Business Insight

Networking Itu Penting! Ini 5 Manfaat Membangun Jaringan Bisnis

By Moka on August, 19 2020

Networking Itu Penting! Ini 5 Manfaat Membangun Jaringan Bisnis - Sebagai pemilik usaha, jaringan atau networking adalah suatu kunci penting dalam menjalankan kan mengembangkan usaha, terlebih apabila usaha yang dijalankan termasuk dalam usaha kecil menengah.

Dengan menjalin hubungan antara sesama pemilik usaha, Anda dapat mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Membangun usaha yang sukses membutuhkan banyak waktu dan motivasi untuk berkembang, sehingga baik bagi Anda untuk memiliki jaringan teman dan rekan untuk memberikan energi yang positif yang membuat Anda semakin giat dalam menjalankan usaha Anda.

Berikut adalah 5 keuntungan lain dalam membangun jaringan dan relasi dalam bisnis.

5 Manfaat Membangun Jaringan Bisnis

1. Dari Mulut ke Mulut

karyawan kantoran - pegawai - 3 Jenis Skill yang Wajib Dikuasai Pengusaha Jika Ingin Sukses - Membangun Jaringan Bisnis

Membangun jaringan bisnis yang baik akan membantu Anda tidak hanya dalam menambah relasi tetapi meningkatkan kualitas usaha Anda. Dikatakan bahwa trik marketing yang paling bagus adalah melalui pembicaraan mulut ke mulut.

Dengan membangun jaringan dan menambah pergaulan, akan jauh lebih banyak orang yang akan tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga: Branding Produk: Definisi, Manfaat, dan Cara agar Dikenal Konsumen

Seperti banyak yang diketahui, seorang individu gemar berbagi informasi kepada rekan dan sahabat mereka, termasuk membicarakan tentang usaha Anda apabila ada yang berkaitan.


2. Menambah Koneksi dan Relasi

pebisnis, karyawan bekerja - 5 Kesalahan dalam Merekrut Karyawan yang Sebaiknya Dihindari - 3 Jenis Skill yang Wajib Dikuasai Pengusaha Jika Ingin Sukses

Keuntungan terbesar dalam membangun jaringan bisnis yang luas adalah bertambahnya koneksi Anda dalam menjalankan dunia usaha.

Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda dapat memberikan masukan kepada orang yang membutuhkan sesuatu dari bidang Anda seperti apabila Anda menjual sepatu olahraga, Anda dapat menyarankan pada relasi Anda yang ingin membeli sepatu untuk bermain basket tentang sepatu olahraga yang mana yang cocok untuk mereka.

Begitupun sebaliknya, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi yang berguna untuk kehidupan personal dan bisnis Anda.


3. Memecahkan Persoalan yang Sama

kerja sama tim - karyawan

Anda akan menemukan orang yang menghadapi persoalan dalam dunia usaha yang hampir sama dengan apa yang sedang Anda alami.

Mereka dapat mengatasi masalah tersebut dan Anda dapat mengambil contoh bagaimana mereka menyikapi masalah tersebut dan menerapkannya dalam usaha Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Sukses Mengelola Bisnis

Dalam arti lain, Anda akan bertemu individu lain melalui koneksi bisnis yang akan berperan sebagai mentor Anda ketika Anda berhadapan dengan persoalan. Dengan pertolongan seperti ini, Anda akan mendapatkan diri Anda jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

4. Kesempatan yang Tidak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

menjalankan bisnis rumahan bersama pasangan

Ini dia manfaat selanjutnya dari membangun jaringan bisnis yang luas. Dengan mengenal banyak pribadi lain, pikiran Anda akan menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru yang dapat Anda raih.

Kenyataannya, ketika Anda mengenal lebih banyak orang, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda dapat menolong orang tersebut dimasa depan ataupun sebaliknya.

Jika kita menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, maka kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas.

5. Bukan Hanya untuk Meningkatkan Penjualan

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan - Membangun Jaringan Bisnis

Kebanyakan orang salah kaprah dalam mengartikan relasi bisnis karena semua dikaitkan dengan penjualan. Pada kenyataannya, membangun relasi bisnis tidak semata-mata demi meningkatkan penjualan.

Dengan bekerja sama dengan orang lain, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha Anda.

Dengan membangun relasi, memang benar sebagian besar merupakan salah satu strategi dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: 5 Cara Rebut Kepercayaan Pelanggan Baru agar Sales Meningkat

Namun, tidak semata-mata hanya itu saja, mengenal banyak orang yang memiliki pandangan berbeda-beda dan dikelilingi oleh banyak teman dibidang yang beragam akan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan juga menambah wawasan Anda akan dunia bisnis maupun pribadi.

Nah, itulah dia 5 manfaat membangun jaringan bisnis yang perlu diektahui. Bagaimana, apakah Anda sudah mulai melakukan networking? Kepada siapa saja Anda harus menjalin relasi? Ya, mulai dari pelanggan, supplier, hingga investor. Dengan membangun relasi yang baik dan luas, akan sangat mungkin Anda dapat mengembangkan bisnis lebih luas lagi.

Ketika nantinya jaringan bisnis sudah terbangun dengan baik dan bisnis semakin maju, pastikan operasional usaha Anda pun berjalan dengan lebih maksimal.

Andalkanlah aplikasi kasir Moka untuk mengotomatisasikan pekerjaan Anda, mulai dari mencatat penjualan, mengelola inventaris bahan baku, me-maintain karyawan, hingga menerapkan omnichannel sales untuk memaksimalkan penjualan.

Apalagi yang bisa dilakukan Moka untuk bisnis Anda? Cari tahu info selengkapnya dengan mengklik banner di bawah atau coba gratis sekarang!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia