Merchant Highlight

MarieKay Browlash and Studio: Raih Banyak Pelanggan Berkat Kualitas Tinggi

By Jordhi Farhansyah on March, 10 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

MarieKay Browlash and Studio: Raih Banyak Pelanggan Berkat Kualitas Tinggi - Memiliki bulu mata lentik dan wajah bening seperti artis-artis Korea mungkin menjadi dambaan banyak wanita di Indonesia. Hal ini pun menjadi peluang bisnis tersendiri, seiring tren kecantikan Korea mulai masuk ke Indonesia.

Sadar akan peluang tersebut, MarieKay Browlash and Studio hadir untuk para perempuan Indonesia yang ingin merasakan bagaimana perawatan kecantikan ala Korea dengan proses yang mudah dan cepat, serta hasil yang long lasting


Awal Mula Berdirinya MarieKay

Maria Narulita, founder dari MarieKay Browlash and Studio, memulai perjalanannya dari nol. Awalnya, ia mendirikan MarieKay sebagai sebuah bisnis rumahan di Bandung pada tahun 2015 silam. Kini usaha ini sudah semakin berkembang dan ramai digandrungi pelanggan sehingga butuh untuk mulai menempati tempat baru yang lebih besar dan lebih nyaman. 

Apa yang membuat usaha kecantikan ini ramai diminati? Ya, hal ini tidak lepas dari kemahiran Maria Narulita dalam melakukan treatment wajah. Ia sudah mendapatkan sertifikat pelatihan dari beberapa negara. Tentu, keahliannya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan tempat yang lebih besar, MarieKay bisa mengakomodasi bertambahnya konsumen seiring waktu. Untuk menambah kenyamanan pelanggannya, terdapat pula sebuah coffee shop di dekat studio kecantikan MarieKay yang didirikan oleh suami Maria Narulita. Jadi, para pengunjung pun bisa menikmati secangkir kopi mereka sembari menunggu giliran treatment.

Baca juga: Rincian Lengkap Modal dan Persiapan Sebelum Buka Salon Rumahan


MarieKay Tawarkan Kualitas Terbaik untuk Konsumen 

MarieKay Browlash and Studio Bandung  (1)

Treatment yang ditawarkan oleh MarieKay sangat lengkap. Mulai dari facial, eyelash, sulam, laser, HIFU (High Intensity Focused Ultrasound), Clear Spot, hingga Black Doll. Untuk treatment facial sendiri melayani pembersihan komedo, kolagen, BB Glow, Vitamin C, Galvanic, dan Diamond. Khusus untuk treatment sulam alis, pelanggan akan langsung dilayani oleh sang owner.

Dengan treatment selengkap itu, maka tak heran jika MarieKay menjadi salah satu studio kecantikan ala Korea yang selalu ramai pelanggan.

Dalam satu hari, bisnis ini mampu melayani hingga 25 orang dengan sistem booking terlebih dahulu. Apabila ada pelanggan yang ingin menjalani perawatan di sini, mereka pun juga harus book jadwal jauh-jauh hari agar kebagian slot.

Rupanya, yang membuat pelanggan ingin kembali dan kembali lagi adalah karena kualitas tinggi yang ditawarkan MarieKay Browlash and Studio.

Selain berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan, MarieKay juga selalu update dengan perkembangan teknologi dan teknik kecantikan terkini. Sang pemilik bahkan tak segan-segan untuk sering bepergian ke Korea Selatan untuk update tren dan belanja kebutuhan, lho!

Kemudian, untuk menjaga konsistensi kualitas layanan, setiap terapis yang melayani para pelanggan harus menjalani pelatihan langsung dari Maria Narulita. Dengan demikian, setiap pelanggan bisa mendapatkan pelayanan terbaik, layaknya langsung dari sang owner. 

Pelanggan yang hadir tidak semuanya wanita. Ternyata banyak juga konsumen pria yang datang untuk melakukan treatment wajah di sini. Usia pelanggan yang hadir untuk treatment di MarieKay juga beragam, mulai dari yang berusia 20 tahun hingga 60 tahun. Artinya, treatment di MarieKay ini digemari oleh laki-laki dan perempuan dari segala usia. 

Dengan pengalaman dan kualitas yang dimiliki, tak heran jika pelanggan MarieKay tidak hanya berasal dari Bandung saja. MarieKay juga sudah melayani konsumen dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jakarta. Bahkan, ada konsumen yang datang jauh-jauh dari Swedia dan Australia untuk melakukan treatment di MarieKay, lho! 

Pelanggan yang datang juga dari berbagai kalangan. Mulai dari orang biasa hingga para artis juga mempercayakan treatment wajahnya di MarieKay, seperti  Risa Saraswati, Melly Mono, dan Vega Damayanti

Memang, MarieKay tidak mau kompromi dengan kualitas bahan-bahan yang digunakan. Untuk itu, Maria Narulita memilih untuk membeli produk-produk kecantikannya langsung dari Korea Selatan, agar kualitas dan hasilnya memuaskan. 

Konsistensi yang dijaga oleh MarieKay pun membuahkan hasil. Kini, studio kecantikan ini sudah memiliki banyak sekali pelanggan tetap. Ada yang hadir seminggu sekali dan ada juga yang sebulan sekali untuk melakukan treatment. Jadi, kunci keberhasilan MarieKay terletak dari kemampuan sang owner dalam melatih terapis dan juga kualitas bahan-bahan yang digunakan.

Baca juga: Sukses Usaha Salon Kecantikan dengan Strategi Bisnis yang Tepat


5 Pelajaran Penting dari Kisah Sukses MarieKay

MarieKay Browlash and Studio Bandung  (3) (1)

Setelah membaca bagaimana kisah sukses MarieKay sejak awal hingga kini, ada beberapa pelajaran penting yang bisa Anda ambil. Pelajaran ini bukan hanya bisa diterapkan pada bisnis kecantikan saja, tetapi juga di berbagai bidang bisnis lainnya. 

1. Pastikan Anda memiliki value proposition

Secara sederhana, value proposition ini dapat diartikan sebagai kombinasi layanan dan produk terbaik yang Anda tawarkan ke pelanggan sehingga konsumen tak bisa menemukannya di bisnis lain. Ini adalah kunci dalam memenangkan persaingan usaha yang kian hari kian ketat, sekaligus membantu bisnis Anda bisa berkelanjutan. 

2. Pentingnya membangun kepercayaan dengan konsumen

Tahukah Anda, kepercayaan ini hanya bisa dibangun dengan konsistensi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dari kisah sukses ini, dapat diketahu bahwa MarieKay konsisten memberikan treatment a la Korea yang lebih baik dengan efek yang lebih tahan lama daripada para pesaingnya. Inilah yang membuat para pelanggannya rela menunggu jadwal hingga berbulan-bulan kemudian.

3. Tingkatkan skill Anda dan karyawan

Adanya kesadaran untuk meningkatkan kapasitas dan transfer ilmu kepada pegawai membuat MarieKay bisa memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas baik kepada semua pelanggan. 

4. Miliki growth mindset

Apa pun bisnis yang Anda geluti, wajib untuk memiliki rencana pengembangan dalam jangka panjang. Sebab, dorongan untuk berkembang inilah yang akan melahirkan berbagai inovasi demi memperkuat bisnis Anda.

MarieKay, contohnya, berinovasi dengan mengadakan kelas-kelas kecantikan a la Korea sekaligus menjual produk-produk kecantikan langsung dari Korea Selatan. Hal ini membuat MarieKay lebih dari sekadar beauty studio semata, melainkan one-stop solution untuk jadi cantik a la Korea. Menarik, bukan?

5. Evaluasi bisnis

Tak bisa dimungkiri, setiap bisnis pasti memiliki kelemahan. Namun, tak semua bisnis bisa menemukan letak kesalahan dan langsung mengambil langkah perbaikan. Untuk itu, Anda perlu melakukan evaluasi menyeluruh secara berkala.

Bagaimana cara melakukan evaluasi tersebut? Anda bisa memetakan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda melalui data yang didapatkan dari aplikasi kasir Moka, sama seperti yang dilakukan oleh MarieKay.

Beberapa data yang bisa didapatkan adalah pencatatan penjualan, laporan pembayaran, produk terlaris, stok barang, peak hour, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, aplikasi kasir Moka juga lebih cepat dan efisien dalam memproses transaksi sehingga bisa semakin memudahkan operasional usaha Anda. Anda juga bisa memanfaatkan sistem kasir ini untuk membuat Loyalty Program agar seluruh pelanggan bisa menikmati benefit seperti diskon dari usaha Anda.

Tertarik untuk tahu lebih banyak soal bagaimana Moka bisa membantu Anda, sama halnya seperti Moka membantu MarieKay Browlash and Studio? Klik di sini untuk coba GRATIS Moka selama 14 hari, yuk!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia