Moka Logo
Berkat Moka Capital, Kozi Coffee Seriusi Bisnis Makanan

Cerita Sukses

Berkat Moka Capital, Kozi Coffee Seriusi Bisnis Makanan

3 min
GradyGrady

Berkat Moka Capital, Kozi Coffee Seriusi Bisnis Makanan – Kenikmatan cita rasa produk yang dihasilkan, serta keunikan ambiance yang ditawarkan, nyatanya membuat Kozi Coffee banyak diburu anak muda sebagai tempat nongkrong.

Namun siapa sangka, di tengah pandemi COVID-19 dan imbauan physical distancing, sulit bagi Ramanda Audia Adam, pemilik Kozi Coffee, untuk menjadikan kedai kopi miliknya sebagai tempat berkumpul anak muda.

Belum lagi, Ramanda menyadari bahwa kopi bukanlah kebutuhan primer untuk kebanyakan orang di masa-masa seperti ini.Kondisi ekonomi membuat orang-orang lebih menjaga pengeluarannya karena tentu saja, kebutuhan pokok akan lebih diprioritaskan. Lalu, bagaimana cara Ramanda dan timnya mampu membuat Kozi Coffee bertahan?

Ramanda dan tim sepakat bahwa mereka harus mengambil peluang apa pun. Mengingat makanan adalah kebutuhan primer, Ramanda dan tim pun menggunakan fasilitas yang ada untuk mengubah fokus bisnis dari kopi ke makanan.

Oleh karena itu, Kozi Coffee kini berkembang menjadi Kozi Coffee & Kitchen. Yang tadinya hanya menjual kopi, kini merambah ke makanan beku hingga makanan siap saji, seperti Ayam Geprek, Sapi Cincang Black Pepper, Soto Banjar, Sayap Cuka Madu, dan masih banyak lainnya.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Coffee and Kitchen (@kozi.coffee) on

Untungnya, Ramanda tak segan untuk memanfaatkan pendanaan modal usaha dari Moka Capital sehingga bisnisnya mampu beradaptasi secara cepat.

Alhasil, inisiatifnya tersebut mampu mendatangkan pemasukan yang cukup untuk menutupi biaya operasional di kala pandemi.

Baca juga: 8 Tips Memulai dan Mencari Modal untuk Usaha Warung Kopi

Ramanda mengaku bahwa tadinya ia tidak ingin memanfaatkan pendanaan bisnis Moka Capital karena takut terbelit di kemudian hari. Namun, ia sadar bahwa selama pinjaman tersebut dikelola dengan baik dan tepat, tentu bisa membuat bisnisnya berkembang lebih pesat.

Hal itu pun terbukti dengan perkembangan bisnisnya kini. Meski sedang berada dalam masa sulit, pendanaan dari Moka Capital dapat membantu memenuhi keperluan operasional setiap cabang yang dimiliki.

Bahkan, kini Kozi Coffee juga dapat menjangkau lebih banyak pembeli melalui pemanfaatan e-commerce dan online delivery, seperti GoFood. Tak hanya itu, para barista yang tadinya dirumahkan kini dijadikan kurir untuk memenuhi pemesanan online. Inovasi-inovasi tersebut membuat Kozi Coffee & Kitchen tetap dapat menghidupi karyawan yang bekerja.

Baca juga: 9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Menurutnya, pengajuan Moka Capital cukup cepat dan prosesnya tidak berbelit-belit. Bagi Anda yang sedang membutuhkan pendanaan, Ramanda memiliki tips agar proposal Anda bisa disetujui dengan mudah.

  1. Buatlah proposal dengan rapi dan baik. Pastikan bahwa proposal yang Anda buat mampu menjelaskan tentang business model, strategi marketing, dan forecasting beberapa tahun ke depan. Tunjukkan bahwa bisnis Anda bankable dan layak untuk mendapatkan pendanaan.
  2. Terus kembangkan bisnis Anda agar mendapatkan scoring yang bagus di mata investor. Untuk itu, menjadi adaptif dan jeli melihat peluang menjadi suatu kewajiban.
  3. Jangan overthinking. Fokus terhadap apa yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik bisnis dalam ranah day-by-day. Mengapa? Sebab perkembangan yang ditunjukkan nantinya akan dapat membuat Anda lebih berkomitmen dan konsisten.

Baca juga: 8 Alasan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak

Berkat tips yang dilakukannya, ia pun mendapatkan pendanaan usaha dari Moka Capital, yang mana digunakannya untuk membeli mesin kopi demi meningkatkan produktivitas Kozi Coffee. Seru, ya?

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Coffee and Kitchen (@kozi.coffee) on

Ke depannya, Ramanda memiliki misi untuk mengembangkan Kozi Coffee agar orang-orang yang bekerja bersamanya dapat hidup dengan layak.

Itulah dia kisah sukses Ramanda dalam mengembangkan Kozi Coffee. Dari perjalanannya, bisa diambil beberapa pelajaran.

Pertama, komitmen dan konsistensi adalah kunci keberhasilan setiap pengusaha. Kedua, menjadi pengusaha bukanlah tentang diri Anda sendiri, melainkan untuk membantu kehidupan orang-orang di sekitar. Ketiga, jangan pernah ragu untuk memanfaatkan pendanaan usaha karena pendanaan inilah yang akan membantu setiap pemilik bisnis untuk bisa lebih #MajuDenganPasti.

Apabila Ada juga tertarik untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi, tetapi masih mengalami kesulitan pendanaan, Moka Capital siap membantu Anda. Ingin membuka cabang baru, menyegarkan arus kas bisnis, membeli peralatan kerja, atau mungkin membayar gaji karyawan, semua bisa!

Info lebih detail mengenai Moka Capital dapat dibaca di halaman ini. Ingin mencoba Moka Capital? Klik banner di bawah, yuk!

 

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.