Business Insight Focus

3 Manfaat Pemisahan Ordering Station dan Payment Station

By Sintia Astarina on March, 17 2020
Sintia Astarina

Manfaat Pemisahan Ordering Station dan Payment Station - Dalam menjalani bisnis F&B, aplikasi kasir restoran menjadi tools yang sangat penting untuk memudahkan setiap pebisnis dalam menjalankan usahanya. Entah untuk mencatat laporan penjualan, mengatur meja, membuat daftar bahan baku, mengelola stok, memantau pesanan pelanggan, hingga membuat loyalty program.

Biasanya, semakin besar atau semakin luas sebuah restoran, pebisnis membutuhkan lebih dari satu Ordering Station dan memisahkannya dengan Payment Station agar antara server dan petugas kasir bisa lebih efisien dalam melayani pelanggan. Dengan demikian, operasional sehari-hari semakin mudah.

Namun sebenarnya, mengapa sebaiknya memisahkan Ordering Station dengan Payment Station? Berikut ini penjelasannya.

3 Manfaat Pemisahan Ordering Station dan Payment Station

1. Meningkatkan efisiensi operasional sehari-hari

Apabila Anda memisahkan Ordering Station dengan Payment Station, antara server dan petugas kasir tidak perlu bergantian atau saling menunggu untuk memasukkan pesanan atau memproses pembayaran pelanggan lain. Selain itu, server juga tidak perlu bolak-balik ke kasir hanya untuk memasukkan pesanan pelanggan, khususnya untuk Anda yang memiliki restoran berukuran luas, atau yang lebih dari satu lantai. Waktu yang diperlukan untuk memasukkan order hingga order tiba di meja pelanggan jadi lebih singkat, bukan?

Mari lihat contoh berikut. Restoran Anda memiliki setidaknya 2 iPad, yang mana satu untuk memasukkan pesanan dan satu perangkat lainnya digunakan khusus di kasir. Dengan adanya pemisahan fungsi perangkat dan penyingkatan proses, Anda bisa mencegah adanya bill yang tidak terbayar oleh pelanggan. Bayangkan kepuasan pelanggan yang meningkat karena mampu meminimalisir waktu tunggu.


2. Lebih mudah memantau kinerja karyawan

Dengan memiliki iPad khusus Ordering Station untuk server, pemilik bisnis dapat memantau kinerja server dengan lebih akurat. Mengapa? Sebab server akan log in pada perangkat Ordering Station menggunakan akun mereka sendiri, bukan akun milik kasir.

Apabila server dan petugas kasir di restoran Anda hanya menggunakan satu perangkat yang sama, maka perangkat tersebut akan menggunakan akun petugas kasir sehingga Anda tidak dapat melihat mana kinerja server Anda sebenarnya. Dengan adanya Ordering Station, Anda dapat memantau berapa meja yang server Anda layani pada hari itu.


3. Lebih aman dan mencegah kecurangan

Manfaat Ordering Station lainnya yang perlu Anda ketahui ialah Anda mampu mempersonalisasikan, membedakan, atau membatasi izin akses karyawan.

Apabila server dan petugas kasir hanya menggunakan 1 iPad saja, server dapat memiliki akses sebagai kasir pada sistem. Artinya, server bisa membatalkan bill/invoice atau melakukan refund, yang mana hal tersebut tentu berpotensi menimbulkan masalah keamanan.

Supaya lebih jelas, berikut ini pemanfaatan Ordering Station dan Payment Station yang ideal bagi karyawan Anda, yang tentunya dapat disesuaikan tergantung kebutuhan restoran Anda.

iPad untuk Ordering Station

(Akses Server)

iPad untuk Payment Station

(Akses Kasir)

  • Mengelola semua Open Bill (memasukkan dan mengubah pesanan dengan akses berupa pin manajer)
  • Memindahkan atau menggabungkan meja dengan fitur Table Management
  • Tidak dapat membatalkan invoice
  • Tidak dapat melakukan refund 
  • Tidak dapat membatalkan pesanan (memerlukan pin manajer)
  • Menerapkan diskon atau promosi
  • Membatalkan invoice
  • Dapat mengatur akses yang memerlukan pin manajer jika diperlukan
  • Melakukan refund 
  • Mengirim ulang tanda terima, seperti struk belanja
  • Mengubah informasi pelanggan
  • Melakukan pembayaran

Sebagai kesimpulan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam bisnis restoran Anda, Ordering Station memang sangat diperlukan. Namun, apakah ada teknologi yang mampu mengakomodasi hal tersebut? Tentu, aplikasi kasir Moka, jawabannya. Dengan aplikasi kasir Moka, Anda bisa menikmati semua manfaat Ordering Station di atas.

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Anda hanya perlu menyiapkan setidaknya 2 iPad (semakin luas atau semakin besar restoran, mungkin Anda membutuhkan lebih banyak iPad) dan menggunakan fitur Table Management. Ingin membuktikan langsung bagaimana cara kerja Table Management? Silakan klik di sini untuk info lebih lanjut.

Yuk, miliki Ordering Station terintegrasi dengan aplikasi kasir Moka untuk restoran Anda!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia