Business Insight Inspiration

7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

By Samina Sharanani on October, 19 2019
Samina Sharanani

A word crafter

Inilah 7 Kutipan Pedoman Bisnis Steve Jobs yang Berhasil Membawa Apple kepada Kesuksesan Tingkat Global - Apple Inc. adalah sebuah perusahaan teknologi yang dibuka pada April 1976 dan telah berhasil menembus pasar internasional.

Perusahaan yang memiliki nilai lebih dari 1 Triliun USD ini memproduksi beberapa gadget yang sudah banyak orang kenal seperti iPad, Macbook, dan alat telekomunikasi yang sangat memiliki banyak peminat, iPhone.

Di balik kesuksesan bisnis ini ada sosok yang menuntun usaha ini dari nol sampai bisa menjadi sukses seperti sekarang.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Steve Jobs adalah founder dan mantan CEO dari perusahaan yang telah dikonsiderasi sebagaiBig Four” dalam kategori perusahaan teknologi ini, bersama dengan perusahaan besar lainnya seperti Amazon, Google, dan Facebook.

Dalam menjalani bisnisnya dari awal sampai ia pensiun, Steve memiliki beberapa motto bisnis yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan perusahaannya. 

Beberapa kutipan ini yang ternyata menjadi salah satu pendukung Apple menuju ke kesuksesan hingga saat ini. Yuk, simak! 

7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

1. Jalani bisnis yang Anda cintai

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle.”

menjadi pebisnis di usia muda (1)

Apakah Anda masih belum menemukan bisnis yang Anda ingin tekuni? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir. Ada baiknya jika Anda menjalankan bisnis yang Anda sukai daripada buru-buru melakukan bisnis yang mungkin tidak Anda minati.

Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki semangat untuk menjalankan usaha Anda. Hindari berbisnis di bidang yang Anda tidak sukai.

Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Menjalankan sesuatu yang diawali dengan rasa tidak suka membuat Anda tidak bersemangat dan sulit untuk berkembang. 

Menjalani sesuatu yang Anda sukai juga membuat Anda mau belajar lebih setiap harinya. Anda akan terhindar dari perasaan tidak nyaman setiap Anda bangun pagi karena yang Anda rasakan hanyalah rasa senang dan semangat untuk mempelajari sesuatu yang baru dalam bisnis Anda. Bisnis Anda pun akan semakin berkembang. 


2. Jangan pernah puas

“I think if you do something and it turns out pretty good, then you should go do something else wonderful, not dwell on it for too long. Just figure out what’s next.”

pebisnis, karyawan bekerja

Seringkali para pebisnis cepat merasa puas dan nyaman dengan kesuksesan mereka. Namun, harus Anda ketahui bahwa bisnis yang stagnan membuat Anda buta terhadap potensi dan inovasi bisnis yang bisa digali lebih dalam.

Dengan melewatkan kesempatan ini, Anda juga membuka kesempatan bagi pebisnis yang lain untuk mengambil peluang bisnis yang bisa Anda aplikasikan. Bisnis Anda bukan hanya akan menjadi stagnan, bahkan bisa mengalami kerugian.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Dengan mindset yang tidak pernah puas dengan status quo dari bisnis Anda, kesempatan-kesempatan emas bisa Anda dapatkan dan aplikasikan.

Selain itu, pelanggan  Anda tidak akan gampang bosan dengan produk yang Anda produksi, bahkan bisa membawa pelanggan baru untuk usaha Anda.


3. Utamakan kualitas produk bisnis

“Quality is more important than quantity. One home run is much better than two doubles.”

boba milk tea - bisnis minuman kekinian

Produk Apple dikenal dengan kualitas produknya yang bagus, mulai dari software dan hardware-nya sampai dengan brand yang menjadi identitas dari produk itu sendiri. Ini karena Steve selalu mengutamakan kualitas dari produk daripada jumlah yang dijual.

Jika barang yang dibeli memiliki kualitas yang tidak baik, pasti orang tersebut akan merasa kecewa dan tidak puas dengan barang yang sudah dibelinya.

Hingga pada akhirnya tidak akan mempercayai brand tersebut dan beralih ke brand lain yang menjual produk sama dengan kualitas yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal Mesin Kasir dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Begitu sebaliknya. Jika pelanggan disuguhkan dengan kualitas produk yang mumpuni, mereka tidak akan beralih ke brand lain dan kemungkinan besar akan tetap setia menggunakan produk dari brand tersebut. 

Seringkali para pebisnis lebih memprioritaskan kuantitas demi mendapatkan penjualan yang tinggi. Namun dengan cara berpikir seperti ini, barang yang dihasilkan bisa saja memiliki kualitas yang kurang.

Beda halnya dengan cara berpikir Steve Jobs yang lebih mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas. Alhasil, Apple berhasil bertahan dan semakin melejit sampai sekarang.

Dalam berbisnis, Anda pun perlu mempertimbangkan satu poin ini jika ingin bisnis Anda bertahan dan sukses layaknya Apple. 


4. Selalu miliki lebih dari satu rencana

“I’m convinced that about half of what separates successful entrepreneurs from the non-successful ones is pure perseverance.”

menggunakan pembayaran digital dan mendukung cashless society - karyawan bisnis

Sudah tidak asing bagi sebuah bisnis untuk mengalami kesulitan dalam perjalanannya. Kerugian, skandal, dan hal-hal lain yang bisa melukai bisnis Anda mungkin saja datang tanpa Anda duga. Apple juga termasuk perusahaan yang tidak luput dari sebuah permasalahan. 

Baca juga: 7 Film dan Serial yang Wajib Ditonton Para Perempuan di Tahun 2019

Tapi bagi Steve Jobs, menghindari masalah-masalah tersebut bukanlah jawabannya. Penemu dari perusahaan yang memproduksi telepon genggam iPhone yang nge-hits ini selalu percaya bahwa kunci dari menjalani bisnis yang sedang dalam situasi genting adalah dengan kegigihan.

Anda bisa saja memiliki rencana untuk menyelesaikan masalah bisnis Anda. Namun tanpa kegigihan dan ketekunan yang kuat, Anda bisa saja menyerah di tengah jalan.


5. Jangan selesaikan pekerjaan sendiri

“Great things in business are never done by one person, they’re done by a team of people.”

ide bisnis untuk mahasiswa

Dalam menjalani suatu perusahaan, tentunya Anda membutuhkan orang lain untuk membantu Anda dalam menjalani bisnis Anda.

Mulai dari Co-founder sampai dengan tenaga kerja. Namun, tanpa kerja sama yang harmonis antara pekerja dan pemimpin, bisnis pasti akan goyah. Motto dari Steve Jobs ini sangat cocok untuk mendeskripsikan situasi ini. 

Baca juga: 6 Cara Menarik Hati Milenial untuk Dapatkan Untung bagi Bisnis Anda

Pria kelahiran tahun 1955 tidak bekerja sendiri dalam membangun perusahaannya, dia memiliki Steve Wozniak dan Ronald Wayne beserta para pekerja lainnya yang membantu dalam menjalani perusahaan teknologi ini.

Steve menyampaikan bahwa hal-hal yang luar biasa akan selalu terjadi dalam bisnisnya ketika ia bekerja bersama dengan timnya.


6. Ikuti insting Anda dalam berbisnis

“Have the courage to follow your heart and intuition. They somehow know what you truly want to become.”

bisnis rumahan - karyawan (2)

Perasaan dan intuisi adalah hal yang sangat spesial yang dimiliki oleh manusia. Ketika Anda sudah memiliki perasaan yang baik atau buruk mengenai perjalanan bisnis dan Anda bingung dengan keputusan yang tepat untuk diambil, maka disinilah perasaan dan intuisi bisnis Anda akan memberikan sinyal.

Mungkin ini terdengar sangat aneh, tapi banyak para pebisnis yang selalu mengikuti insting bisnis mereka dalam mengambil suatu keputusan, contohnya adalah Steve Jobs.


7. Miliki rasa percaya

“You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something – your gut, destiny, life, karma.”

kerja sama dalam bisnis-1

Setelah mengaplikasikan semua kutipan sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk memiliki kepercayaan terhadap setiap rencana dan strategi bisnis yang telah Anda buat dan lakukan.

Percayalah bahwa setiap keputusan yang diambil atau kejadian yang terjadi, akan membawa usaha Anda ke situasi tertentu.

Kalau Anda membuat strategi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi bisnis Anda dan beberapa aksi telah dilakukan untuk menjalankan strategi tersebut, maka kepercayaan adalah senjata terakhir untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda inginkan.

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangakn Bisnis Anda

Itu tadi beberapa kutipan yang dijadikan pedoman Founder dari salah satu perusahaan terbesar di dunia, Steve Jobs.

Apakah ada salah satu dari quotes di atas yang telah Anda aplikasikan dalam bisnis Anda? Atau adakah kutipan yang baru Anda pelajari dan ingin Anda terapkan dalam usaha Anda?

Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis sendiri atau mengoptimalkan perjalanan bisnis Anda, Moka aplikasi kasir bisa menjadi penolong bagi Anda!

Dengan fitur Dashboard dan Report yang dapat menampilkan pengeluaran, pemasukan, serta profit yang Anda terima setiap hari, minggu, atau bulannya, membuat proses tracking bagi usaha Anda akan menjadi lebih mudah.

Dengan penampilan yang sederhana namun lengkap, membuat Anda dapat mengerti data bisnis Anda lebih gampang. Anda juga bisa menikmati trial aplikasi Moka untuk 14 hari, tanpa kontrak dan kartu kredit. Semangat terus!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia