Moka Logo
4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo

Cerita Sukses

4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo

3 min
JordhiJordhi

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo – Kopi Kulo adalah salah satu pionir dari booming-nya kopi susu kekinian.

Cita rasanya yang khas dan pilihan menu yang sesuai dengan selera anak-anak muda membuat Kopi Kulo jadi suatu kenikmatan yang personal bagi para pencintanya.

Mungkin ini tidak lepas dari nama yang disematkan oleh sang pendiri, Elsheca Herrera, pada produknya. Ya, kata “Kulo” sendiri berasal dari Bahasa Jawa halus yang berarti “saya”.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Perkembangan E-Wallet untuk Bisnis Kedai Kopi

“Kita ingin ngomong: ini kopi saya, gitu. Ini Kopi Kulo, ini kopi saya,” jelas Elsheca.

Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik Kopi Kulo bagi para penikmatnya? Tulisan kali ini akan membocorkan tips sukses berbisnis kedai kopi kekinian ala Kopi Kulo.

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo

Latar belakang berdirinya Kopi Kulo

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (3)

Sebenarnya, pendirian Kedai Kopi Kulo ini tidak diawali dengan perencanaan yang panjang. Elsheca Herrera mengaku kalau berdirinya Kopi Kulo termasuk mendadak.

Meskipun demikian, produk atau menu yang diciptakan memang sudah memiliki karakter yang cukup kuat, sehingga langsung diterima baik oleh konsumen.

Elsheca mengaku senang atas respon yang diberikan oleh keluarga dan teman-teman yang mengatakan kalau kopinya lezat.

Download E-Book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Bahkan, konsumen lain yang tidak berasal dari lingkarannya pun kian bertambah seiring waktu. Siapa sangka, lahirlah pertanyaan apakah Kopi Kulo membuka franchise?

Awalnya Elsheca belum terpikirkan apakah Kopi Kulo akan dibuat franchise. Namun seiring berjalannya waktu, ia berpikir, “Kenapa tidak?”.

Maka, rasanya tidak heran jika Kedai Kopi Kulo kini sangat menjamur di mana-mana dan pelanggan pun bisa menikmati racikan kopi-kopi terbaik khas kedai ini, kapan pun, di mana pun.


4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (5)

Bisnis kopi susu kekinian nyatanya menarik banyak minat masyarakat, bukan hanya dari segi konsumen, melainkan pebisnis lainnya.

Maka tak heran jika kedai kopi susu kekinian banyak sekali bermunculan. Masing-masing kedai pun menawarkan keunggulan masing-masing.

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!

Misal, dari taste kopi yang unik, harga yang ramah di kantung, ambiance cafe yang bikin betah, atau kedekatan antara pemilik bisnis dengan pelanggannya.

Nah, Elsheca Herrera punya beberapa tips sukses bisnis kopi susu kekinia, khususnya bagi Anda yang ingin membuka bisnis kedai kopi.

1. Buat konsep yang matang

Konseo yang matang tentu akan lebih mudah membantu mendefinisikan bisnis Anda. Di sisi lain, konsep yang kuat mampu membedakan kedai kopi Anda dengan yang lainnya.

Namun, pastikan kalau konsep yang Anda tawarkan memang disukai oleh semua orang. Bagaimana tahu konsep tersebut disukai semua orang? Riset, kuncinya.

2. Jangan pernah berhenti belajar

Elsheca berpersan bahwa setiap pebisnis harus banyak belajar dari senior yang lebih dulu sukses. Namun sebelumnya Anda harus tahu betul arah dan konsep bisnis yang ingin dibangun.

Setelah itu, Anda hanya perlu mencari siapa pionir di bidang itu dan belajar sebanyak-banyaknya.

3. Ciptakan sistem yang menguntungkan

Dalam menjalani bisnis kopi susu kekinian, Anda wajib membuat sistem yang menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam hal ini, Elsheca memberi contoh untuk skema franchise yang ia gunakan. Pastikan Anda sebagai franchisor dan sang mitra sebagai franchisee sama-sama diuntungkan. Dengan demikian, proses kerja sama akan jadi lebih lancar bebas masalah.

4. Manfaatkan teknologi

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (2)

Tips keempat, gunakanlah aplikasi pendukung penjualan yang tepat. Elsheca sendiri memercayakan Moka sebagai aplikasi Point of Sale (POS) di seluruh kedainya karena beberapa alasan.

Alasan pertama, jumlah Kedai Kopi Kulo saat ini sangatlah banyak sehingga membutuhkan inter-connectivity antar satu kedai ke kedai lainnya. Artinya, POS-nya haruslah cloud-based alias terhubung ke internet.

Baca juga: Hindari 7 Masalah Bisnis dengan Aplikasi Pembukuan Online, Wajib Baca!

Alasan kedua, Moka memberikan kemudahan bagi Elsheca untuk memeriksa laporan keuangan dari setiap outlet Kopi Kulo tanpa harus datang ke masing-masing kedai.

Apalagi, sistem Moka sudah terkoneksi internet sehingga ia bisa mengakses segala macam laporan dari mana saja.

Alasan ketiga, Elsheca bisa memperbarui menu, harga, dan promo-promo dengan lebih mudah karena langsung dapat dilakukan melalui aplikasi Moka.


Cara menjaga kualitas franchise yang sudah tumbuh besar

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (4)

Elsheca sebenarnya tidak punya latar belakang di bidang bisnis. Hal ini pun membuanya harus banyak belajar dari senior-senior yang sudah lebih dulu membuka bisnis.

Dengan demikian, ia bisa mengetahui hal apa saja yang harus dihindari dan hal apa saja yang harus difokuskan, terutama ketika menjalani Kedai Kopi Kulo ini.

Download E-Book: Data-Data Terkini seputar Tren Bisnis Kedai Kopi di Indonesia

Nah, untuk menjaga kualitas franchise sendiri, Elsheca menerapkan sistem pengawasan yang lebih ketat. Ia sadar betul kalau konsumen kini lebih cerdas sehingga lebih vokal dalam menyuarakan kritiknya melalui media sosial.

Ketika hal itu terjadi, ia langsung mengonfirmasi franchisee-nya kenapa ada konsumen yang mengajukan keluhan.

Kemudian,Elsheca juga mengecek apakah franchisee-nya sudah menerapkan sistem kerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sejak awal. Dari cara inilah Kedai Kopi Kulo bisa menjaga konsistensinya.

Itu dia tips sukses bisnis kedai kopi kekinian ala Kopi Kulo. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi, harus sadar betul kalau pemain di industri ini sudah cukup banyak.

Anda perlu membuat konsep yang kuat sehingga bisa membedakan kedai kopi Anda dari yang lainnya. Jadi, sudah siap untuk terjun ke bisnis kedai kopi?

Penting diingat, bisnis apapun yang Anda jalani, Moka siap menyukseskan bisnis Anda! Yuk, kunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut. Anda juga bisa menikmati beragam fitur dari Moka selama 14 hari, lho! GRATIS!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka