Business Insight Focus

5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

By Sintia Astarina on September, 2 2019
Sintia Astarina

5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil - Mungkin saat ini Anda merasa bahwa gaji yang didapat dari kantor cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, bagaimana dengan di masa depan? Apakah cukup?

Ya, banyak yang menyarankan, jangan pernah mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Namun, bukalah peluang sebanyak-banyaknya untuk menambah penghasilan. Salah satunya dengan berbisnis.

Nah, jika Anda hanya memiliki sedikit modal, lantas bagaimana bisa memulai bisnis hingga memperoleh keuntungan?

Simak 5 cara melihat dan memanfaatkan peluang bisnis online modal kecil di bawah ini.

5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

1. Peka terhadap Potensi di Daerah Anda akan Berbisnis

memasak - katering - peluang bisnis online modal kecil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melihat dan memanfaatkan peluang bisnis online modal kecil ialah dengan menjadi lebih peka terhadap potensi di lingkungan sekitar.

Cobalah amati, lalu analisis beberapa usaha yang sukses di sekitar Anda. Pelajari juga mengapa ada usaha yang tidak sukses atau sepi pembeli.

Mari ambil contoh, Anda adalah orang yang gemar memasak. Memiliki restoran sendiri menjadi salah satu mimpi terbesar Anda. 

Anda berniat untuk membuka restoran di kawasan tempat Anda tinggal. Namun rupanya, ada sebuah restoran di kawasan Anda yang kelihatan sepi pembeli. Kenapa bisa demikian?

Baca juga: Terapkan 3 Strategi Pemasaran Ini Jika Anda Punya Restoran Baru

Setelah dianalisis, lokasinya cukup strategis, yakni ada di pinggir jalan. Kemudian, makanan yang dijual pun rasanya enak. Namun, kenapa sepi pembeli?

Usut punya usut, restoran tersebut mematok harga yang cukup mahal, terlebih di lingkungan perumahan atau tempat tinggal Anda. Di sisi lain, restoran tersebut tidak memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Jelas saja, hal ini membuat masyarakat beralih ke tempat makan lain yang lebih terkenal, harganya lebih murah, tapi rasanya sama-sama enak dan porsinya banyak.

Untuk itu, apabila Anda berminat untuk membuka restoran sendiri, jangan lupa, lakukan riset terlebih dulu dari segi budget, menu, harga, dan sebagainya.

Apabila budget Anda belum mencukupi untuk membuka restoran sendiri, mengapa tidak membuka bisnis katering saja? Lalu, gencarkan promosi lewat online sehingga Anda bisa menggaet lebih banyak pelanggan!

Rencanakanlah bisnis Anda dengan matang agar untung terus datang!


2. Jalani Bisnis yang Sesuai Passion atau Keahlian Anda

kamera  fotografi

Ada banyak peluang bisnis online modal kecil yang bisa Anda jalani. Namun, apapun bisnisnya, carilah yang memang sesuai dengan passion Anda.

Sebab, pekerjaan yang sesuai passion pasti akan terasa menyenangkan untuk dijalani. “Rasanya seperti menjalani hobi yang dibayar,” begitu kata kebanyakan orang.

Sebagai contoh, Anda sudah menggemari dunia fotografi sejak lama dan rasanya, mengutak-atik kamera adalah hal yang tidak bisa Anda lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Nah, ketimbang hanya menjadikan hal tersebut hanya sebagai hobi, mengapa tidak dijadikan bisnis saja?

Anda bisa membuka jasa fotografi, videografi, hingga editing video. Bahkan, Anda juga bisa menjual hasil foto dan video Anda ke berbagai situs online yang tentunya, mendatangkan pundi-pundi uang di tabungan Anda.

Baca juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

Nah, agar jasa Anda semakin dikenal masyarakat luas, Anda bisa menjadikan Instagram sebagai galeri atau portfolio Anda. Dengan demikian, klien pun bisa melihat hasil kerja Anda dengan lebih mudah.

Jangan lupa, pasang kontak pada profil Anda sehingga calon klien bisa menghubungi Anda dengan mudah. Tawarkan promo pada season tertentu untuk menarik minat klien baru terhadap bisnis Anda!


3. Bekerja Sama dengan Pihak Lain

bazar - pop up market - Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Tak dimungkiri, bisnis yang berkembang dengan pesat pasti membutuhkan modal yang banyak. Namun, tahukah Anda, dengan modal minim pun, Anda juga bisa memajukan bisnis Anda, lho!

Sebagai contoh, makanan sehat berbahan dasar granola adalah produk utama dari bisnis Anda. Nah, kira-kira, apa yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil?

Misalnya, ikut bazar atau pop up market di berbagai pusat perbelanjaan di daerah tempat tinggal Anda. Biasanya, si penyelenggara acara akan mempromosikan tenant-tenant yang berpartisipasi dan tentu saja Anda bisa dapat exposure lebih di media sosial.

Baca juga: Bagaimana Memaksimalkan Bisnis Anda menggunakan Media Online?

Namun jangan lupa, pilihlah venue yang memang ramai. Setidaknya, Anda bisa memperoleh penghasilan yang mampu menutupi budget yang Anda keluarkan untuk menyewa tenant.

Selanjutnya, Anda bisa mengirimkan makanan gratis kepada para influencer atau KOL. Syukur-syukur mereka mau mem-posting makanan kreasi Anda di Instagram sehingga secara tidak langsung, mereka memberikan promosi gratis untuk bisnis Anda!


4. Optimalkan Penggunaan Blog dan Media Sosial

instagram - promosi online

Sebagus apapun bisnis yang Anda geluti, bila tidak diketahui masyarakat, siapa yang akan membeli produk atau jasa Anda? Yuk, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis online modal kecil dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Katakanlah, Anda menjual jaket bermotif batik. Sebagai sarana promosi, Anda aktif menggunakan Instagram dan memamerkan produk-produk yang dijual.

Di sisi lain, Anda juga membuat website khusus di mana para pelanggan bisa membeli produk Anda secara langsung. Bahkan, Anda juga memiliki blog dengan berbagai artikel yang sudah dioptimasi dari segi SEO.

Selain exposure meningkat, penjualan bisnis Anda pun demikian. Padahal, modal yang Anda gunakan hanya sedikit saja, lho!


5. Cari Bisnis yang Bisa Memberikan Penghasilan Pasif untuk Anda

laptop - menulis - penghasilan pasif

Nyatanya, memiliki penghasilan pasif juga sama pentingnya dengan pendapatan pasif, lho! Bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan pasif lewat bisnis online dengan modal kecil?

Pertama, Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Apabila karya Anda diterbitkan menjadi sebuah buku, Anda bisa mendapatkan royalti dari setiap buku yang terjual. Dalam artian, ketika Anda sedang tidur pun Anda tetap bisa memperoleh penghasilan.

Sama halnya ketika Anda menjadi seorang blogger. Jika pada blog Anda terpasang Google AdSense, atau ada klien yang menyewa spot pada blog Anda untuk pemasangan iklan, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif untuk setiap iklan yang diklik.

Selain itu, Anda juga bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda di website seperti Shutterstock dan memperoleh fee dari sana. Bagaimana, seru kan?

Baca juga: 23 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

Itulah dia 5 cara melihat dan memanfaatkan peluang bisnis online modal kecil. Pada intinya, jangan jadikan modal kecil sebagai hambatan Anda dalam berbisnis, ya! Sebab, Anda bisa mendapatkan modal tambahan lewat pembiayaan dari Moka Capital.

Moka Capital bermitra dengan KoinWorks, Taralite, dan Modalku yang siap meningkatkan laju bisnis Anda lewat pendanaan hingga Rp2 miliar.

Dengan adanya modal tambahan, Anda bisa memperbanyak stok inventaris, menyegarkan arus kas, menyewa kantor atau gudang, membuat toko offline, atau untuk keperluan bisnis lainnya.

Moka Capital pun menawarkan bunga rendah mulai dari 0.75% dengan jangka waktu pelunasan pembayaran 18 bulan. Moka Capital pun telah dipercaya lebih dari 20.000 pebisnis di seluruh Indonesia, lho!

Saatnya giliran Anda dan bisnis Anda dikenal masyarakat lebih luas lagi! Yuk, jangan ragu ajukan pembiayaan bisnis karena memberdayakan setiap bisnis untuk tumbuh adalah visi kami.

Selamat berbisnis dan selamat menangkap peluang Anda!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia