Mau Usaha Kedai Kopi Anda Lebih Berhasil? Simak Tipsnya di Sini!

Banyak dari Anda yang mungkin sadar bahwa pergerakan industri kopi di Indonesia makin ke sini makin subur karena konsumsi kopi di tengah masyarakat memang tengah meningkat. Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat soal kopi, bisnis coffee shop pun kini jadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan.

Baca Juga: Cyclo Coffee & Apparel, Revolusi Bisnis Coffee Shop ke Bisnis Restoran

Sehingga tidak mengherankan apabila Anda kerap menjumpai coffee shop hampir di setiap sudut jalan. Untuk meraih kesuksesan di bisnis coffee shop memang butuh beberapa hal. Selain dari teknik, bahan baku, dan ciri khas rasa, pelayanan juga merupakan salah satu yang paling mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Ada banyak cara untuk memberikan pelayanan terbaik, namun Anda bisa memulainya dari sistem perkasiran yang Anda miliki. Mengapa demikian?

Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut.

 

1. Aplikasi perkasiran adalah gerbang aliran kas coffee shop Anda

tips sukses coffee shop

Setiap uang yang masuk setelah adanya pembelian pastinya melalui kasir. Oleh karena itu, mesin kasir coffee shop Anda sudah bertindak selayaknya pintu gerbang. Ia mengontrol dan memantau jumlah pembeli dan jumlah uang yang masuk setiap harinya. Namun akan menjadi pekerjaan yang merepotkan apabila sistem kasir Anda masih konvensional di mana penghitungan penjualan masih dilakukan secara manual.

Untuk mengatasi hal tersebut, sistem kasir semakin berkembang dengan memanfaatkan beragam teknologi, misalnya teknologi cloud computing, sehingga terciptalah sistem aplikasi kasir yang kini semakin modern. Dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis cloud, Anda pun jadi semakin mudah memantau keduanya karena sistem bekerja secara akurat. Uang yang masuk akan secara otomatis tercatat di dalam sistem sehingga Ada tidak perlu repot untuk merekap kembali penjualan secara manual.

Baca Juga: Definisi dan Fungsi dari Point of Sales untuk Bisnis Anda

 

2. Sistem aplikasi kasir memiliki fungsi pemantauan stok

tips sukses coffeeshop

Selain mengawasi jumlah cangkir yang terjual, aplikasi kasir juga memungkinkan Anda untuk mengetahui stok bahan baku yang telah digunakan. Caranya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu memasukkan bahan baku yang Anda persiapkan dan bahan baku yang digunakan untuk suatu resep sajian kopi. Sistem akan otomatis mengkalkulasikannya untuk Anda. Salah satu aplikasi kasir yang sudah menerapkan hal ini adalah Moka dengan fitur Ingredient Inventory-nya.

Baca Juga: Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Lengkap dengan Ingredient Inventory

 

3. Bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan

tips sukses coffeeshop

Sebagai pintu gerbang yang mengawasi jumlah pembeli, maka Anda pun juga menggunakan aplikasi perkasiran untuk menyimpan database pembeli Anda. Pencatatannya pun cukup detail hingga ke menu apa saja yang mereka beli. Dengan demikian, Anda pun jadi lebih dimudahkan untuk merumuskan strategi promosi atau reward yang sesuai dengan profil atau kebiasaan berbelanja pelanggan Anda. Hal ini akan membuat pelanggan jadi lebih setia. Hebatnya lagi, program ini tidak membutuhkan kartu apapun. Data pelanggan setia Anda dapat tersimpan dalam cloud secara otomatis.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Pertahankan Pelanggan Setia

 

4. Adanya sistem aplikasi kasir dapat mempercepat pelayanan

 

tips sukses coffeeshop

Dengan aplikasi kasir, Anda pun akan menikmati antarmuka yang lebih sederhana ketimbang mesin kasir analog yang sudah usang. Anda bisa langsung melihat menu yang tersaji dalam bentuk gambar, lengkap dengan berapa jumlah stok yang tersedia. Oleh sebab itu, Anda tidak akan direpotkan dalam mencari nama produk yang ingin dibeli oleh konsumen. Hanya beberapa sentuhan jari, pesanan pembeli sudah tercatat dalam sistem dan bisa langsung diracik oleh barista andalan Anda. Dijamin tidak ada lagi antrian panjang.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

Itu dia empat kemudahan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan aplikasi perkasiran digital. Namun, jangan sampai salah dalam memilih aplikasi kasir digital karena hanya Moka yang memberikan semua kemudahan di ata. Jadi, bagi Anda yang ingin mendirikan coffee shop yang sukses, Moka siap mewarnai perjalanan Anda.

Coba Moka sekarang juga dengan klik di sini.

linkedin

Tags: business insight