Business Insight Focus

Wajib Tahu 7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

By Jordhi Farhansyah on October, 2 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah - Manfaat dari aplikasi kasir tidak bisa disepelekan.

Alasannya, kasir bukan hanya sebagai alat untuk mencatat transaksi, tetapi juga berguna untuk mengetahui keuangan perusahaan.Dengan aplikasi yang tepat, kasir Anda bahkan bisa menyediakan data untuk menggerakkan bisnis ke arah yang lebih strategis dan menguntungkan.

Baca juga: Mengenal Mesin Kasir dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Memang, adopsi teknologi kasir digital di Indonesia ini masih terbatas. Cukup banyak pelaku usaha yang lebih percaya dengan cara-cara konvensional dalam menjalankan bisnisnya, sehingga wajar apabila pelayanan yang diberikan pun stagnan.

Namun, dewasa ini, mustahil untuk tidak terintegrasi dengan teknologi. Alih-alih menjadi ancaman, sudah sepantasnya teknologi dimanfaatkan untuk memajukan bisnis.

Jadi,bagi Anda yang masih belum yakin untuk beralih menggunakan aplikasi kasir, simak 7 manfaat aplikasi untuk bisnis kecil dan menengah berikut ini.

7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

1. Mengatur transaksi dengan lebih baik

laporan akuntansi  dalam suatu bisnis

Sebelum adanya aplikasi kasir, mungkin Anda masih harus menghitung pemasukan dan pengeluaran harian, bulanan, hingga tahunan secara manual.

Jika Anda hanya bermodalkan kalkulator dan buku catatan, maka rentan terjadi kesalahan. Nah, masalah ini akan dapat teratasi dengan menggunakan aplikasi kasir digital.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Aplikasi kasir digital sudah dibekali dengan sistem yang mampu menghitung secara tepat dan otomatis. Begitu Anda melakukan transaksi dengan pembeli, harga barang yang dibeli akan langsung dijumlahkan atau dikurangi apabila Anda sedang mengadakan promo.

Bayangkan apabila Anda harus melakukannya seorang diri, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan?

Selain memberikan kemudahan dalam mencatat transaksi, aplikasi kasir juga memiliki desain antarmuka yang lebih mudah untuk digunakan.

Bayangkan apabila Anda harus melakukannya seorang diri, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan?

Selain memberikan kemudahan dalam mencatat transaksi, aplikasi kasir juga memiliki desain antarmuka yang lebih mudah untuk digunakan.

Baca juga: Berkat Promosi Kreatif, Ayam Geprek Madagaskar Buka 8 Cabang di Bali

Bayangkan apabila Anda harus melakukannya seorang diri, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan?

Selain memberikan kemudahan dalam mencatat transaksi, aplikasi kasir juga memiliki desain antarmuka yang lebih mudah untuk digunakan.

Bagi Anda yang masih belum tahu, aplikasi kasir zaman sekarang sudah mulai mengadopsi antarmuka yang mirip dengan aplikasi-aplikasi di smartphone atau tab Anda, yaitu fokus kepada icon ketimbang angka dan huruf.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi ini pun terbilang mudah, bahkan bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi kasir sebelumnya.


2. Meng-update stok barang secara real time

Membuat daftar barang baku sesuai kategori - manajemen inventaris - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Perlu diketahui kalau data stok barang sangat memengaruhi mutu produk dan pengeluaran Anda. Bila Anda kehabisan stok barang, maka tentu saja Anda harus membeli persediaan tambahan bukan?

Lalu, apa yang terjadi kalau ada kesalahan dalam pencatatan dan Anda sudah terlanjur membeli barang dengan jumlah besar? 

Apabila barang dagangan Anda tidak terikat oleh kedaluwarsa mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

Namun, kalau usaha Anda bergerak di bidang makanan dan minuman yang sangat bergantung pada kualitas bahan, apa yang harus Anda lakukan kalau stok barang sudah menumpuk?

Inilah mengapa fitur update stok barang secara real-time akan sangat membantu Anda menjaga pengeluaran dan mutu produk.

Dengan terbantunya update stok barang, Anda tidak lagi perlu selalu memeriksa setiap harinya. Sehingga, Anda bisa fokus ke urusan lainnya sehingga bisnis Anda bisa berkembang lebih cepat. 


3. Memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran

pembayaran digital - mobile payment - e-wallet - cashless society (2)

Saat ini konsumen sudah mulai meninggalkan cara pembayaran secara tunai. Untuk alasan keamanan dan kenyamanan, mereka sudah mulai beralih ke alat pembayaran digital, baik itu dengan menggunakan kartu atau pun uang elektronik.  Perubahan pola belanja ini bisa menjadi peluang baru yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengakomodir lebih banyak metode pembayaran. Apabila Anda memilih aplikasi kasir yang tepat, dompet-dompet elektronik seperti OVO dan GoPay bahkan sudah terintegrasi dengan sistem.

Baca juga: Hadapi Cashless Society, Coba 6 Ide Bisnis Ini Agar Untung Banyak

Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik mengecek smartphone setiap transaksi dengan OVO dan GoPay. Beberapa aplikasi kasir bahkan menerima pembayaran secara kredit dari layanan ragam tekfin dalam negeri. 

Lengkapnya metode pembayaran yang diterima oleh aplikasi kasir akan berujung pada peningkatan pelayanan kepada konsumen.

Semakin konsumen mendapatkan kemudahan, anak semakin besar kemungkinan mereka untuk kembali lagi ke toko Anda. 


4. Membantu analisis bisnis

menegcek laporan penjualan dengan menganalisis data - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Tanpa bantuan teknologi, Anda harus menganalisis bisnis seorang diri. Memang, hal ini bisa semakin mengasah kemampuan Anda, hanya saja bukankah lebih mudah kalau ada yang membantu Anda melakukannya?

Itulah manfaat terbesar dari aplikasi kasir digital. Saat ini, aplikasi kasir sudah dibekali algoritma yang bisa menganalisis bagaimana performa penjualan toko Anda.

Baca juga: Strategi Marco’s Chop Shop Tingkatkan Mutu Layanan Bisnis Barbershop

Aplikasi kasir bisa mendeteksi barang apa saja yang paling laris, kapan penjualan tertinggi itu terjadi, dan siapa konsumen yang paling banyak berbelanja di toko Anda.

Data-data semacam ini akan sangat berharga untuk menentukan program promosi atau pun langkah efisiensi operasional usaha.

Serunya lagi, beberapa aplikasi kasir online menyajikan data-data ini langsung dalam bentuk chart yang mudah dimengerti.

Baca juga: Ubah Gerai Kecil Jadi Bisnis Franchise, Ini 4 Rahasia Sukses Hi Fries

Jadi, tidak ada lagi data-data mentah berisi angka-angka yang membingungkan. Anda jadi lebih dimudahkan berkat fitur analisis ini. Bayangkan betapa repotnya kalau Anda harus melakukannya seorang diri.


5. Bantu urusan keamanan

menjalani bisnis bersama teman

Mesin kasir lama masih dilengkapi dengan keamanan analog yaitu anak kunci. Dengan begitu, siapa pun yang memegang kunci dapat langsung mengambil atau memindahkan seluruh uang yang tersedia. Bukannya menaruh curiga, melainkan kasus pencurian oleh pegawai sendiri masih cukup tinggi lho.

Masalah keamanan bisa teratasi dengan menggunakan aplikasi kasir karena telah tersedia beberapa fitur preventif. Anda sebagai pemilik dapat membatasi akses dari setiap pegawai terhadap seluruh fitur aplikasi tersebut.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko untuk Bisnis Masa Kini

Misalnya, Anda hanya mengizinkan beberapa pegawai saja untuk mengakses uang tunai di alat kasir. Anda juga bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses data pembeli, data hasil penjualan harian, atau data-data lainnya yang rawan diincar oleh orang-orang tertentu. 

Keamanan data-data ini bisa Anda percayakan ke aplikasi kasir digital karena sudah tersimpan di server cloud-nya masing-masing. Artinya, data-data tersebut tidak tersimpan dalam alat kasir Anda, sehingga bisa mencegah upaya-upaya pembobolan. 


6. Membangun kedekatan dengan konsumen

bisnis es krim nan lezat

Berkat fitur penyimpanan data pelanggan, Anda jadi bisa membuat promo-promo bagi khusus untuk pelanggan loyal. Algoritma dari aplikasi kasir pun bisa membaca barang apa saja yang selalu dibeli oleh pelanggan setia Anda.

Dengan demikian, Anda bisa membuat promo yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda.

Selain berguna untuk mengetahui pola belanja konsumen, aplikasi ini pun juga dapat membantu Anda menyimpan data-data konsumen dengan lebih rapi.

Download E-book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Dengan demikian, Anda bisa memulai program giveaway kepada beberapa konsumen yang paling loyal. Misalnya, bagi Anda memberikan voucher belanja dengan nominal tertentu bagi 5 pelanggan paling setia. Dengan demikian, Anda pelan-pelan bisa membangung komunitas tersendiri. 

Dari interaksi positif antara Anda dan konsumen inilah kepercayaan bisa dibangun. Semakin kuat kepercayaan konsumen pada usaha Anda, maka mereka akan semakin yakin untuk merekomendasikan kepada lingkungannya.

Pelan tapi pasti, jumlah pelanggan setia Anda akan terus bertambah. Bayangkan, semua manfaat ini bisa tercapai dengan menggunakan aplikasi kasir saja. Menarik bukan?


7. Menciptakan konektivitas antar outlet

membuka bisnis pakaian

Menjadi pengusaha itu tidak boleh setengah-setengah dan cepat berpuas diri. Bila satu outlet usaha Anda sudah sukses, tidak ada salahnya untuk merencanakan pembukaan outlet berikutnya.

Ingat, optimisme adalah bahan bakar utama para pebisnis sukses. Namun, tentu saja Anda butuh strategi yang terencana dengan baik.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Perkembangan E-Wallet untuk Bisnis Kedai Kopi

Salah satu aspek yang harus masuk dalam strategi Anda adalah konektivitas antar outlet. Mengapa? Karena konektivitas dapat memudahkan Anda dalam mengawasi kinerja seluruh usaha Anda tanpa perlu mendatangi satu per satu. Caranya? Tentu dengan menggunakan aplikasi kasir digital berbasis cloud.

Berkat teknologi cloud, data-data penting dari penjualan toko Anda akan tersimpan dengan aman dan bisa diakses kapan pun serta di mana pun. Jadi, Anda bisa mengawasi masing-masing toko bahkan dari rumah sekalipun. 

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Itu dia 7 manfaat aplikasi kasir untuk bisnis kecil dan menengah. Nah, apabila saat ini sedang mencari aplikasi kasir terbaik untuk bisnis Anda, mengapa tidak mencoba Moka? Apapun bisnis yang sedang Anda jalani kii, Moka siap membantu!

Silakan kunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut mengenai Moka. Nikmati juga aplikasi kasir gratis dari Moka yang bisa Anda coba selama 14 hari. Tertarik?

Coba Gratis Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia