Business Insight

Kredibilitas adalah Fondasi Bisnis yang Laris, Ini Cara Membangunnya

By Yovita on July, 15 2022

Kredibilitas adalah salah satu hal paling penting dalam masyarakat. Seseorang yang yang dapat dipercaya biasanya akan disebut sebagai seseorang yang kredibel. Dengan kata lain, kredibilitas adalah kualitas seseorang yang dapat dipercaya karena perbuatan, kemampuan, dan perkataannya yang sejalan. 

Beberapa unsur atau aspek kredibilitas yang penting adalah kepercayaan yang bisa dilihat dari karakter, keahlian, dan karismatik. Sebagai contoh, seseorang yang kredibel di suatu bidang tentunya menguasai dengan baik bidang tersebut, sehingga perkataannya dipercaya. Sementara itu, kredibilitas juga penting dalam bisnis.

Bisnis yang memiliki kredibilitas adalah bisnis yang mendapat kepercayaan dari pelanggan. Jika rasa percaya sudah tumbuh, hubungan bisnis pun dapat berkembang dan bertahan lama. Ketika kredibilitas telah terbangun, mereka akan tetap mendukung dan bekerja sama dengan Anda lebih lama karena rasa kepercayaan yang tinggi. Bagaimana cara membangun kredibilitas bisnis?


Kredibilitas adalah Cara Membangun Bisnis yang Baik

kredibilitas adalah 2

Membangun kepercayaan atau kredibilitas adalah sesuatu yang perlu proses. Anda perlu mengusahakan banyak hal secara teratur dan terus-menerus untuk waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara terbaik untuk membangun kredibilitas yang bisa Anda terapkan.

1. Kredibilitas adalah kemampuan menghormati orang lain

Ketika Anda datang ke sebuah toko atau restoran yang memiliki pegawai sopan, menghormati pelanggan, memiliki pelayanan yang baik, tentunya Anda tidak akan berpikir dua kali untuk datang kembali. Mampu menghormati orang lain merupakan hal yang penting dalam membangun kredibilitas. Hargai pelanggan, agen, vendor, dan semua orang yang terlibat dengan Anda, sehingga rasa percaya akan tumbuh. Jangan sekali-kali meremehkan orang lain, apalagi pelanggan Anda sendiri.

Baca juga: Business Plan: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat

2. Mau mengembangkan diri 

Menjadi seseorang yang mau mengembangkan diri dan terus belajar merupakan hal yang penting. Jika Anda terbuka dan mau terus belajar dalam dunia bisnis tentu orang lain akan melihat Anda sebagai seorang yang semangat dan penuh antusias dalam bidangnya. Kemudian, lambat laun kemampuan juga akan terus meningkat. Tanpa sadar Anda telah menguasai dan bisa melakukan berbagai hal yang tadinya bahkan Anda tidak ketahui.

Apalagi di era digital dan modern sekarang. Terus update dan mengikuti tren terbaru merupakan hal yang penting. Jika Anda tidak mau belajar dan hanya menggunakan strategi yang sama sejak dulu, besar kemungkinan bisnis yang dijalankan akan tergerus zaman. Selalu ada hal yang baru yang bisa diterapkan dan membuat bisnis Anda lebih laris. Sebagai contoh penggunaan digital ads atau iklan digital, branding dan engagement di media sosial, hingga menggunakan sistem pembayaran digital juga COD untuk pelanggan.

Apa itu COD? COD merupakan sistem pembayaran di tempat ketika barang sudah diterima. Pelanggan akan mengecek dan membayar kepada kurir. Sedangkan untuk pembayaran digital, pelanggan bisa langsung bayar ketika checkout keranjang. Banyak pelanggan memilih sistem COD karena dirasa lebih mudah dan terpercaya. Dengan sistem ini, pelanggan akan merasa seperti membeli langsung karena bayar cash ketika barang sudah ditangan.

Social Commerce-Jul-15-2022-02-34-31-75-AM3. Kredibilitas adalah kejujuran dan kemampuan komunikasi yang efektif

Menjadi konsisten dalam sikap dan perkataan merupakan salah satu hal terpenting untuk membangun kredibilitas. Sebagai contoh, ketika Anda menjanjikan kepada pelanggan gratis ongkir, undian berhadiah, beli satu gratis satu, dan undian berhadiah lainnya, pastikan untuk benar-benar melakukannya secara jujur. Contoh lain adalah ketika Anda tidak sengaja mengirim barang yang rusak, selalu terbuka dan komunikasikan dengan jelas ke pelanggan tentang solusi terbaiknya. 

Dalam berbisnis, baik di bidang jasa maupun barang, tentunya akan ditemukan berbagai masalah. Mulai dari salah komunikasi, cacat barang, pelanggan kurang puas, kesalahan pengiriman, dan sebagainya. Anda dan tim harus bisa membangun budaya jujur dan jelas dalam berkomunikasi. Budayakan untuk fokus pada solusi ketika pelanggan menyampaikan keluhan atau permintaan khusus lainnya. Pelayanan prima adalah hal yang penting dan salah satu cara terbaik adalah dengan menjadi jujur, jelas, transparan, dan efektif.

Jadilah profesional dalam melayani pelanggan atau dalam berkomunikasi dengan siapa pun. Anda dan bisnis yang dijalankan bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan maupun partner bisnis jika mampu berkomunikasi secara profesional dan efektif. Profesional yang dimaksud adalah bagaimana cara Anda berbicara, mendengar, dan merespons, baik secara langsung maupun virtual. Kredibilitas adalah hal yang bisa dicapai dengan mempertahankan komunikasi yang jelas, efektif, dan profesional.

4. Tawarkan produk berkualitas

Pelayanan prima adalah hal yang penting dalam berbisnis. Salah satu cara untuk memberikan pelayanan prima agar mendapatkan kepercayaan pelanggan yaitu dengan memberikan produk yang berkualitas. Apa yang pelanggan Anda cari sebenarnya adalah produk yang bermanfaat bagi kebutuhan mereka. Selalu berikan produk terbaik kepada pelanggan dan pertahankan kualitasnya.

Jika belum memiliki produk, Anda bisa mencoba menawarkan berbagai jasa seperti jastip (jasa titip). Jastip adalah usaha di bidang jasa yang membantu pelanggan untuk menjangkau pembelian beberapa barang. Jika Anda memiliki pelanggan atau target yang memiliki minat tinggi akan barang yang tidak tersedia, jastip adalah bisnis yang menjanjikan. Sebagai contoh, Anda membuka jastip berbagai makeup, skincare, dan lainnya dari luar negeri ketika sedang bepergian atau Anda memiliki rekan kerja di sana. 

Anda juga bisa memberikan jastip untuk kebutuhan masyarakat sekitar yang perlu beli di kota lain. Baik menawarkan barang maupun jasa, pertahankan kualitas layanan dan produk yang diberikan. Sering kali bisnis yang sudah cukup sukses akhirnya kehilangan banyak pelanggan karena kualitas pelayanan dan produknya yang menurun. Ingatlah bahwa yang dicari pelanggan yang paling utama adalah barang dan jasa yang Anda tawarkan.

5. Kredibilitas adalah citra yang Anda bangun melalui media sosial

Siapa yang tidak bermain media sosial di masa sekarang? Hampir seluruh kalangan dari segala usia membuka media sosial untuk update dengan tren maupun berita terkini. Media sosial membantu Anda mencapai target pelanggan yang lebih luas. Membangun citra yang baik dan konsisten di media sosial akhirnya bisa meningkatkan jumlah penjualan bisnis, apalagi jika Anda berhasil meraih target pasar yang pas. 

Selain itu, media sosial juga menjadi salah satu sumber utama pelanggan memutuskan layak tidaknya produk atau bisnis. Salah satunya dapat dilihat dari total postingan, like, komentar, atau review. Pelanggan yang sering melihat posting-an bisnismu akan berpikir bahwa bisnis tersebut memang serius dan dapat dipercaya ketika terdapat banyak interaksi di dalamnya. Oleh karena itu, bangunlah citra melalui media sosial yang sesuai dengan target market Anda.

6. Konsisten

Selalu berikan pelayanan yang prima, terutama jika produk Anda merupakan jasa seperti layanan jastip. Pelanggan tetap atau loyal akan bertahan karena kualitas produk atau jasa yang ditawarkan dan pelayanannya. Banyak usaha atau bisnis yang sedang naik daun akhirnya turun performa atau kehilangan pelanggan karenakan kualitas produk dan pelayanan menurun. Konsisten untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan akhirnya akan menghasilkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

Sebagai contoh, layanan jastip adalah bisnis di bidang jasa yang menawarkan jasa pembelian barang melalui Anda karena di wilayah atau daerah tersebut tidak tersedia barangnya. Ketika semakin banyak orang yang menggunakan jastip, maka pekerjaan Anda bertambah dan menemukan berbagai problem atau masalah. Temukan solusi segera dan tingkatkan layanan. 

Jangan sampai Anda tidak menyelesaikan pekerjaan dengan baik karena kewalahan. Sebaiknya, tambah pegawai, peralatan, mitra, dan lainnya agar pelanggan tetap mendapatkan pelayanan terbaik.  Jika pelanggan selalu merasa puas dengan produk atau jasa Anda, maka mereka tidak akan berpikir dua kali untuk menjadi pelanggan tetap. Jadi, usahakan untuk selalu konsisten dalam berbisnis.

Baca juga: 9 Tips Bisnis Usaha Percetakan dan Rincian Modal Usaha

7. Manfaatkan testimoni pelanggan

Testimoni atau review pelanggan sangatlah penting. Tidak hanya untuk membangun citra baik ke pelanggan baru atau lainnya, tapi juga untuk menjadi masukan. Melalui testimoni, Anda bisa mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan. Akhirnya, selalu ada ruang untuk diperbaiki, ditingkatkan, dan bisa saja ada beberapa hal yang perlu diubah. Manfaatkan testimoni positif untuk disebarkan ke media sosial untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Review atau testimoni dari pelanggan adalah hal pertama yang akan dipercaya oleh calon pelanggan Anda dibandingkan dengan apa yang Anda katakan terkait produk tersebut. Sehingga, testimoni atau review bisa menjadi salah satu alat marketing terbaik untuk bisnis Anda. Cara ini merupakan teknik marketing yang sama dengan mouth to mouth, hanya saja dalam bentuk tulisan di social media. Saat ini, testimoni atau review bisa didapat tidak hanya dari pelanggan, tapi juga para konten kreator di berbagai media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan TikTok.

Testimoni, khususnya dari public figure, seperti artis dan konten kreator, dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Saat mencapai target pelanggan yang tepat, penjualan juga akan naik. Testimoni menggambarkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut sangatlah penting. Jangan sampai mendapat review yang kurang baik karena dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan yang lain. Tawarkan solusi terbaik untuk pelanggan yang kecewa dengan produk atau layanan Anda.

8. Jadikan pelanggan sebagai prioritas

Tanamkan dalam diri bahwa pelanggan adalah prioritas. Sehingga, dengan atau tanpa sadar, Anda selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Pelanggan yang merasa diprioritaskan akan memprioritaskan bisnis Anda sebagai pilihan pertama. Sebagai contoh, ada pelanggan yang meminta COD. Anda kemudian mengusahakan untuk COD sesuai permintaan. Di sini, memenuhi permintaan COD adalah salah satu bentuk memprioritaskan pelanggan. 

Kemudian, Anda jadi tahu apa itu COD dan berapa banyak pelanggan yang menyukai sistem ini. Pelanggan yang puas akan produk dan layanan yang disediakan juga akan kembali dan menyebarkan testimoni ke lingkungan. Penyedia jasa sering kali bertemu pelanggan yang meminta untuk diprioritaskan. Mereka meminta untuk ditangani terlebih dahulu karena sudah berlangganan. 

Jika Anda dapat menyikapinya dengan baik, pelanggan akan merasa puas dan diprioritaskan, meskipun pada akhirnya tetap dalam antrean. Kemampuan untuk mengomunikasikan dengan baik dan memberikan pelayanan prima adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

9. Profil usaha harus detail

UKM adalah 4 - kredibilitas adalah

Bisnis atau usaha yang dapat dipercaya tentunya memiliki rekam jejak baik digital maupun nondigital yang jelas. Profil bisnis yang jelas dan detail bisa memberikan kesan yang baik bagi pelanggan. Setiap perusahaan penting untuk memiliki profil bisnis yang mudah diakses oleh umum. Sebagai contoh dalam website, media sosial, bahkan dalam bentuk video, seperti di YouTube. Tanpa profil bisnis yang baik, besar kemungkinan, pelanggan tidak paham betul akan bisnis, produk, jasa, dan hal-hal penting lain terkait bisnis yang Anda jalankan. 

Saat ini, jejak digital mengenai detail bisnis Anda sangat dibutuhkan oleh pelanggan. Mereka akan menilai, apakah bisnis Anda dapat dipercaya dengan produk berkualitas atau tidak dari profil bisnis yang dapat ditemukan online. Selain itu, detail mengenai bisnis atau profil bisnis juga memegang peranan penting untuk menarik pelanggan. 

Profil bisnis umumnya berisi visi dan misi, produk atau jasa yang ditawarkan, latar belakang bisnis, partner atau kerja sama dengan bisnis lain, alamat, media sosial, pencapaian penjualan, review atau testimoni, foto produk, toko, dan lain sebagainya. Anda dapat menuliskan detail yang bisa membangun citra baik untuk pelanggan dan bisa membangun kredibilitas.

10. Buat website toko online 

Media sosial saja tidak cukup untuk membangun kredibilitas. Anda juga perlu buat website toko online yang memiliki informasi lengkap soal bisnis dan produk yang ditawarkan. Buat website Anda di GoStore yang telah terintegrasi dengan berbagai channel lain. Buat tampilan website seprofesional mungkin sesuai target market yang dituju. Kredibilitas bisnis dapat dibangun dengan memiliki website toko online yang profesional, lengkap, mudah digunakan, dan memiliki customer service yang cepat dan tanggap.

Tulis berbagai artikel pendukung yang relevan dan dibutuhkan pelanggan. Website yang dikelola dengan baik akhirnya bisa mendatangkan banyak pelanggan. Bisnis Anda juga akan memiliki rekam jejak digital yang baik dan pelanggan dapat menemukannya dengan mudah. Sediakan semua informasi penting, seperti kontak, alamat, jam operasional, juga berbagai informasi produk yang ditawarkan, termasuk promo dan diskon. Website yang dikelola dengan baik dijamin mendatangkan banyak pelanggan.

Baca juga: Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda


Kredibilitas adalah poin penting dalam berbisnis. Salah satu faktor utamanya adalah pelayanan prima. Pelayanan prima ini dapat diperinci kembali menjadi komunikasi yang profesional dan efektif, menghormati orang lain, memberikan produk berkualitas, mengembangkan diri untuk meningkatkan performa bisnis, jujur, konsisten dan tekun. Pelanggan tetap yang puas akan pelayanan merupakan bukti bahwa kredibilitas atau kepercayaan adalah hal yang penting.

Menyediakan jasa titip juga mempelajari berbagai hal baru dalam berbisnis, seperti sistem pembayaran dompet digital, COD, dan sebagainya adalah rangkaian proses untuk memperoleh kepercayaan atau kredibilitas yang memerlukan proses panjang. Terapkan berbagai tips di atas untuk membangun kredibilitas bisnis Anda!

Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir Moka POS untuk mempermudah transaksi Anda. Kelancaran transaksi juga salah satu wujud kredibilitas bisnis! 

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia