Business Insight

Lebih dari Sekadar Sistem Kasir, Ini 5 Pencapaian Terbaik Moka di 2018

By Himawan Pradipta on December, 31 2018
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Tahun 2018 menjadi saksi perubahan Moka dari sistem kasir menjadi sebuah ekosistem yang berkelanjutan. Moka terus bergerak dari sekadar aplikasi kasir yang membantu mengelola 12.500 bisnis di Indonesia, menjadi sebuah basis yang kokoh untuk menyimpan data penting untuk keberlangsungan bisnisnya untuk jangka waktu panjang. Untuk menciptakan basis tersebut, Moka telah menciptakan berbagai inovasi, terobosan produk, dan melanggengkan visi pemerintah untuk mewujudkan cashless society. Ketiga hal ini didukung pula dengan sejumlah kegiatan menarik yang diselenggarakan untuk menjadi sumber inspirasi bagi para pebisnis dan terus memperbaiki strategi bisnisnya di tahun 2019.

Berikut adalah pencapaian terbaik Moka di tahun 2018.

1. Moka telah menciptakan sebuah ekosistem

Pencapaian Moka 2018

Sebagai sistem aplikasi kasir, Moka telah membantu para pebisnis mengelola aktivitas operasionalnya dengan lebih efisien. Tanpa perlu lagi repot menghitung transaksi pembayaran dengan metode manual, Moka hadir sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi bisnis dalam berbagai skala. Selain itu, Moka juga telah bekerja sama dengan peer-to-peer fintech seperti Koinworks, Taralite, dan Modalku, untuk membuka akses pendanaan modal bagi para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Hingga akhir 2018, telah tercatat 10 milyar rupiah telah tersalurkan dalam waktu kurang dari ½ tahun saja.

Baca Juga: Opsi Pinjaman Lebih Banyak dengan Modalku, Bunganya Hanya 1%!

 

2. Moka mendukung gerakan cashless society

Screen Shot 2018-12-31 at 3.56.11 PM

Salah satu bentuk dukungan Moka terhadap gerakan cashless society adalah dengan go digital. Ini melibatkan kerjasama yang dibangun Moka dengan mobile payment partner seperti OVO dan T-Cash. Di tahun ini, setidaknya sudah tercatat 250 ribu transaksi yang dilakukan melalui pembayaran mobile. Sementara itu, jumlah volume transaksi pembayaran mobile mencapai angka 10 miliar rupiah. Agenda pemerintah untuk menuju gagasan masyarakat non-tunai ini tentu senada dengan tujuan Moka untuk membantu pebisnis menyimpan data penjualan dengan lebih aman dan terukur.

Baca Juga: Bersiap untuk Era Cashless Society, Ini Manfaat Fitur Mobile Payment Moka

 

3. Moka membantu bisnis berkembang dengan program loyalitas

Screen Shot 2018-12-31 at 3.55.47 PM

Mendapatkan pelanggan yang lebih banyak tentu adalah harapan setiap pelaku bisnis. Pelanggan banyak berarti keuntungan banyak pula. Terungkap bahwa pelanggan setia berbelanja 1.3 kali lebih banyak dibandingkan pengunjung biasa. Angka ini tentu bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk memasang berbagai program atau taktik yang bisa membuat pengunjung bisa menjadi pelanggan setia. Di akhir tahun 2018, 43 ribu pelanggan setia sudah menikmati reward dari program loyalitas Moka. Reward di sini bisa berarti voucher, diskon, program promo, atau cashback.

Baca Juga: Beralih ke CRM Pro Sekarang dan Temukan Banyak Opsi dengan Program Loyalitas

 

4. Moka mengadakan survei berkala untuk kepuasan pelanggan

Screen Shot 2018-12-31 at 3.55.28 PM

Berbicara soal merchant, berarti tidak bisa lepas dari pelanggan. Jika pelanggan puas, maka mereka akan lebih sering mengunjungi toko untuk mendapatkan pelayanan optimal. Namun, ternyata tidak sedikit pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan sebuah toko atau usaha. Itulah mengapa, umpan balik pelanggan berupa kritik, saran, atau komentar pelanggan sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Dalam setahun terakhir, Moka telah merespons aduan pelanggan selama kurang dari 2 jam dalam ½ hari saja.

Baca Juga: 9Go Car Wash & Coffee, Manjakan Pelanggan Saat Menunggu Mobil Dicuci

 

5. Moka mengedukasi masyarakat dengan konten bermanfaat

Screen Shot 2018-12-31 at 3.55.01 PM

Dengan hadirnya teknologi berbasis Cloud untuk pebisnis, tentu memahamkan masyarakat yang belum sadar akan teknologi semacam ini bisa menjadi sebuah tantangan berarti. Di tahun 2018, Moka telah diliput lebih dari 200 media nasional dan internasional. Tak hanya itu, jumlah pengikut akun media sosial Moka bertambah 3 hingga 4.5 kali lipat di Facebook, Instagram, dan Youtube. Dengan konten-konten berupa edukasi tentang aplikasi kasir itu sendiri, cerita sukses merchant Moka, dan inspirasi berbisnis yang praktis dan mudah diterapkan, Moka optimis bisa meraih lebih banyak pengikut di tahun 2019.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Dari 5 pencapaian terbaik Moka di tahun 2018 ini, Moka tentu menyadari masih banyak langkah yang perlu dipertimbangkan untuk tetap menjadi POS yang terdepan. Dengan semangat untuk terus menghadirkan inovasi, terobosan produk, dan kegiatan yang bermanfaat dan menginspirasi, Moka percaya tahun 2019 bisa menjadi saksi selanjutnya untuk perubahan yang jauh lebih berarti.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia