Business Insight

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda

By Samina Sharanani on July, 28 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda - Pernahkah Anda mendengar tentang landing page? Bila belum, maka mari kita berkenalan dengannya, sekarang.

Pada dasarnya, landing page adalah sesuatu yang perlu Anda miliki jika usaha Anda ingin menggunakan strategi digital marketing. Landing page adalah modal penting, tak kalah penting jika dibandingkan media sosial usaha Anda atau pun online shop Anda di suatu marketplace. 

Jika sekarang ini Anda sedang mempertimbangkan pembuatan landing page, maka informasi tentang pentingnya landing page ini tentunya akan membantu Anda mengambil keputusan. 

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil


Apakah Landing Page adalah Home Page?

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda

Jika melihat arti harfiahnya, landing page adalah halaman tempat orang-orang mendarat di website Anda. Namun, landing page ini berbeda dengan home page. Anda bisa membuat halaman mana pun sebagai landing page, tetapi home page tetaplah halaman mukanya. 

Landing page adalah halaman dalam website Anda yang dibuat khusus untuk kepentingan digital marketing. Halaman inilah yang akan audiens buka ketika mereka mengklik link yang Anda taruh di email, iklan, ataupun kolom biodata di media sosial.

Fokus utama landing page adalah membuat pengunjung melakukan transaksi produk bisnis Anda. Landing page sengaja dirancang untuk mengarahkan pengunjung ke hal yang lebih spesifik sesuai dengan yang mereka inginkan, seperti laman produk atau laman-laman lainnya.

Sederhananya, landing page adalah salah satu aspek penting yang akan menentukan apakah konsumen akan sampai pada keputusan untuk membeli produk Anda atau tidak.


Landing Page adalah Hal Penting untuk Bisnis Anda. Mengapa?

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Berdasarkan jenisnya, landing page memiliki dua fungsi.

Pertama, untuk menganalisis data pengunjung. Bagaimana caranya?

Mula-mula, data setiap netizen yang mengunjungi landing page Anda akan otomatis terekam oleh sistem database. Data tersebut menjadi acuan Anda untuk menentukan strategi yang bisa mendatangkan potensi transaksi atau biasa disebut leads. 

Anda bisa menentukan macam-macam leads. Bisa jadi itu adalah penjualan, pengisian survei, atau kesediaan pengunjung untuk share konten Anda. 

Fungsi lain dari landing page adalah untuk mempercepat transaksi. Jika landing page ini kita desain dengan menarik dan call to action-nya jelas, maka landing page jelas bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda, termasuk penjualan.

Baca juga: 10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online 


Tujuan Membuat Landing Page

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Berikut ini adalah tujuan konkret dari pembuatan landing page. Penjabaran berikut ini akan membuktikan kalau bisnis Anda bisa semakin meningkat setelah memiliki landing page.

1. Membantu mencapai gol bisnis

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Beberapa pelaku bisnis biasanya langsung menerapkan strategi hard selling agar menghasilkan penjualan yang diharapkan. Di sisi lain, ada juga yang lebih memilih strategi soft selling.

Sebagai contoh, strategi soft selling bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan database calon pembeli terlebih dahulu. Lalu setelah itu, pebisnis bisa melakukan follow-up melalui tim sales dengan pendekatan kreatif untuk menghasilkan penjualan.

Strategi soft selling sering kali jauh lebih efektif. Anda bisa menerapkan strategi ini dengan membuat landing page untuk bisnis online Anda. Landing page membantu Anda untuk membuat konten penawaran yang informatif dan edukatif. Dengan demikian, calon pembeli diharapkan tertarik untuk membeli produk Anda.


2. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi iklan berbayar

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Jika Anda sudah memiliki landing page, maka Anda bisa mengiklankan usaha Anda secara lebih efektif dan tepat sasaran. 

Pertama, landing page tersebut bisa menjadi tujuan dari setiap iklan Anda. Ketika ada netizen yang tertarik dengan iklan Anda, mereka bisa klik dan mendapatkan informasi lebih lanjut di landing page tersebut. 

Kedua, karena Anda sudah memiliki data setiap pengunjung website, Anda bisa menentukan target iklan dan pesan yang perlu Anda sampaikan. Dengan landing page yang berkualitas, Anda akan bisa mengontrol bujet iklan secara profesional. 


3. Membantu meningkatkan lead conversion

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Landing page dibuat untuk meningkatkan lead conversion. Rumus untuk menghitung lead conversion adalah jumlah pengunjung yang berkenan memberikan database-nya dibagi jumlah total pengunjung landing page, lalu dikali 100%.

Database di sini mencakup informasi kontak calon pembeli yang bisa Anda hubungi seperti email, nomor telepon, atau nomor WhatsApp. Dengan meletakkan tombol CTA (Call to action) yang menarik perhatian konsumen, landing page bisa membantu untuk meningkatkan jumlah lead conversion bisnis Anda.

Ketika tombol CTA ini diklik, calon pembeli akan diarahkan menuju database form dan mereka bisa memberikan informasi kontak. Kemudian, tim sales Anda bisa diinstruksikan untuk melakukan follow-up terhadap calon pembeli tersebut hingga menghasilkan penjualan.

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik 


4. Membantu memperkuat databaseLanding Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Salah satu keunggulan utama jika Anda sudah memiliki banyak database adalah bisa mengoptimalkannya melalui email marketing. Secara ringkas, aktivitas email marketing akan membuat Anda tetap terhubung dengan pelanggan dan target market secara lebih personal.

Tidak sedikit brand dan perusahaan besar yang sudah menerapkan strategi email marketing ini. Biasanya, mereka akan rutin mengirimkan email untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan target marketnya. Strategi email marketing yang seperti ini merupakan salah satu rahasia semakin bertumbuhnya bisnis mereka.

Anda bisa melakukan strategi ini dengan mulai mengumpulkan dan terus memperkuat database calon pembeli Anda, termasuk email-nya. Caranya adalah dengan menambahkan kolom isian email di landing page. 


5. Meningkatkan kredibilitas dan brand awareness

Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda. Ini Buktinya!

Tujuan dibuatnya landing page adalah untuk membantu meningkatkan kredibilitas dan brand awareness suatu bisnis. Di dalam landing page, Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan testimoni positif dari pelanggan Anda. 

Keberadaan social proof ini terang saja akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, apalagi kalau produk yang Anda jual memang berkualitas sehingga membuat jumlah pengunjung landing page Anda menjadi terus meningkat.

Dengan begitu, orang-orang pun akan semakin familier dengan bisnis Anda. Hal ini dengan sendirinya akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Baca juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Paling Ampuh 


Moka POS, Aplikasi Kasir untuk Membantu Bisnis Anda

Selain landing page, ada satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan dibahas. Satu hal ini dipercaya dapat melancarkan usaha Anda, yakni aplikasi kasir Moka POS. Moka POS adalah aplikasi point of sale yang didesain secara khusus untuk membantu Anda menjalankan bisnis. 

Segala macam kebutuhan bisnis Anda bisa Anda atur dengan Moka POS. Mulai dari laporan penjualan, kontrol stok barang, pembuatan paket promosi, hingga manajemen jam kerja karyawan, semuanya bisa Anda lakukan dengan Moka POS. 

Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! Kunjungi halaman ini jika ingin mengetahui lebih detail tentang Moka POS.

Bagaimana? Tertarik mencobanya sekarang?

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia