Business Insight

8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial

By Samina Sharanani on August, 13 2020
Samina Sharanani

A word crafter

8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial - Caption atau deskripsi produk merupakan informasi yang pasti dilihat oleh calon pelanggan. Baik itu di media sosial maupun di e-commerce, penting untuk menyampaikan informasi secara efektif.

Lalu, hal apa saja yang penting dicantumkan dalam caption atau deskripsi produk Anda? Simak bahasan serta contoh-contohnya berikut ini.

8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial

1. Ketahui selera dan sikap target taudiens Anda

menggunakan kartu kredit atau debit untuk membayar belanjaan - 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Sebelum membuat caption, cari tahu lebih dalam mengenai target pemasaran Anda. Apa yang mereka sukai dan bagaimana cara mereka berkomunikasi.

Baca juga: 7 Tahap Perkembangan Bisnis, Anda di Tahap Mana?

Agar pesan yang Anda tulis di kolom deskripsi produk dapat tersampaikan dengan efektif dan dapat dipahami dengan baik. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda ingat untuk mengetahui karakter dan selera target pemasaran Anda:

  • Bagaimana pelanggan bisa membuka akun atau website Anda?
  • Apa yang membuat mereka tertarik secara umum?
  • Kenapa pelanggan bisa tertarik dengan web Anda secara spesifik?
  • Bagaimana pelanggan akan memperkenalkan produk Anda ke temannya?
  • Fitur atau manfaat apa yang akan paling digemari pelanggan?

Dengan lima pertanyaan tersebut, Anda bisa menentukan informasi serta kata-kata apa yang senada dengan karakter dan selera calon pelanggan.


2. Fokus terhadap manfaat produk

berjualan baju - ritel fashion - 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2020 - Tren Bisnis Ritel Pasca COVID-19

Sebagai pemilik bisnis, pasti Anda semangat untuk berbagi tentang fitur produk Anda. Namun, kebanyakan pelanggan tidak tertarik dengan narasi teknis tentang fitur produk Anda saja.

Supaya menarik, tunjukkan bagaimana fitur produk Anda bisa bermanfaat bagi pelanggan Anda. Sebelum menulis, ketahuilah perbedaan antara deskripsi fitur dan deskripsi manfaat. Berikut adalah contoh keduanya.

  Contoh 1 Contoh 2
Deskripsi manfaat “Dengan desain minimalis, Anda bisa bawa barang ini dengan nyaman!” “..Lipat dan buka tas dengan mudah, cocok bagi Anda yang membutuhkan tas ekstra saat traveling!”
Deskripsi fitur “..Didesain langsung dengan teknologi mutakhir dari Jerman..” “..Kulit premium sintetis tas ini didatangkan langsung dari Paris..”

Dari contoh-contoh di atas, bisa dilihat bahwa:

  • Deskripsi fitur produk adalah penjelasan info teknis sebuah produk
  • Deskripsi manfaat menampilkan bagaimana produk Anda bisa membantu hidup pelanggan
  • Jika Anda ingin menampilkan fitur produk, lengkapi dengan manfaat yang dapat dirasakan pelanggan dari fitur tersebut

3. Sampaikan secara langsung dan singkat

cara branding produk (3)

Pastikan Anda hanya menyertakan konten dan informasi yang penting dan berkaitan dengan produk Anda. Menurut Marquis Matson dari Referralcandy, rata-rata rentang perhatian pembaca konten online biasanya hanya sekitar 16%.

Maka dari itu manfaatkan 16% ini dengan efektif. Sampaikan pesan maupun informasi produk dengan ringkas dan padat.


4. Buat dalam bentuk daftar poin singkat dan padat

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger - Panduan Digital Marketing dan Social Media Ads - instagram ads, facebook ads - 8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial

Jika pesan atau informasi produk yang Anda sampaikan cukup banyak, buatlah butiran-butiran informasi penting dalam bentuk daftar poin singkat. Rangkailah kata setiap poinnya dengan ringkas namun tetap informatif. Supaya lebih jelas, berikut adalah contoh perbandingan untuk poin 3 dan 4:

DO DON'T

[BACK IN STOCK]

  • Produk favorit kami sudah restock! Tas lipat cantik yang paling laris satu tahun ini. Paduan seni dan fashion serta tata grafis yang unik ini memang cuma satu-satunya dari [nama brand] :)
  • Tersedia ukuran L, XL, XXL
  • Bahan cotton dan polyester, mudah dilipat
  • Cuci dengan tangan atau mesin cuci, gunakan air dingin
  • Made in Bandung, Indonesia

Suka desain cantik seperti ini? Cek link di profile buat lihat model lainnya!

Pasti sudah tahu kan tas lipat kece kesukaan kalian semua ini? Ya! Tas lipat [nama brand] kembali ready stock! Paduan seni dan fashion serta tata grafis yang unik ini memang cuma satu-satunya dari [nama brand] :) Jangan khawatir, tas lipat ini tersedia dalam beragam ukuran, mulai dari L hingga XXL. Bahannya yang terbuat dari cotton dan polyester membuat tas ini mudah dilipat! Made in Bandung, Indonesia, kualitas tas lipat ini sudah gak perlu diragukan lagi ya. Pasti awet dan kuat. Suka desain tas cantik seperti ini? Yuk, cek link di profile kami buat lihat model lainnya!

 

Dari perbandingan di atas bisa dilihat bahwa:

  • Informasi dalam caption atau deskripsi produk yang direct, singkat dan padat lebih mudah dicerna
  • Dengan menggunakan poin-poin singkat, jadi mempersingkat waktu baca pelanggan Anda

5. Ketahui masalah dan kebutuhan pelanggan

belanja online dengan kartu kredit atau mobile payment - 8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial

Untuk menampilkan dan meyakinkan pelanggan akan manfaat produk terhadap hidupnya, Anda perlu mengetahui pain points atau kesulitan-kesulitan yang biasa dihadapi calon pelanggan Anda.

Baca juga: Panduan Digital Marketing dan Social Media Ads untuk Bisnis F&B

Dari situ, Anda bisa jelaskan manfaat produk melalui caption atau deskripsi produk  Anda. Simak contoh berikut:

Anda sedang menjual tas lipat untuk traveling, berikut masalah yang Anda temukan mengenai pengguna tas lipat secara umum atau dari brand lain:

  • “Tali tas lipat saya putus saat sedang belanja oleh-oleh. Sangat merepotkan!”
  • “Tas ini sulit dilipat ke ukuran semula. Setelah dipakai, jadi gak muat masuk tas saya :(”

Maka, informasi yang perlu disertakan:

Fitur “Dengan jahitannya yang kuat dan benang kualitas premium ..."

“Bahan cotton dan polyester yang lembut ...”

Benefit “..dijamin gak bakal putus saat dipakai!”

“..bikin lipat tas jadi gampang.”


6. Buat ajakan atau buka diskusi di akhir caption atau deskripsi produk

belanja barang

Dalam media sosial, engagement menjadi parameter kesuksesan sebuah posting. Dengan adanya banyak percakapan tentang produk Anda, maka tentu produk Anda akan semakin dikenal oleh pelanggan. Bukalah ajakan diskusi dengan target Anda di setiap akhir caption atau deskripsi. Simak contoh berikut:

DO

DON'T

Mau ngemil enak sambil jaga berat badan? Siapa bilang gak mungkin!

Snack bar [nama brand] memiliki takaran oats dan wheat yang sehat dan sesuai untuk program diet kamu. Jadi gak perlu khawatir soal kalori ya :) Tersedia varian rasa coklat, tiramisu, dan strawberry soy milk.

Varian rasa mana nih favorit kamu?

Mau ngemil enak sambil jaga berat badan? Siapa bilang gak mungkin!

Snack bar [nama brand] memiliki takaran oats dan wheat yang sehat dan sesuai untuk program diet kamu. Jadi gak perlu khawatir soal kalori ya :) Tersedia varian rasa coklat, tiramisu, dan strawberry soy milk.

Gimana? Excited kan buat coba semua variannya? Yuk beli snack-nya di minimarket terdekat!

Analisis: Pertanyaan di akhir contoh caption ini akan memancing pelanggan untuk menceritakan varian produk favorit mereka. Maka dari itu, semakin banyak yang membicarakan produk Anda. Analisis: Pertanyaan di akhir contoh caption ini tidak membuka diskusi tentang produk. Melainkan merupakan pernyataan yang kurang mengajak pelanggan menceritakan produk Anda.

 

7. Gunakan hashtag pada caption atau deskripsi produk

hashtag-1

Buat produk Anda mudah ditemukan bagi orang yang membutuhkan dengan menggunakan hashtag. Tambahkan hashtag yang relevan dengan jenis produk serta jenis bisnis Anda. Simak contoh berikut:

Jika Anda usaha di bidang food and beverage dan sedang menjual minuman kekinian dalgona coffee, gunakan hashtag relevan seperti:

  • Jenis produk: #dalgonacoffee #dalgonagreentea #freshdrink #minumansegar
  • Lokasi dan jenis bisnis: #dalgonacoffeeindonesia #dalgonacoffee #minumankekinianjakarta #pesanonlinedalgona

8. Giat cari inspirasi

online learning - bekerja di rumah - work from home - blogging - ide bisnis online kreatif (2)

Supaya tetap update dan tidak kehabisan ide, Anda bisa cek sekaligus meneliti brand lain. Lihat cara mereka memasarkan maupun mendeskripsikan produk mereka di media sosial dan e-commerce.

Baca juga: 10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

Selain itu, cari tahu juga mengenai momen-momen yang sedang happening dan bagaimana peristiwa itu mempengaruhi pikiran target pemasaran Anda. Dengan mengetahui ini Anda bisa mengadaptasi pandangan mereka ke dalam bentuk tulisan caption dan deskripsi produk Anda.

Untuk melakukan pemasaran online yang efektif, Anda perlu mengetahui setidaknya dasar-dasar cara pembuatan konten untuk online shop.

Dengan mengetahui proses serta kriteria media yang digunakan hingga pesan-pesan apa saja yang perlu Anda sampaikan, pemasaran online shop Anda pun bisa berjalan dengan efektif. 

Itulah dia 8 tips membuat caption atau deskpripsi produk di media sosial yang bisa Anda pelajari. Penting untuk diingat, untuk memudahkan pencatatan penjualan produk Anda nantinya, yuk manfaatkan layanan terbaik dari aplikasi kasir Moka.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

Anda bisa mencatat transaksi secara otomatis, menerima pembayaran tanpa harus menghitung manual, membuat loyalty program untuk pelanggan, dan masih banyak lagi. Semua serba praktis! 

Yuk, coba GRATIS 14 hari dan rasakan bagaimana Moka bisa membantu bisnis Anda.

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia