Business Insight

5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil

By Samina Sharanani on May, 13 2020
Samina Sharanani

A word crafter

5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil - Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membuat iklan di media sosial, terutama di masa orang-orang giat menggunakan media online untuk beraktivitas. Kesempatan ini perlu Anda ambil dengan baik dan bijak, baik untuk usaha Anda maupun emosional target pemasaran Anda.

Baca juga: Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis

Dengan banyaknya penggunaan ini, semakin tinggi juga peluang Anda untuk mendapat audiens bagi iklan produk atau jasa usaha Anda. Namun, untuk memaksimalkan strategi pemasaran, Anda juga perlu tahu manfaat serta tips membuat iklan di media sosial. Yuk simak bahasan berikut ini!

6 Manfaat Membuat Iklan di Media Sosial

tren media sosial 2020 - 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil

Penggunaan media sosial di masa pandemi ini sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Pemasaran produk dan jasa pun jadi lebih efektif dilakukan melalui media sosial. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membuat iklan di media sosial.

1. Meningkatkan Brand Awareness dengan Efektif

Membuat iklan di media sosial akan membantu Anda meningkatkan brand awareness atas usaha Anda terhadap audiens. Brand awareness merupakan hal penting yang perlu dilancarkan, baik untuk konsumen yang sudah ada maupun untuk menarik konsumen baru. Hal ini bisa Anda terapkan dengan cara mempromosikan produk atau jasa melalui konten media sosial Anda.

Baca juga: 9 Cara Dongkrak Penjualan Bisnis Online di Bulan Ramadan

2. Memperbaiki Tingkat Kepuasan Konsumen

Anda bisa dengan mudah membuka diskusi tentang brand Anda serta hal-hal yang menarik bagi target pemasaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengetahui reaksi pelanggan Anda terhadap konten yang diberikan, Anda juga bisa cepat tanggap atas reaksi, komplain, atau pertanyaan yang diutarakan oleh konsumen.

Dengan begini, Anda semakin tahu tentang karakteristik konsumen Anda dan dapat dengan efektif memperbaiki strategi pemasaran Anda. Keterlibatan aktif Anda juga akan membuat citra brand menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Loyalitas kepada Brand

Postingan iklan yang Anda buat serta respon yang Anda sampaikan otomatis akan menjadi wajah dari brand Anda. Jika Anda mengeksekusikan kedua hal tersebut dengan baik, maka semakin besar juga peluang Anda untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand Anda.

Semakin senang konsumen dengan layanan dan konten Anda, semakin tinggi kemungkinan pelanggan untuk loyal dengan brand Anda.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

4. Kesempatan Menaikkan Posisi di Mesin Pencari

Pada umumnya, kita mencari sesuatu pasti lewat mesin pencari Google. Apapun yang kita temukan di halaman pertama, jadilah referensi untuk kita. Jarang sekali yang membuka hasil cari sampai ke halaman berikutnya.

Maka dari itu, penting untuk menerapkan SEO (Search Engine Optimization) dengan baik untuk setiap konten iklan media sosial Anda. Susun konten iklan sesuai dengan target keyword yang ingin Anda tingkatkan posisinya di list pencarian Google.

5. Mendapat Banyak Insight tentang Marketplace

Mudahnya mengakses media sosial juga memudahkan Anda untuk menganalisa marketplace yang Anda tuju. Anda juga akan dengan mudah bisa melihat bagaimana interaksi konsumen Anda terhadap produk dan konten iklan Anda. Tidak hanya interaksi dalam lingkup brand Anda saja, Anda juga bisa turut menganalisa pesaing-pesaing bisnis Anda melalui iklan media sosial yang mereka buat.

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

6. Menambah Pelanggan Baru dengan Efektif

Di masa pandemi yang serba online ini, membuat pengguna media sosial semakin sering mengecek akunnya, baik untuk berkomunikasi maupun membeli kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya kedekatan dan penggunaan yang masif ini, pemasangan iklan di media sosial akan membuat dampak yang baik, mulai dari brand awareness, sampai dengan mengubah yang tadinya hanya sebatas melihat unggahan Anda jadi ikut menggunakan jasa dan produk Anda.

Baca juga: 11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis

Memasang iklan atau melakukan kegiatan pemasaran media sosial terbukti efektif dan lebih mudah sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini. Kini, hampir segala jenis kegiatan bermigrasi ke media online semua, terutama media sosial. Hal ini perlu Anda manfaatkan dengan strategi yang matang dan bijak agar audiens Anda merasa terbantu dengan konten yang Anda buat.

5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil

tren media sosial 2020 (1)

Penggunaan media sosial yang masif bukanlah hal yang baru, tapi terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan media komunikasi tersebut. Manfaatkan kesempatan tersebut secara bijak dengan tips-tips berikut:

1. Tentukan target bisnis dan pemasaran Anda

Agar pemasaran Anda tepat dan mendapat respon yang baik, Anda perlu target yang spesifik, baik dalam goal bisnis maupun orang-orang yang menjadi sasaran pemasaran Anda. Pilihlah jangkauan target pemasaran yang spesifik.

Misal produk yang Anda jual adalah produk skincare kualitas high-end, maka ambillah target spesifik seperti perempuan usia 25-35 tahun dari kelas ekonomi menengah ke atas.

Baca juga: 7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

Dari target tersebut, Anda bisa dengan efektif mencari tahu karakter target bisnis Anda, cara pandang mereka terhadap suatu isu, apa yang sedang mereka gemari, bagaimana cara mereka berinteraksi, dan lain sebagainya. Hal-hal ini penting Anda ketahui agar konten dalam iklan media sosial Anda tersampaikan dan ditanggapi dengan baik.

2. Buat konsep iklan yang sesuai tujuan perusahaan

Setelah data kelompok target pemasaran sudah lengkap dan terkumpul dengan baik, mulailah merancang konsep iklan media sosial Anda. Dari pengambilan data tersebut, Anda juga harus sudah mengetahui media sosial mana yang digunakan mayoritas target Anda dan bagaimana karakteristik mereka di media sosial tersebut.

Baca juga: Inilah 3 Jenis Literasi Penunjang Skill Pengusaha, Wajib Dikuasai

Selain menyesuaikan dengan target pemasaran, Anda juga harus mengintegrasikan objektif atau peraturan perusahaan klien Anda, ajaklah klien Anda untuk berdiskusi atau berkompromi dengan data-data yang Anda temui beserta ide-ide konsep yang bisa Anda buat dari setiap kondisinya.

Cek ulang dan diskusikan kembali setiap ide dan konsep agar matang dan dapat dieksekusi dengan baik pada akhirnya.

3. Sesuaikan jenis dan visual konten setiap kanal media sosial

Setelah mengetahui kanal mana dan konsep apa yang cocok dengan audiens Anda, sesuaikan jenis konten serta kriteria ukuran visual di setiap media sosial pilihan Anda. Hal ini penting karena setiap medsos memiliki ukuran gambar dan durasi video yang berbeda-beda.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020

Dengan mengetahui dan menyesuaikan hal-hal ini, proses penyusunan konten iklan media sosial akan lebih efektif dan sesuai dengan kapasitas media pilihan Anda. Perhatikan juga penempatan serta resolusi setiap space visual yang akan Anda gunakan supaya dapat dilihat dengan baik oleh audiens Anda.


4, Buat copy yang kreatif, jelas, dan sejalan dengan konsep Anda

Buatlah konten iklan yang dapat menciptakan diskusi di antara audiens Anda. Ajak audiens Anda untuk gabung ke dalam topik yang Anda bawakan. Buatlah copy yang ringkas dan memiliki pengaruh emosional bagi pembaca Anda.

Fokuskan headline copy Anda terhadap manfaat atau solusi yang dapat membantu konsumen. Buat audiens peduli untuk cari tahu lebih lanjut tentang produk atau jasa Anda.

5. Tambahkan deskripsi atau caption yang menarik

Buatlah caption dan deskripsi yang selaras dengan konten, copy, dan visual iklan media sosial Anda. Usahakan informasi yang Anda sampaikan dalam deskripsi ini jelas, ringkas, dan saling melengkapi setiap komponen konten iklan media sosial Anda.

Disarankan untuk tidak membuat deskripsi yang terlalu panjang dan bertele-tele. Jangan lupa untuk sisipkan kalimat ajakan, topik, atau pertanyaan yang dapat membuka percakapan di kolom komentar Anda.

Baca juga: Yuk Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan dengan 4 Tips Promosi Ini

Konsumsi konten media sosial di masa pandemi global ini semakin meningkat. Adanya peningkatan ini membuat pemasaran produk dan jasa bisnis jadi lebih efektif dilakukan melalui media sosial.

Membuat iklan di media sosial memerlukan strategi tersendiri agar konten yang Anda buat dapat tersampaikan dengan baik. Untuk mempermudah proses pembuatan iklan media sosial, Anda bisa langsung ikuti langkah-langkahnya dengan menggunakan Social Media Ads Ruler dari Moka POS.

Yuk, download dan coba buat iklan media sosial Anda! Semoga bermanfaat ya bagi proses kreatif Anda.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia