Marko Watch, Bisnis Retail Jam Tangan yang Bertahan di Era Digital

Gencarnya bisnis online sedikit banyak mempengaruhi keberadaan bisnis retail. Kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online memang terkesan sulit ditandingi oleh bisnis retail. Padahal ada satu kualitas yang tidak bisa dihadirkan oleh bisnis online, yaitu pelayanan face-to-face antara penjual dan pembeli.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Sejatinya, pelayanan face-to-face ini sangatlah berharga dalam membangun kepercayaan. Terlebih lagi kepercayaan adalah faktor kunci apabila Anda ingin memiliki pelanggan tetap. Namun apa yang dilakukan Marko Watch mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

marko watch

 

Apa konsep yang diusung Marko Watch?

Marko Watch adalah bisnis yang bergerak di bidang penjualan dan service jam tangan. Marko Watch sendiri telah berdiri sejak 1998. Jadi bisa dibilang Marko Watch adalah pemain lama. Berdiri sebelum era digitalisasi mulai merajai sektor bisnis membuat Marko Watch merasakan langsung transisi dari perdagangan offline menjadi perdagangan online. Tidak seperti bisnis retail lainnya, Marko Watch lebih responsif terhadap perkembangan zaman.

Baca Juga: Eatlah, Bisnis Makanan Cepat Saji dengan Teknologi Termutakhir

 

Strategi pemasaran seperti apa yang digencarkan Marko Watch?

Respon Marko Watch terhadap perkembangan zaman adalah dengan melakukan beberapa online marketing seperti melalui akun-akun media sosial, website, dan mendirikan toko online. Meskipun pasar jam tangan diisi oleh banyak pemain, Diki dari Marko Watch menyatakan bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan.

“Kompetitor membuat Marko Watch terus berinovasi dengan menyajikan berbagai promosi yang membuat para pelanggan tertarik untuk datang. Hasilnya, di saat-saat tersepi pun Marko Watch mampu menjual minimal lima jam tangan per hari,” ujar Diki.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

 

Seberapa jauh digital berperan dalam pengembangan Marko Watch?

Selain mengikuti perkembangan zaman melalui online marketing, Marko Watch juga mengadopsi teknologi digital untuk operasional tokonya. Salah satunya adalah dengan menggunakan Moka untuk membantu perkasiran.

“Dengan menggunakan Moka, Marko Watch bisa beroperasi dengan lebih cepat dan rapi. Marko Watch juga terbantu dalam hal stok opname. Sistem Moka juga langsung menyajikan data-data penjualan dan stok barang dengan lebih rapi. Beda dengan mesin kasir konvensional dulu. Jadi, tidak ada lagi barang-barang dagangan yang hilang,” kata Diki.

Baca Juga: 7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Retail Shop Anda

marko watch

 

Apa tips berbisnis dari Marko Watch untuk pemula?

Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis penjualan jam tangan, Diki juga tidak lupa memberikan tips yang cukup berharga. “Selalu perhatikan cara penjualan dan sistem kerja. Perlu juga untuk memperhatikan keinginan pasar. Keinginan pasar di sini maksudnya adalah antusiasme khalayak di tengah fluktuasi permintaan pasar.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk terus menghadirkan model-model produk terbaru tanpa menghilangkan nuansa asli dari produk yang sudah ada. Strategi ini berguna untuk menjaga relevansi keberadaan sebuah bisnis untuk tidak kalah saing dengan kompetitor. Tidak hanya itu, ini juga bermanfaat untuk mencari nilai intrinsik dari sebuah produk yang sifatnya universal atau bisa digunakan oleh semua orang.

Baca Juga: Padukan Musik Cadas dan Restoran, Ini Rahasia Sukses Lawless Burgerbar

linkedin

Tags: Percaya Moka percayamoka