Leadership Productivity SekitarLebihBaik

8 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan untuk Pebisnis dan Kesuksesan Usaha

By Samina Sharanani on May, 27 2019
Samina Sharanani

A word crafter

manfaat sedekah

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa, terutama bagi warga Indonesia yang sebagian besar penduduknya menganut kepercayaan Islam. Semarak di bulan Ramadan bisa Anda rasakan di manapun Anda berada. Tak hanya itu, untuk para pebisnis momen ini dimanfaatkan untuk menaikkan penjualan mereka.

Pemilik bisnis bahkan tak segan-segan memberikan “promo bulan Ramadan” untuk para pelanggannya demi meningkatkan penghasilan usahanya. Jadi, tak hanya konsumen saja yang kecipratan untung promo, tapi pemilik bisnis pun meraup keuntungan di bulan Ramadan ini. Belum lagi, jika sudah mendekati hari Raya Idul Fitri, mereka akan berlomba-lomba menarik perhatian para pelanggannya.

Namun, sebagai pebisnis tentunya kesuksesan tidak hanya datang dari aspek yang berkaitan dengan bisnis saja. Ada aspek lain yang lebih penting dan sangat menunjang kesuksesan bisnis Anda. Bersedakah adalah salah satu aspek penunjang kelancaran Anda dalam berbisnis.

Mungkin jika dipikirkan secara logika, sedekah adalah memberi sesuatu (yang sebagian besar diasumsikan dengan uang) kepada orang lain sehingga hal tersebut akan mengurangi jumlah uang yang Anda miliki. Namun, ketika Anda melibatkan keimanan Anda dalam berbisnis, hal tersebut justru sebaliknya. Uang yang Anda keluarkan untuk bersedakah akan terganti dengan rejeki yang berlipat ganda. Terutama di bulan Ramadan, momen ini akan sangat tepat jika Anda ingin bersedakah kepada sesama.

 

Mengapa sedekah dianjurkan saat Ramadan?

manfaat sedekah

Bulan Ramadan memang bulan suci yang penuh berkah. Tanpa Anda sadari, banyak sekali keindahan dan keajaiban yang Anda dapatkan selama bulan suci ini. Mengapa begitu? Karena di bulan Ramadan, ladang pahala dan pintu untuk berbuat baik dibuka selebar-lebarnya.

Sehingga ketika Anda ingin berbuat baik di bulan yang suci ini, kebaikan Anda pun akan terbalaskan berlipat ganda di kemudian hari. Bahkan dalam agama Islam sendiri mengajarkan bahwa sedekah adalah amal ibadah yang sangat dianjurkan dan bermanfaat dalam mewujudkan kesuksesan Anda.

Sehingga, momen Ramadan ini menjadi sangat pas bagi Anda untuk berbagi kepada sesama. Selain itu, ada rasa lega di dalam hati karena bisa membantu sesama yang lebih membutuhkan. Hidup memang tidak melulu tentang uang dan bekerja, kita juga harus ingat jika di sekeliling kita masih banyak orang-orang yang kurang beruntung. Jadi, tak ada salahnya kan jika berbagi hasil jerih payah kita kepada sesama?

 

Apa hubungan antara sedekah dan bisnis?

manfaat sedekah

Mungkin banyak orang yang masih meragukan apa hubungannya bersedekah dengan bisnis yang sedang dijalankan? Sedangkan sedekah sendiri dalam praktiknya memberikan sebagian apa yang kita miliki (yang dalam hal ini lebih banyak merujuk pada materi) kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Dalam logika manusia, mungkin rasanya terasa aneh kalau kita memberikan sesuatu kepada orang lain secara cuma-cuma tapi kita yang akan untung.

Akan tetapi, Tuhan punya perhitungan sendiri mengenai sedekah. Harta yang kita miliki dari hasil jerih payah bisnis yang kita bangun bagi Tuhan mungkin tidak sebanding dengann keikhlasan kita untuk bisa berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan. Semakin kita banyak memberi dengan ikhlas, maka rejeki dan apapun yang kita jalani akan semakin dilancarkan oleh sang empunya kehidupan ini.

Secara nalar, tak ada yang tahu bagaimana hal itu bisa sangat berkaitan. Namun, banyak orang yang sudah merasakan keajaiban tersebut. Beberapa pemain bisnis yang sukses dan masih mau berbagi kepada sesama tak pernah luput dari kemudahan-kemudahan dalam menjalankan bisnisnya. Konsep yang mengatakan bahwa “apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai” memang benar-benar terjadi dalam dunia nyata. Dalam hal ini, jika kita mau bersedekah dengan ikhlas dan memberi kepada mereka yang membutuhkan, kita pun akan menerima kebaikan dan kemudahan yang lebih dalam kehidupan kita.

Selain itu, bersedekah tidak melulu tentang materi. Anda juga bisa berbagi ilmu kepada orang-orang di sekitar Anda. Mungkin Anda bisa membuat workshop gratis untuk berbagi ilmu mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang. Apalagi di bulan Ramadan ini misalnya, Anda bisa membuat workshop sambil ngabuburit. Jadi, sambil menunggu jam buka puasa, Anda bisa berbagi ilmu kepada orang-orang di sekitar Anda. Dengan berbagi, kesempatan Anda untuk semakin sukses pun akan terbuka lebar.

 

Apa saja manfaat bersedekah bagi para pebisnis?

manfaat sedekah

Sebagai seorang pebisnis, hal pertama yang dipikirkan adalah bagaimana cara meraih keuntungan yang maksimal. Namun, siapa sangka bahwa dibalik rahasia meraih keuntungan dan kesuksesan bisa melalui sedekah? Manfaat bersedekah memang tidak akan Anda rasakan begitu saja dengan cepat. Namun percayalah, Tuhan akan memperhitungkan dan mencatat perbuatan baik dan keikhlasan Anda di atas sana.

Sekali lagi, apa yang Anda beri itu yang akan Anda peroleh nantinya. Dalam hal ini, tidak selalu tentang harta dan materi. Tapi juga bisa dalam hal ilmu. Berbagi ilmu kepada orang yang haus untuk belajar juga termasuk bersedekah. Jika orang lain sudah menganggap Anda sukses dan ingin mengetahui rahasia sukses Anda, tak ada salahnya Anda membagikan ilmu tersebut kepada mereka.

Beberapa manfaat bersedekah ini mungkin tidak Anda sadari. Namun akan Anda rasakan di kemudian hari.

1. Diberikan kelancaran dalam berbisnis

Ketika Anda mau bersedekah atau berbagi dengan sesama yang membutuhkan, Tuhan akan membukakan jalan yang mudah untuk Anda. Banyak orang percaya bahwa “hal baik akan dibalas dengan kebaikan juga” dan memang itu benar adanya.

Jika Anda dengan ikhlas memberikan sebagian rejeki Anda atau tenaga bahkan ilmu yang Anda punya dnegan ikhlas, hal baik akan mendatangi Anda suatu saat nanti. Terutama saat Anda menjalankan bisnis, kemudahan yang entah datangnya dari mana akan selalu menghampiri Anda untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan lancar.

 

2. Rejeki semakin berlimpah

Setiap orang ingin diberikan rejeki yang berlimpah. Bahkan sebagian besar orang selalu berdoa dan mendoakan orang lain agar diberikan rejeki yang melimpah. Namun, tidak hanya doa saja yang mewujudkan keinginan Anda tersebut, tapi juga amal dan perbuatan Anda. salah satunya adalah bersedekah. Saat Anda bersedekah atau menyisihkan rejeki Anda untuk orang yang lebih membutuhkan, suatu saat nanti Anda akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda.

 

3. Mendapatkan hal-hal baik yang tak terduga

Hal-hal baik akan Anda di sekitar Anda jika Anda juga mau berbuat baik kepada sesama. Keikhlasan Anda untuk berbagi kepada sesama tanpa Anda sadari akan memberikan Anda banyak kebaikan dan keajaiban. Banyak peristiwa tak terduga yang akan Anda alami ketika Anda mau bersedekah kepada sesama. Terutama ketika Anda sedang menjalankan bisnis Anda, banyak kebaikan yang akan datang menghampiri Anda jika Anda mau bersedekah kepada sesama.

 

4. Rejeki semakin terarah dan berguna

Tuhan memberikan rejeki kepada umat manusia sesuai dengan porsinya masing-masing. Namun, sebenarnya semua yang kita miliki ini hanyalah titipan dari Tuhan untuk kita. Oleh sebab itu, jika Anda mau bersedekah dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan, rejeki yang telah dititipkan Tuhan kepada Anda pun semakin berguna dan terarah. Anda tidak hanya menghambur-hamburkan uang atau rejeki Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Kebiasaan buruk manusia ketika mereka memilik harta melimpah adalah tidak tahan godaan untuk mengahmbur-hamburkannya demi kesenangan dunaiwi semata. Padahal, sebenarnya Tuhan ingin memberikan amanah untuk kita melalui rejeki yang diberikan tersebut. Jadi, ada baiknya kita bersedekah kepada sesama agar rejeki yang diberikan Tuhan kepada kita pun semakin berguna untuk orang lain yang membutuhkan.

 

5. Tidak ada kata miskin

Secara logika, memang yang namanya sedekah adalah memberikan beberapa bagian rejeki kita untuk sesama. Dalam perhitungan matematika, tentunya rejeki kita akan berkurang. Namun, jangan khawatir. Anda tidak akan miskin kalau bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Jika banyak orang berkata kalau kita besedekah, rejeki kita akan dilipatgandakan, hal tersebut memang betul. Jadi, tidak perlu khawatir atau takut kalau nanti Anda bersedekah, Anda akan jatuh miskin. Karena hanya orang miskin yang tidak mau berbagi kepada sesama. Jika Anda bersedekah, rejeki Anda dalam berbisnis akan dilipat gandakan.

 

6. Membawa Anda menuju kesuksesan

Bagaimana bisa bersedekah membawa Anda menuju kesuksesan? Tentu saja bisa! Dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan, Anda akan diberikan kemudahan dalam menjalankan apapun dalam hidup Anda, termasuk dalam bisnis Anda. Dengan bersedekah dan ikhlas, jalan Anda menuju kesuksesan pun akan semakin nyata. Karena kebaikan lah yang sebenarnya mengantarkan kita kepada hal-hal baik dalam hidup.

 

7. Diberikan kemudahan ketika mengalami kesulitan

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja banyak sekali rintangan dan hambatan yang Anda hadapi. Semua orang yang menjalankan bisnis pasti pernah mengalami kesulitan. Namun, kesulitan tersebut tidak akan bertahan lama jika dalam hidup, Anda mau berbagi dan bersedekah kepada sesama.

Apapun kesulitan yang Anda alami, Anda akan bisa melewatinya dengan mudah. Keikhlasan dan kebaikan yang sudah Anda berikan kepada sesama akan memberikan dampak luar biasa pada hidup Anda, terutama ketika Anda menjalankan bisnis Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat nanti Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis Anda. Perbuatan baik Anda lah yang akan membantu Anda untuk keluar dari permasalahan tersebut.

 

8. Menjadikan Anda pribadi yang baik

Tidak melulu mengenai rejeki, namun bersedekah juga akan berdampak pada pribadi Anda sendiri. Dengan melakukan kebaikan seperti bersedekah atau berbagi kepada sesama, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik. Ada kelegaan dalam diri Anda ketika Anda bisa menolong sesama yang membutuhkan. Hal tersebut yang membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Bersedakah memang salah satu perbuatan baik yang bisa kita lakukan di mana saja. Namun, ada satu syarat yang harus Anda lakukan ketika Anda bersedekah atau berbagi kepada sesama. Syarat tersebut adalah keikhlasan. Tidak akan ada artinya jika Anda memberikan sesuatu kepada orang lain namun hati Anda tidak ikhlas ketika memberikannya. Bukannya mendapatkan manfaat-manfaat baik di atas, namun Anda malah membuat diri Anda jatuh dalam dosa. Jadi, teruslah berbuat baik kepada sesama dengan ikhlas agar kehidupan Anda terutama kehidupan berbisnis bisa diberikan jalan terang menuju kesuksesan.

Unduh juga e-book terbaru kami seputar 10 kebiasaan belanja pelanggan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia