Business Insight

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda

By Samina Sharanani on May, 12 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda - Pasti Anda pernah mendengar pepatah yang berbunyi “Don’t judge a book by its cover”, bukan? Walau memang ada benarnya, buang jauh-jauh pernyataan tersebut saat membangun konten untuk media sosial bisnis retail Anda jika Anda ingin produk-produk bisnis Anda terjual secara laris. 

Di era digital ini, suka atau tidak, konten di Instagram, Twitter, Facebook, ataupun YouTube dapat memberikan pengaruh besar dalam kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan kekuatan para netizen. Jadi, jangan asal-asalan upload konten di media sosial bisnis retail Anda, ya! 

Baca juga: Pentingnya Desain Dalam Usaha 

Menurut Syammas P. Syarbini, seorang kreator digital, hanya diperlukan waktu tiga detik untuk menarik perhatian seorang pembeli yang sedang melihat akun media sosial bisnis Anda.

Tentu dalam waktu tiga detik tersebut, Anda ingin memberi kesan pertama yang kuat demi meyakinkan pembeli agar menghabiskan uang mereka untuk produk-produk Anda, bukan?

Menurut sebuah penelitian, dari seluruh indera manusia, 80% kegiatan yang terjadi berasal dari indera penglihatan. Jadi, agar pembeli tertarik dengan produk bisnis Anda, pastikan konten media sosial bisnis retail mempunyai daya tarik visual serta daya tarik praktis yang apik! 

Baca juga: 10 Tips Promosi Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan 

Nah, bagaimana cara membuat konten media sosial yang menarik bagi pelanggan? Tentu menggunakan warna, ilustrasi, bahkan huruf mempunyai peran besar dalam visual communication. Namun, untuk membuat calon pembeli langsung menekan tombol transaksi pada produk Anda, cobalah tiga hal ini!

3 Cara Membuat Konten Media Sosial Bisnis Retail Lebih Menarik

1. Tampilkan produk dari berbagai sisi 

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda (2) (1)

Untuk membeli sebuah produk, tentu konsumen harus mengetahui semua informasi tentang apa yang akan mereka beli, terutama ketika mereka mencari informasi lewat konten media sosial bisnis retail Anda.

Foto produk Anda secara menarik dari depan, samping, dan belakang -- semua sisi yang dapat menjadi faktor selling point --  untuk memperkenalkan barang tersebut kepada calon pembeli melalui akun media sosial bisnis Anda. 

Lagipula pepatah mengatakan “a picture is worth a thousand words”, bukan? Dengan mencantumkan foto secara lengkap, produk Anda juga akan terlihat semakin kredibel dan membuat pelanggan semakin yakin untuk membeli produk Anda.

Hal tersebut juga bisa membantu Anda untuk menambah pelanggan setia produk Anda, lho.  


2. Beri Informasi sizing dan bahan selengkap mungkin

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda (4) (1)

Selain memperlihatkan dari berbagai sisi, jangan lupa untuk memberikan informasi tambahan mengenai ukuran dan bahan produk tersebut secara lengkap. 

Hal ini penting sekali terutama pada produk pakaian di mana calon pembeli perlu mengetahui apakah produk tersebut cocok dengan mereka atau tidak berdasarkan deskripsi ukuran dan bahan yang Anda tulis sebagai deskripsi produk tersebut. 

Baca juga: Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2021

Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen. Jika Anda ingin membeli pakaian melalui online, tentu Anda tidak akan melanjutkan transaksi apabila tidak ada informasi dasar mengenai produk tersebut, bukan? 

Nah, maka itu, jangan lupa untuk beri informasi selengkap mungkin di konten media sosial bisnis retail Anda, ya!


3. Informasi Kebijakan Tukar dan Pengembalian 

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda (3) (1)

Online shopping di tengah pandemi COVID-19 ini tentu membawa banyak kemudahan bagi banyak orang. Namun, ada sisi gambling tentang produk yang dibeli tanpa melihat produk fisiknya terlebih dahulu. 

Maka itu, menunjukan kebijakan tukar dan pengembalian di deskripsi produk Anda dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak. 

Jika produk Anda dapat ditukar atau dikembalikan apabila konsumen tidak puas, konsumen juga mungkin akan merasa lebih pede untuk membeli produk Anda. 


Nah, bagaimana Moka dapat membantu bisnis retail Anda? 

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda (1) (1)

Jika konten media sosial bisnis retail Anda sudah menarik, segera daftarkan toko online Anda dengan Moka lewat GoStore. Jangan khawatir, proses pendaftaran tidak akan memakan waktu Anda berjam-jam. Hanya perlu hitungan menit, kok! Setelah itu Anda tinggal mengunggah item library di Moka untuk menjadi katalog GoStore.

Karena sudah berintegrasi dengan Facebook, Instagram, dan Google, dengan menggunakan GoStore, Anda dapat tetap berjualan menggunakan satu katalog yang sama di berbagai platform media sosial bisnis retail Anda. Menarik, kan? Online presence Anda juga dapat meningkat karenanya.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan laporan penjualan harian dan laporan stok barang setiap harinya yang disajikan secara komprehensif serta sangat mudah untuk dimengerti agar Anda dapat monitor stok produk secara mudah. 

Baca juga: 15 Bisnis Kuliner Paling Menanjikan di Bulan Ramadan 

Dengan semua keuntungan tersebut, pasti Anda tidak sabar, kan, ingin gunakan fitur-fitur Moka untuk meningkatkan kesuksesan bisnis retail Anda? Ayo, rasakan secara langsung semua manfaat Moka dengan gratis selama 14 hari!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia