Business Insight Focus

5 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Salon Kecantikan

By Jordhi Farhansyah on September, 20 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Salon Kecantikan - Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka.

Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikan untuk menata dan merawat rambut mereka.

cara mulai usaha salon kecantikan

Banyaknya perempuan yang membutuhkan jasa salon inilah yang menyebabkan kenapa jenis usaha ini cukup memiliki prospek yang tinggi. Industri kecantikan di Indonesia sendiri kian meningkat, yakni sekitar 16 persen per tahunnya menurut data dari ZAP Beauty Index 2018. Data ini didukung dengan tren kecantikan yang semakin berkembang dan bervariasi secara global.

Misalnya di Indonesia, sudah semakin banyak produk-produk kecantikan, baik lokal maupun merk luar, sehingga konsumen lebih banyak opsi. Banyaknya produk kecantikan yang masuk ke Indonesia membuktikan bahwa pasar di Indonesia cukup menjanjikan untuk urusan kecantikan.

Baca Juga: Nash Eyelash Extension, Utamakan Pelayanan dengan Manjakan Pelanggan

Sehingga, bagi Anda pemilik bisnis salon kecantikan ataupun yang baru ingin memulai, tak perlu khawatir. Asalkan Anda memiliki strategi yang tepat dan perencanaan bisnis yang matang, bukan tidak mungkin Anda bisa sukses.

Untuk itu, kali ini Moka akan membantu Anda dalam membangun bisnis salon kecantikan dengan beberapa tips singkat yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Mari disimak!

5 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Salon Kecantikan

1. Asah kemampuan dan kompetensi

spa - perawatan di salon

Maksudnya adalah dengan mempelajari terlebih dahulu seputar dunia kecantikan. Mari kita ambil contoh.

Katakan Anda ingin membuka salon untuk rambut, maka Anda harus mempelajari segala sesuatu tentang rambut, mulai tren gaya rambut, alat-alat yang dibutuhkan, atau mungkin mengambil sertifikasi khusus penata rambut jika memang dibutuhkan.

Terutama jika Anda berniat memulainya dulu sendiri tanpa merekrut pegawai. Jangan sampai pelanggan Anda kabur karena hasilnya tidak sesuai harapan dan Anda tidak memiliki skill yang mumpuni untuk melayani permintaan mereka.

Baca Juga: 7 Tips Buat Karyawan Lebih Bahagia dan Terus Semangat Berkarya


2. Rencanakan hingga ke remeh-temeh

cara mulai usaha salon kecantikan

Setiap kali Anda ingin memulai bisnis, langkah awal setelah Anda cukup yakin dengan kemampuan Anda adalah membuat perencanaan yang matang. Jangan sampai Anda sudah menyewa tempat, membeli peralatan, namun Anda belum melakukan perencanaan dengan baik.

Pikirkan, konsep bisnis salon kecantikan seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin membuat salon yang serba ada atau khusus melayani satu jenis perawatan saja?

Kemudian pikirkan juga target konsumen, lokasi usaha, alat-alat, berapa modal yang dibutuhkan, hingga cara mempromosikan salon Anda.

Baca juga: Hindari Salah Langkah, Ini 7 Tips dan Cara Memulai Usaha Salon Rumahan


3. Tentukan lokasi yang strategis

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (1)

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha. Yang paling penting adalah lokasi usaha. Anda pun harus memikirkan apakah Anda mau memulai usaha menggunakan sisa ruang kosong di rumah Anda atau menyewa tempat yang lebih strategis. Beberapa poin yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih tempat usaha di antaranya adalah

  • Apakah daerahnya padat penduduk?
  • Apakah lokasinya di pinggir jalan atau di dalam kompleks perumahan?
  • Apakah harga sewanya masuk akal dan terjangkau untuk Anda?
  • Apakah lahan parkirnya cukup luas?

Untuk mendapatkan kriteria yang sudah disebutkan tadi, Anda harus riset banyak tempat. Tidak masalah jika Anda memiliki lebih dari opsi. Kemudian dari beberapa opsi tersebut, Anda bisa memutuskan mana yang kira-kira lebih baik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Penyebab Usaha Kecil Menengah Alami Pailit


4. Siapkan peralatan bisnis salon kecantikan Anda

cara mulai usaha salon kecantikan

Setelah itu, Anda bisa mulai menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis salon kecantikan Anda. Jangan sungkan untuk melakukan survey harga, karena bukan tidak mungkin, kamu bisa mendapatkan harga yang relatif murah. Namun pastikan juga kualitasnya.

Beberapa peralatan yang pasti Anda butuhkan di antaranya adalah kursi salon, cermin, peralatan sesuai jenis salon yang hendak Anda buka (misalnya gunting rambut, alat manicure dan pedicure, dan lain sebagainya).

Baca Juga: Think Pink Nails, Konsep Unik dari Salon Kuku dari Pulau Dewata


5. Rekrut pegawai terbaik Anda

cara mulai usaha salon kecantikan

Meskipun pada akhirnya Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, bukan tidak mungkin jika Anda butuh karyawan. Dalam membangun bisnis, Anda tentu membutuhkan tenaga yang berkualitas agar para konsumen tidak kecewa. Siapkan lah pegawai yang memiliki kompeten serta skill yang tinggi.

Pastikan juga mereka merupakan lulusan dari kursus kecantikan. Anda pun bisa merekrut satu atau dua pegawai terlebih dahulu untuk mengawali bisnis, baru setelah itu Anda bisa lanjut merekrut pegawai lebih banyak.

Baca Juga: Rincian Lengkap Modal dan Persiapan Buka Usaha Salon Rumahan

Itulah tadi 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis salon kecantikan. Mudah-mudahan dengan tips di atas, Anda semakin terpacu untuk membangun bisnis ini hingga sukses.

Satu hal penting yang jangan Anda lupakan, sebelum menjalankan usaha salon rumahan, yuk pilih aplikasi salon terbaik untuk usaha Anda. Apakah itu? Apa lagi kalau bukan, aplikasi kasir Moka?

Dengan aplikasi salon ini, Anda dapat mencatat keuangan, mengelola inventaris, serta melakukan analisis penjualan yang komprehensif. Tertarik mencoba Moka? Yuk, dapatkan free trial 14 hari untuk membuktikan langsung bagaimana Moka dapat membantu usaha salon rumahan Anda berkembang!

Semoga berhasil!

Untitled-2-01 (5)

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia