Moka Logo
9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Tips Bisnis

9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

4 min
RaniRani

9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis – Ketika bisnis Anda mengalami peningkatan penjualan yang cukup drastis, Anda mungkin berpikir untuk segera melakukan ekspansi pada bisnis Anda.

Apabila memang target Anda adalah untuk mengekspansi bisnis, maka Anda harus menyiapkan modal usaha yang cukup untuk diinvestasikan pada segala keperluan dalam proses ekspansi bisnis.

Baca juga : Mau Ekspansi Bisnis? Ini 5 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Anda tidak bisa hanya mengandalkan uang kas yang saat ini Anda miliki. Karena Anda pun harus tetap memikirkan biaya untuk keperluan operasional bisnis Anda.

Maka itu dengan pinjaman modal yang Anda dapatkan, Anda akan tetap bisa menjalankan operasional bisnis Anda dan juga mulai melakukan ekspansi untuk memperbesar bisnis Anda.

9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

1. Menggaji Karyawan

menjalani meeting di kantor (2)

Dalam menjalankan sebuah bisnis Anda tentu membutuhkan modal untuk memenuhi berbagai kebutuhan operasional yang ada. Salah satu kebutuhan operasional bisnis yang sangat penting dan harus dipenuhi adalah menggaji karyawan.

Sebab karyawan merupakan tulang punggung dari proses operasional bisnis Anda yang jasanya harus dibayarkan tepat pada waktunya. Dengan begitu, membayarkan gaji mereka adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda-tunda bagi Anda para pemilik bisnis.

Baca juga: Hitung THR Karyawan Jangan Sampai Salah, Ini Cara & Panduan Lengkapnya

Oleh sebab itu, jika Anda tidak memiliki modal ataupun mengalami kendala dalam dana untuk membayarkan gaji para karyawan, Anda bisa memanfaatkan pinjaman modal untuk digunakan membayar gaji karyawan Anda.


2. Menyewa Gudang atau Kantor

ruang kerja - kantor

Ketika bisnis mulai semakin berkembang, Anda tentu akan membutuhkan lahan atau tempat lebih untuk menjalankan bisnis, seperti gudang baru untuk menyimpan stok atau kantor baru untuk tempat karyawan Anda bekerja. Jika Anda tidak memiliki tempat tersebut, opsi selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah menyewa tempat.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

Adanya pinjaman modal usaha tentu bisa membantu Anda untuk menyewa gudang atau kantor baru, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tidak adanya tempat untuk menyimpan stok atau tempat karyawan Anda bekerja.


3. Menyegarkan Arus Kas

mengatur cash flow perusahaan (1)

Bagi bisnis kecil, menjaga arus kas merupakan salah satu kendala terbesar yang harus ditangani seiring dengan semakin berkembangnya bisnis.

Arus kas dapat menjadi masalah besar ketika bisnis Anda sedang tidak berjalan dengan baik. Seperti saat produk Anda belum banyak laku terjual atau pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi, sementara Anda sudah harus membayar gaji karyawan, tagihan listrik, dan biaya lainnya.

Baca juga: Pinjaman KTA vs Pinjaman Online? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam keadaan seperti itu, maka sudah saatnya Anda untuk mencoba mengambil pinjaman modal usaha. Karena pinjaman tersebut akan sangat berguna untuk menyegarkan kembali arus kas bisnis Anda.


4. Sebagai Dana Darurat

modal bisnis - tips mengembangkan umkm - dana darurat - akuntansi

Pinjaman modal usaha tidak hanya dapat Anda gunakan untuk menutupi biaya-biaya operasional saja, namun juga bisa Anda jadikan sebagai dana darurat untuk kesiapan bisnis Anda menghadapi berbagai macam kendala dan perubahan tren, seperti bila sesuatu yang buruk terjadi atau keperluan untuk mencoba model bisnis baru.

Baca juga: Mau Sukses? Ini 3 Strategi Jitu Mengatur Keuangan untuk Bisnis

Ketika menjalankan bisnis, banyak hal yang terkadang tidak bisa diprediksi, sehingga memiliki dana darurat adalah hal penting yang harus diperhatikan. Dengan adanya pinjaman modal usaha sebagai dana darurat Anda, maka Anda akan siap menghadapi berbagai macam kendala dalam bisnis.


5. Merawat dan Memperluas Peralatan/Perlengkapan

meeting-2

Setiap bisnis tentunya membutuhkan peralatan atau perlengkapan untuk dapat berjalan dengan baik dan lebih optimal, tak terkecuali bisnis yang Anda miliki.

Sebagai contoh, misalkan bisnis yang Anda miliki merupakan bisnis katering, bisnis ini umumnya memiliki kendaraan untuk mengirimkan makanan ke tempat yang diinginkan pelanggan.

Maka kendaraan yang biasa digunakan untuk pengiriman makanan, secara berkala harus dibawa ke bengkel untuk perawatan mesin dan lain sebagainya. Hal tersebut berarti Anda harus mengeluarkan biaya perawatan.

Baca juga: 11 Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Atau ketika bisnis katering Anda semakin berkembang dan Anda perlu membeli kendaraan baru sebagai tambahan yang sudah ada, maka Anda perlu biaya untuk membeli kendaraan tersebut.

Merawat dan memperluas peralatan/perlengkapan memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu pinjaman modal usaha dapat menjadi alternatif yang tepat untuk merawat atau membeli peralatan maupun perlengkapan demi meningkatkan produktivitas bisnis Anda.


6. Membeli Inventaris

mudahnya mengecek stok inventaris melalui aplikasi gudang

Mengelola inventaris merupakan salah satu hal yang rumit untuk dilakukan saat menjalankan bisnis. Banyak yang harus diperhitungkan, mulai dari permintaan pasar, menjaga stok tetap pada jumlah aman, dan lain sebagainya.

Ketika bisnis Anda sedang maju-majunya dan produk Anda banyak diburu pembeli, tapi produk atau fasilitas yang Anda miliki tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal inilah pinjaman modal usaha memiliki peranan penting untuk membantu Anda.

Baca juga : Apa Itu Stock Opname dan Mengapa Penting untuk Bisnis?

Dengan pinjaman modal usaha, Anda dapat menggunakan pinjaman tersebut sebagai dana untuk membeli berbagai macam inventaris yang Anda butuhkan. Sehingga Anda dapat memenuhi permintaan akan produk Anda dan omset bisnis Anda pun dapat meningkat pesat.


7. Membuka Cabang Baru

7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika (5)

Membuka cabang baru, tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya adalah modal.

Untuk membuka cabang baru, dibutuhkan modal yang cukup besar. Anda harus memastikan sumber modal yang Anda miliki untuk membuka cabang baru tidak akan mengganggu modal usaha utama Anda.

Baca juga: 7 Rahasia Dua Coffee Shop Sukses Buka Cabang di Amerika Serikat

Sebab itu, pinjaman modal usaha dapat menjadi opsi Anda sebagai sumber modal untuk membuka cabang baru. Dengan begitu Anda tidak mengganggu modal usaha utama Anda.


8. Lebih Mudah Berinovasi

tips membuka cabang baru - kedai kopi (3)

Inovasi dalam sebuah bisnis itu penting agar dapat menghadirkan sesuatu yang baru dan unik. Terutama bagi Anda yang bisnisnya sudah dapat dikatakan sukses, berinovasi adalah sebuah keharusan untuk dilakukan. Sebab, bisnis yang sudah sukses memerlukan inovasi supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.

Sebagian pelanggan mungkin akan bosan dengan menu atau produk yang itu-itu saja. Oleh sebab itulah inovasi ini diperlukan. Untuk menciptakan inovasi yang sempurna Anda butuh bereksperimen terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19

Tidak ada eksperimen yang langsung berhasil dalam sekali coba, sehingga Anda membutuhkan modal. Apabila modal yang Anda miliki terbatas, itu hanya akan membuat eksperimen yang Anda lakukan menjadi tidak selesai dengan sempurna dan bisnis Anda pun terkendala untuk berkembang.

Modal usaha tidak hanya penting pada saat mengawali suatu bisnis. Semakin besar bisnis Anda, maka semakin besar pula modal yang dibutuhkan.

Baca juga : Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

Kelancaran suatu bisnis dipengaruhi oleh keberadaan modal. Tanpa adanya modal yang cukup, mustahil kegiatan operasional bisnis dapat dengan berjalan lancar. Jika modal tidak cukup, pinjaman modal usaha bisa jadi solusi.

Perlu Anda ketahui, aplikasi kasir Moka memiliki fitur Moka Capital yang dapat menjadi salah satu opsi Anda untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Baca juga : Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

Selain mudah dan cepat, mengajukan pinjaman modal melalui Moka Capital juga memberikan bunga rendah untuk pinjaman Anda dan pelunasan lebih awal tanpa biaya. Ditambah lagi masih banyak fitur-fitur Moka yang bisa semakin memudahkan bisnis Anda.

Mau tahu fitur lain di aplikasi kasir Moka yang akan semakin memudahkan bisnis Anda? Klik banner di bawah ini dan manfaatkan free trial selama 14 hari dari kami.

Selamat mencoba dan semoga bisnis Anda semakin sukses.

Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.