbaik untuk bisnis yang memungkinkan multi-user.


5. Fitur keamanan dari aplikasi kasir

jasa konsultan - bisnis rumahan modal kecil - Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Perlu diketahui, aplikasi kasir adalah pencatat keuangan dari bisnis Anda. Aplikasi ini menyimpan beberapa data rahasia yang seharusnya tidak bisa diakses oleh semua orang, termasuk oleh beberapa pegawai Anda sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih aplikasi kasir yang bisa memberikan jaminan keamanan data.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, kita ambil satu contoh kasus. misalnya, usaha Anda bergerak di sektor retail.

Pada jenis usaha ini, seringkali terjadi ketidakcocokan antara antara jumlah barang dan transaksi yang terjadi. Lalu, muncul pertanyaan, apakah mungkin terjadi pencurian yang dilakukan oleh pegawai Anda sendiri? 

Ada beberapa cara untuk mencegah hal itu sampai terjadi. Mulai dari bagaimana Anda mendesain sistem keamanan toko, hingga mengaktifkan fitur audit dalam aplikasi kasir Anda.

Bisa juga dengan memiliki catatan penjualan yang terintegrasi dengan stok barang. Dengan demikian, setiap barang yang berhasil dijual akan dikurangkan sejumlah dengan jumlah transaksinya. Fitur ini akan sangat memudahkan Anda pada saat stock opname nantinya. 


6. Pilih aplikasi kasir yang bisa semakin mendekatkan diri ke pelanggan

menjalani bisnis bersama teman

Banyak bisnis sukses dibangun atas dasar kepercayaan antara konsumen dan penjual. Ketika kepercayaan terjalin dengan kuat, maka Anda bukan hanya memiliki deretan pelanggan loyal, tapi juga komunitas tersendiri.

Komunitas ini pun bisa semakin membesar, sehingga membuat bisnis Anda semakin ramai oleh pembeli. 

Selain memberikan pelayanan terbaik, masih ada cara lain untuk mendekatkan diri dengan para konsumen, salah satunya adalah dengan memiliki loyalty program.

Di dalam program ini, Anda bisa menerapkan diskon-diskon khusus atau bentuk promosi lainnya yang khusus bagi pelanggan-pelanggan setia.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Lalu, bagaimana cara menentukan siapa pelanggan yang setia dan yang bukan? Selain dari hubungan personal yang sudah terbangun, bisa juga dari data yang tersimpan di aplikasi kasir Anda.

Itulah mengapa penting memilih aplikasi kasir yang memiliki sistem pencatatan yang komprehensif. Terlebih lagi apabila data-data tercatat saling terintegrasi satu sama lain.

Dengan data yang terintegrasi, Anda bisa melihat data pembeli beserta seberapa sering ia berbelanja di tempat Anda dan produk apa saja yang sering ia beli. Data-data ini pun bisa Anda gunakan untuk membuat promo yang lebih personalized.


7. Reputasi yang sudah dimiliki

membuka bisnis pakaian

Reputasi memang tidak bisa bohong. Setelah membuat daftar pendek berisi aplikasi kasir yang ingin Anda pilih, langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana rekam jejak dari masing-masing aplikasi kasir.

Di era digital ini, segala hal terekam abadi di dunia maya. Jadi, Anda dapat dengan mudah menemukan keluhan-keluhan yang ditujukan kepada penyedia layanan aplikasi kasir digital. 

Coba lihat bagaimana testimoni sesama pengusaha yang menggunakan jasa aplikasi kasir tersebut. Cari ulasan dari pengusaha yang bergerak di bisnis serupa dengan Anda karena bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kecocokan aplikasi tersebut dengan apa yang Anda butuhkan. 


8. Pastikan harganya sesuai dengan budget Anda

tidak ada modal untuk membangun bisnis

Terakhir adalah tips yang paling krusial, yakni pastikan harga dari aplikasi tersebut cocok dengan budget. Biasanya di dunia ini Anda hanya bisa dapatkan dua dari tiga aspek ideal.

Bila harganya murah, maka pasti layanan dan fiturnya kurang. Sebaliknya, bila layanan dan fiturnya juara, pastilah harganya sedikit lebih tinggi. Jadi, disarankan bagi Anda untuk kembali ke kebutuhan dasar. 

Download E-book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Bisa juga dengan mengambil jalan tengah. Artinya, harganya cukup terjangkau, fitur dan layanannya pun cukup untuk kebutuhan bisnis Anda.

Cari aplikasi kasir yang bisa berikan value terbaik dengan harga yang ditawarkan. Kalau memang aplikasi kasir berpotensi bantu bisnis Anda lebih berkembang lagi, berinvestasi lebih banyak pun tak apa. 

Mungkin Anda bisa juga pilih aplikasi kasir yang menyediakan add-on atau tambahan setelah berjalannya waktu, supaya Anda punya beberapa waktu untuk mengembangkan apa yang Anda miliki terlebih dahulu. 

Download E-book: Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia

Kalau masih kurang yakin dengan harga dan pelayanan yang ditawarkan, tenang saja. Moka POS menyediakan masa trial selama 14 hari untuk Anda coba. Tertarik?

Coba Gratis 14 Hari

Nah, selamat memilih aplikasi kasir terbaik untuk bisnis dan semoga bisnis Anda sukses selalu!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia