Business Insight Focus

5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

By Sintia Astarina on September, 12 2019
Sintia Astarina

5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda - Wahai para pebisnis, tahukah Anda, salah satu hal terpenting dalam memulai bisnis ialah manajemen inventaris.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inventaris merupakan daftar barang yang dipakai untuk melaksanakan tugas.

Namun dalam konteks bisnis, inventaris berarti aset yang dimiliki perusahaan, baik barang jadi maupun barang mentah, yang kemudian diolah dan dijual kepada pelanggan guna memperoleh keuntungan.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Mungkin, jika saat ini Anda baru merintis bisnis, rasanya tidak terlalu sulit untuk melakukan manajemen inventaris, sebab bisa jadi barang-barang yang Anda miliki tidak terlalu banyak.

Namun, seiring kemajuan bisnis, bagaimana Anda menyusun barang-barang di gudang tanpa bantuan teknologi? Akankah Anda melakukannya secara manual? Misalnya, mencatat barang yang masuk dan keluar dari gudang penyimpanan bahan baku makanan.

Daripada pusing memikirkan bagaimana cara mengelola gudang dengan efektif dan efisien, yuk beralih ke aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda.

Setidaknya, Anda bisa merasakan 5 manfaat berikut ini, lho!

5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

1. Menata letak barang dengan lebih rapi

mengecek ketersediaan inventaris - manajemen inventaris bisnis

Manfaat aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda ialah Anda bisa merencanakan tata letak berbagai barang yang dimiliki di dalam gudang, dengan lebih efisien.

Artinya, Anda bisa memaksimalkan ruangan yang dijadikan gudang, untuk menampung barang-barang yang lainnya.

Dengan aplikasi gudang, Anda pun bisa menata letak barang agar lebih rapi dan bersih. Alhasil, apabila Anda ingin memasukkan atau mengeluarkan barang-barang lain dari gudang, tentu Anda tidak lagi merasa kesulitan.

Jika barangnya besar, Anda atau staf gudang Anda bisa dengan nyaman mengoperasikan forklift atau alat angkut barang lainnya.


2. Menghemat biaya untuk sewa gudang

manajemen inventaris memungkinkan untuk menghemat biaya untuk sewa gudang - manajemen inventaris bisnis

Dalam berbisnis, ada banyak biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari membeli inventaris, menggaji karyawan, biaya renovasi, hingga menyewa tempat untuk dijadikan kantor atau gudang.

Nah, apabila Anda tidak memanfaatkan aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda, bisa saja Anda jadi menyewa tempat tambahan untuk dijadikan gudang, karena pengelolaannya yang tidak teratur atau rapi.

Baca Juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Berbeda halnya ketika Anda menggunakan aplikasi pergudangan di mana Anda bisa mengatur semua inventaris dengan mudah.

Dengan demikian, Anda bisa mewanti-wanti apabila tempat penyimpanan mendekati overload sehingga Anda bisa mengelola ulang sebelum benar-benar menyewa tempat baru lagi.


3. Membuat daftar barang baku sesuai kategori

Membuat daftar barang baku sesuai kategori - manajemen inventaris

Katakanlah Anda membuka restoran makanan cepat saji. Nah, untuk setiap menu yang dijual, pasti memerlukan bahan baku pembuatnya, kan? Nah, yang dimaksud dengan bahan baku adalah bahan-bahan yang digunakan untuk menu yang Anda jual.

Dengan aplikasi gudang seperti Moka POS, Anda bisa membuat daftar bahan baku dan menginput jumlah stok awal.

Daftar bahan baku tersebut pun bisa Anda input berdasarkan kategori sehingga akan memudahkan Anda untuk mengecek ketersediaan bahan.

Sebagai contoh, Anda memiliki 3 kategori berbeda dalam aplikasi gudang Anda, yakni Pizza, Burger, dan French Fries.

Pada kategori Pizza, Anda memiliki bahan baku berupa tepung, pepperoni, ayam, jamur, dan keju. Pada kategori Burger, Anda mempunyai roti, beef ham, timun, dan tomat.

Lalu pada kategori French Fries, Anda memiliki kentang goreng, keju parmesan, minyak goreng, dan sebagainya.


4. Mengecek ketersediaan produk atau bahan baku

mengecek ketersediaan bahan baku makanan di gudang - manajemen inventaris bisnis

Namanya juga bisnis, pasti ada pasang surutnya bukan? Ada kalanya penjualan naik dengan angka fantastis, tapi ada juga kalanya di mana bisnis tidak terlalu laku.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis kedai kopi. Selama 6 bulan pertama bisnis berjalan, kedai kopi Anda ramai diserbu pelanggan. Alhasil, dalam satu minggu saja, Anda bisa menyuguhkan ratusan hingga ribuan gelas kopi. Bahkan, Anda harus membeli bahan baku pembuat kopi lebih sering dari biasanya.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Namun, semenjak bulan ketujuh dan seterusnya, kedai kopi Anda lesu. Pelanggan seolah kehilangan minat untuk datang ke kedai kopi Anda. Dampaknya, bahan baku di gudang menumpuk. Sementara Anda tidak memiliki pemasukan dari bisnis.

Tentunya, Anda tetap harus memanfaatkan aplikasi pergudangan guna membantu mengecek ketersediaan produk atau bahan baku yang dimiliki. Anda bisa mengetahui stok mana yang akan habis sehingga Anda bisa melakukan pembelian ke supplier.

Apabila masih ada stok bahan baku tersisa, Anda juga bisa mengelola tata letaknya agar lebih mudah ditemukan.


5. Membuat resep

membuat resep sendiri dengan menghubungkan ke aplikasi kasir atau aplikasi gudang

Salah satu manfaat aplikasi gudang yang perlu Anda ketahui adalah membuat resep, di mana Anda bisa menghubungkan bahan baku dengan menu yang dijual.

Mari ambil contoh, Anda adalah seorang pengusaha toko roti dan sandwich adalah menu andalan Anda.

Untuk membuat sebuah sandwich, Anda membutuhkan 2 roti gandum, 2 potong tomat, 100 gram daging sapi, 2 gram selada, 1/2 timun, 1 slice keju, dan sebagainya. 

Nah, dengan bantuan aplikasi gudang ini, Anda bisa mengetahui stok mana saja yang sudah terpakai atau mungkin akan habis. Dengan begitu, Anda bisa memesan bahan makanan ke supplier agar stok tidak habis dan kebutuhan di restoran tetap terjaga.

Baca juga: 3 Tips Memilih Supplier yang Baik untuk Membangun Bisnis Kuliner Anda

Nah, itulah dia 5 manfaat aplikasi gudang untuk manajemen inventaris bisnis Anda. Mudah, bukan? Dibanding harus mengerjakan pengelolaan inventaris secara manual, lebih baik serahkan hal-hal yang membuang waktu Anda kepada aplikasi gudang seperti Moka POS.

Dengan Moka POS, kini Anda bisa lebih fokus untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis lebih jauh lagi, tanpa perlu pusing memikirkan soal bagaimana menyusun barang di gudang atau bagaimana manajemen inventaris yang tepat untuk bisnis Anda.

Segala kemudahan di atas pun bisa Anda dapatkan melalui fitur Ingredient Inventory yang cocok untuk bisnis F&B Anda.

Bagaimana dengan biayanya? Apabila Anda mengambil yang bulanan, Anda hanya perlu membayar Rp149.000 per bulan, per outlet. Sementara itu, jika Anda mengambil tahunan, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp125.000 per bulan per outlet.

Ingin tahu lebih lanjut soal Moka POS dan bagaimana revolusi teknologi ini sangat berpangaruh terhadap keberlanjutan bisnis? Jawabannya ada di sini. Nah, selamat mencoba dan selamat memperlancar proses bisnis Anda dari hari ke hari!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia