Merchant Highlight

Pesanan Salah Berkurang Hingga 80%, Ini Rahasia Loko Cafe

By Moka on June, 23 2020

Pesanan Salah Berkurang Hingga 80%, Ini Rahasia Loko Cafe - Berkendara menggunakan moda transportasi kereta merupakan salah satu solusi paling efektif untuk menghindari kemacetan jalan raya atau untuk bepergian jauh ke luar kota. Tingginya tingkat perjalanan dan jumlah pengguna kereta membuat suasana stasiun selalu ramai dan dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi para penggunanya.

Dengan adanya penggunaan yang masif ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus memperbaiki fasilitas di setiap stasiun, salah satunya dengan mendirikan Loko Cafe, sebuah kafe yang disediakan untuk pelanggan yang ingin sekadar mengisi perut di tengah perjalanannya.

Baca juga: 15 Cara dan Tips Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses Bagi Pemula

Loko Cafe yang merupakan anak perusahaan sekaligus perusahaan Food and Beverage resmi milik PT KAI ini hadir untuk memudahkan pengguna kereta. Kafe ini menjual makanan dan minuman tradisional Indonesia. Berlokasi di stasiun kereta, Loko Cafe memiliki prioritas terhadap layanan grab and go-nya. Prioritas ini didasarkan dari perilaku konsumen yang tentunya sebagian besar adalah penumpang kereta yang sedang dalam perjalanan dan berkejaran dengan waktu.

Hingga saat ini, Loko Cafe memiliki 10 outlet di seluruh Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah seiring waktu dan memasuki kota-kota besar lainnya sebagai restoran on-the-go.

Baca juga: Ini 7 Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia

Pangkas Antrean dengan Pemesanan Efektif

Pesanan Salah Berkurang Hingga 80%, Ini Rahasia Loko Cafe (1)

Memiliki prioritas pelayanan restoran on-the-go membuat Loko Cafe perlu meminimalisir risiko akan antrean yang panjang. Sesuai konsepnya, Loko Cafe ingin para pelanggan tidak merasa khawatir, terutama apabila mereka tidak memiliki waktu untuk menyantap makanan yang layak di tengah perjalanan mereka ke tujuan.

Maka dari itu, penting bagi Loko Cafe untuk memberikan pelayanan yang sigap, akurat, dan efektif demi mengurangi antrean ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan Moka Connect dari Moka POS.

Didasari oleh keinginan Loko Cafe yang ingin lebih maju dari para kompetitor, mereka yakin ingin memanfaatkan solusi digital. Oleh karena itu, sejak Desember 2019, Loko Cafe menggunakan Private Solution dari Moka Connect untuk memproses order dari berbagai jenis platform dengan lebih cepat, menjaga efektivitas antrean, dan tetap menjaga akurasi pesanan.

Baca juga: Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

Hal yang pertama dilakukan oleh Loko Cafe adalah menambah kanal pemesanan. Awalnya, Loko Cafe hanya dapat menerima order ketika pelanggan menyebutkan pesanan mereka di kasir. Namun, kini pelanggan Loko Cafe juga sudah bisa melakukan pemesanan secara online dengan memindai QR Code atau melalui aplikasi mereka sendiri, yaitu Lokomart.

Dengan adanya dua kanal baru ini, Loko Cafe memastikan bahwa pelanggan dapat melakukan pemesanan di mana pun mereka berada, tanpa harus mengantre di kasir. Bagi pelanggan yang datang langsung ke Cafe, cukup duduk di meja kosong dan memindai QR Code yang ada agar terhubung langsung ke situs pemesanan. Sementara untuk pelanggan yang sedang berada di tempat lain bisa melakukan delivery order lewat Lokomart. Pembayaran secara cashless juga dapat dilakukan melalui kedua kanal ini.


Bagaimana Proses Dibuat Lebih Efisien?

Moka Connect mengintegrasikan seluruh pemesanan, pembayaran, dan informasi transaksi lainnya yang terjadi pada platform berbeda-beda tersebut untuk langsung masuk ke sistem Moka POS. Selain memudahkan, dikirimnya langsung pesanan tersebut tanpa proses input manual oleh kasir juga mengurangi kemungkinan kesalahan dalam membuat pesanan.

Untuk meningkatkan kecepatan layanan dan akurasi pesanan, Loko Cafe pun juga memanfaatkan Kitchen Display. Dengan layanan ini, semua informasi pesanan dikirim secara langsung ke kitchen display sehingga tidak perlu lagi ada perantara yang mencetak order ticket dan mengantarnya ke dapur.

Sebelum menggunakan Kitchen Display, Anton Ardhi selaku Manajer Loko Cafe bercerita bahwa karyawannya sering merasa kesulitan untuk mencetak semua order receipt secara manual.

“Kami sering lihat kalau pegawai suka repot karena harus cetak order receipt satu-satu. Itu pun harus dibagi lagi ke beberapa station, seperti bar, kitchen, dan lain-lain. Makanya, kami konsultasi ke Tim IT internal, apakah ada cara supaya kami nggak harus print satu-satu?” ujar Anton Ardhi.

Kini, dengan adanya layanan Kitchen Display, karyawan Loko Cafe pun bisa memproses pesanan dengan lebih efisien. Petugas pun tak perlu lagi berkutat dengan kertas berserakan di dapur. Ketika dapur selesai menyiapkan pesanan, petugas dapur cukup mengklik kitchen display dan menandakan bahwa pesanan sudah komplit. Kitchen ticket pun secara otomatis akan dicetak untuk diantarkan bersama pesanan oleh pramusaji. 

Alhasil, Loko Cafe pun kini bisa meminimalisir human error, mempercepat kinerja karyawan dalam membuat pesanan, serta lebih mudah mengatur daftar pesanan yang sudah selesai.


Bisnis Efektif, Pelanggan Puas

Pesanan Salah Berkurang Hingga 80%, Ini Rahasia Loko Cafe (2) (1)

Bersama Moka Connect, Loko Cafe dapat menyuguhkan layanan terbaik bagi para pelanggannya, terutama lewat konsep grab-and-go yang menjawab kebutuhan para pelanggan agar mereka dapat melakukan pesanan lebih praktis, juga menikmati hidangan dengan cepat. Tak heran, hal inilah yang menarik para pelanggan untuk dapat menikmati istirahat sejenaknya di Loko Cafe.

Pada Mei 2020, ada sekitar 5.000 transaksi yang terjadi di semua outlet Loko Cafe, yang mana 70% di antaranya adalah online order yang berasal dari aplikasi Lokomart.

“Kebanyakan dari mereka rutin repeat order, seminggu sekali minimal pesan. Kami bisa tahu karena tercatat di database, kelihatan mana yang loyal. Average transactions biasanya di Rp50.000, kemarin (saat pandemi COVID-19) di Rp70.000-an, soalnya untuk menggunakan promo ada minimal order,” kata Anton.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol


Meraih Untung Bersama Moka Connect

Moka memiliki tujuan untuk menjadi ekosistem bagi pengusaha dalam menjalani bisnisnya. Maka dari itu, Moka mengembangkan Moka Connect, platform terbuka berbasis API (Application Programming Interface) untuk berbagai solusi bisnis yang terdiri atas App Marketplace dan Private Solution. Moka Connect menyediakan solusi bisnis end-to-end untuk mendukung pengusaha.

“Dari awal kami memilih Moka karena backend sangat simpel dan mudah untuk digunakan. Data yang diolah mudah dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Saat ini, semua outlet Loko Cafe sudah menggunakan Moka,” papar Anton Ardhi.

Bagi Anda yang juga ingin meningkatkan efisiensi bisnis Anda, baik yang pemula maupun yang sedang mengembangkan bisnisnya, yuk coba Moka Connect dari Moka POS! Cukup login ke Backoffice Moka POS Anda di https://backoffice.mokapos.com/, klik Apps pada pilihan menu samping, dan pilih aplikasi apa saja yang ingin Anda integrasikan.

Yuk, permudah bisnis Anda dengan Moka Connect! Proses efektif, pelanggan happy.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia