Business Insight

Komersial adalah Segala yang Menguntungkan, Ini Penjelasan Lengkapnya

By Yovita on May, 19 2022

Komersial adalah salah satu istilah perdagangan. Saat istilah ini berdampingan pada suatu objek, maka objek tersebut memiliki nilai jual.  Salah satu contohnya adalah seni komersial. Itu berarti, produk seni tersebut dapat diperdagangkan.

Namun, sebenarnya, apa maksud dari istilah komersial saat terhubung dengan kegiatan usaha? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.


Apa yang Dimaksud Komersial dalam Bisnis?

Komersial adalah - 1

Jika melihat penjelasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komersial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan. Kata komersial juga bisa berarti sesuatu yang dibuat untuk diperdagangkan.

Dalam kacamata bisnis, komersial adalah segala sesuatu yang terkait pembelian dan penjualan, serta berhubungan dengan industri perdagangan. Komersial juga merupakan suatu hal yang bernilai ekonomis atau dalam kata lain, punya nilai jual.

Jadi, bisa dipahami bahwa komersial adalah suatu hal yang membuat produk (bisa berupa barang maupun jasa) dapat diambil keuntungannya. Apabila Anda melihat sekitar, saat ini ada banyak sekali produk yang dikomersialkan.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda


5 Jenis Komersial adalah Sebagai Berikut

Komersial adalah - 3

Dalam konteks bisnis, komersial terbagi menjadi beberapa jenis. Ada 5 jenis komersial yang banyak muncul dalam bisnis, yaitu:

1. Siaran komersial

Siaran komersial adalah jenis komersial yang mengambil keuntungan dari kegiatan penyiaran. Selama kegiatan siaran berjalan, ada keuntungan tertentu yang bisa didapatkan pihak penyelenggara siaran. Apa saja contoh siaran komersial? Contohnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari Anda, misalnya, siaran TV dan radio. Saat rating yang didapatkan tinggi, maka potensi keuntungannya pun makin tinggi.

2. Paper komersial

Paper komersial berhubungan dengan pasar sekuritas. Jenis komersial yang satu ini berupa sebuah surat sanggup bayar (surat promes) tanpa jaminan. Dokumen ini biasanya diterbitkan oleh pihak bank atau perusahaan besar saat memberikan utang pada pihak lain.

Sifat komersial atau untung yang bisa diperoleh dari paper komersial bersifat jangka pendek karena ia tidak membutuhkan jaminan. Di samping itu, imbal hasil yang diberikan pun tergolong rendah. Beberapa contoh paper komersial adalah bank draft, cek, dan deposito.

3. Software komersial

Software komersial merupakan jenis komersial berupa software atau perangkat lunak komputer yang dijual oleh pengembangnya. Untuk bisa menggunakan software komersial, pengguna harus mengeluarkan sejumlah biaya yang sudah ditentukan oleh pihak pengembang.

Jika menggunakan software tanpa melakukan pembayaran, maka bisa dikatakan sebagai pembajakan dan hal ini termasuk tindak kriminalitas. Contoh software komersial adalah software Office dari Microsoft. Biasanya, perangkat lunak tersebut digunakan sebagai alat produktivitas kerja.

Baca Juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

4. Bank komersial

Istilah bank komersial digunakan untuk menyebut bank yang kegiatan usahanya berorientasi pada untung. Mereka menekankan pada cara mencari laba dengan menawarkan layanan keuangan seperti pembukaan rekening tabungan, deposito, hingga pinjaman kredit untuk usaha. Kebanyakan bank yang ada saat ini adalah bank komersial.

5. Iklan komersial

Terakhir ada iklan komersial. Iklan komersial sebenarnya merupakan bagian dari siaran komersial, sebab ia umumnya beroperasi di siaran TV dan juga radio. Biasanya, iklan berisi ajakan untuk menggunakan suatu produk (baik berupa barang maupun jasa). Iklan komersial menggunakan kata-kata dan konten yang mengajak agar penonton tertarik menggunakan produk.

Iklan komersial merupakan salah satu hal penting saat menyusun strategi jualan online. Dengan membuat iklan, masyarakat bisa tahu produk Anda. Saat ada banyak orang mengenal produk Anda, maka otomatis peluang barang terjual pun makin tinggi. Untuk itu, sebaiknya Anda memasukkan iklan dalam strategi jualan, terutama jika baru merintis usaha sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil


Jadi, dapat kita simpulkan bahwa komersial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan niaga dan perdagangan. Suatu produk yang dikatakan komersial berarti punya nilai ekonomis dan dapat diambil keuntungannya.

Jenis-jenis komersial sendiri cukup beragam. Namun, bagi Anda yang baru merintis usaha sendiri, sebaiknya pertimbangkan iklan komersial sebab bisa menjadi cara yang efektif untuk menjangkau lebih banyak lagi calon konsumen.

Saat usaha Anda sudah semakin berkembang, tentu ada banyak sekali hal yang harus dipikirkan, termasuk laporan keuangan. Agar laporan keuangan tetap tertib dan sesuai dengan situasi sesungguhnya, Anda bisa manfaatkan aplikasi kasir Moka POS. Dengan Moka POS, seluruh transaksi akan dicatat secara otomatis sehingga menyusun laporan pun lebih mudah. Dapatkan segera di sini!

Mokapos

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia