Business Insight

8 Manfaat E-Commerce Bagi Anda yang Ingin Sukses Jualan Online

By Samina Sharanani on August, 19 2021
Samina Sharanani

A word crafter

8 Manfaat E-Commerce Bagi Anda yang Ingin Sukses Jualan Online  - Di zaman modern sekarang ini, semua dapat dilakukan dengan elektronik. Memiliki toko secara fisik sudah tidak perlu lagi menjadi mimpi untuk bisnis Anda karena dengan e-commerce segala sesuatu dapat menjadi memungkinkan. 

E-commerce sendiri adalah singkatan dari electronic commerce yang merupakan proses jual beli antara pengusaha dan konsumen tanpa harus memiliki toko fisik dengan bantuan teknologi seperti laptop, ponsel pintar, atau pun perangkat elektronik lainnya. 

Pada dasarnya, marketplace berbeda dengan e-commerce. E-commerce menggunakan situs atau website usaha guna mengundang perhatian perhatian pelanggan dan mendongkrak penjualan produk.

Baca juga: E-Commerce: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat untuk Bisnis

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membuat e-commerce beserta konten menarik di dalamnya, yuk cari tahu dulu manfaat e-commerce untuk bisnis Anda.

8 Manfaat E-Commerce Bagi Anda yang Ingin Sukses Jualan Online

belanja online dengan kartu kredit atau mobile payment - jenis perilaku pembelian - manfaat e-commerce adalah

1. Bisa Menghemat Waktu

Karena tidak perlu mengurus toko fisik, menggunakan e-commerce dapat membantu Anda menghemat waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih signifikan untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Selain dapat menghemat waktu Anda, konsumen yang ingin membeli produk bisnis Anda juga dapat membeli tanpa harus mengantre di toko atau membelinya secara manual. 

2. Lintas Wilayah Lebih Mudah

Saat ingin melakukan ekspansi di wilayah yang berbeda, Anda tidak harus membuka toko secara fisik di lokasi lain. Cukup dengan e-commerce, Anda dapat menjual produk-produk bisnis Anda kepada konsumen yang tinggal di berbagai wilayah atau bahkan negara lain. 

Berkat e-commerce, Anda bahkan dapat menjual produk-produk Anda dengan mudah sampai ke Amerika Serikat jika Anda mau. 

3. Tidak Memerlukan Modal Besar

Membuka e-commerce juga tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan perangkat yang Anda punya di rumah, Anda dapat membuka toko internasional yang dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja.

4. Fleksibilitas

Terkadang, mempunyai toko secara fisik dapat mengkonsumsi waktu banyak. Karena itu, kehidupan sehari-hari Anda menjadi kurang fleksibel. Dengan e-commerce, Anda tidak hanya dapat memiliki waktu yang lebih banyak, tapi fleksibel secara finansial juga karena tidak mengkhawatirkan uang sewa toko dan lain lain. 

5. Dapat Berkembang Menjadi Bisnis yang Lebih Besar 

Dari e-commerce, bisnis Anda juga dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar saat diketahui oleh lebih banyak orang. Tentu dengan berkat media sosial, hal itu menjadi sangat mungkin terjadi dengan bukan hanya mouth-to-mouth tapi Instagram-to-Instagram juga. 

Bisnis yang lebih besar artinya Anda bisa menjual lebih banyak variasi produk, mampu menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai wilayah, meningkatkan jumlah transaksi dan omzet, bahkan Anda juga bisa membuat bisnis Anda naik kelas!

6. Mempermudah Pemasaran Produk

Ketika Anda jualan online lewat e-c0mmerce, tentu Anda bisa mempromosikannya di berbagai media sosial, atau membuat iklan khusus untuk meningkatkan pendapatan.

Sama halnya ketika Anda menggunakan GoStore, Anda pun bisa menghubungkan website toko online Anda ke media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Selain bisa memudahkan pelanggan dalam membeli produk yang diinginkan, tentu Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meraih lebih banyak penghasilan!

Baca juga: 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda 

7. Kemudahan Pembayaran

Salah satu manfaat e-c0mmerce yang bisa Anda rasakan ialah Anda bisa memberikan kemudahan pembayaran untuk semua pelanggan Anda. Biasanya, e-commerce menyediakan ragam pembayaran nontunai, termasuk GoPay, kartu debit, serta kartu kredit.

Dengan ragam pembayaran yang bervariasi, pelanggan akan melihat bahwa toko online Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan mudah. Maka, jangan heran jika pelanggan ingin kembali dan kembali membeli dari toko Anda!

8. Praktis Mencatat Transaksi

Selain memberikan kemudahan dalam hal pembayaran, pemilik bisnis juga bisa merasakan manfaat e-c0mmerce lainnya, yakni praktis mencatat transaksi. Ucapkan selamat tinggal pada cara-cara manual ketika merekap penjualan karena Anda bisa mencatat transaksi secara otomatis, termasuk ketika Anda menggunakan GoStore.

8. Menawarkan Kemudahan Fitur di Website

E-commerce memiliki banyak fitur menarik bagi para konsumen seperti fitur chat dan fitur search agar lebih mudah mencari produk yang ingin mereka beli. Fitur ini pun tidak perlu dikembangkan sendiri oleh pemilik bisnis karena akan disediakan langsung oleh pengembang aplikasi/website

Bagaimana? Tertarik merasakan semua manfaat e-commerce di atas? Jangan lupa, jika Anda ingin jualan online Anda semakin laris manis, GoStore siap untuk membantu Anda. Dengan menggunakan GoStore, Anda juga dapat menggunakan satu katalog yang sama di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Google karena GoStore telah terintegrasi dengan semua platform tersebut. 

Yuk, buktikan sendiri bagaimana GoStore bisa membantu bisnis Anda lebih berkembang!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia