Business Insight COVID-19

12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

By Sintia Astarina on March, 18 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja? - Per 18 Maret 2020, tercatat terdapat 227 kasus positif corona di Indonesia, yang mana 11 di antaranya dinyatakan sembuh dan 19 orang meninggal dunia.

Sejak ditetapkannya wabah virus corona sebagai pandemi global, Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. 

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ucap Jokowi di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020), seperti ditulis Kompas.com. Menurutnya, ini merupakan langkah strategis untuk memerangi wabah COVID-19 dengan lebih maksimal.

Baca juga: Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Akan tetapi, kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah nyatanya menuai pro dan kontra dari masyarakat, terutama soal bekerja di rumah atau work from home yang mana sangat berdampak pada operasional bisnis sehari-hari.

Sebenarnya, apa yang dimaksud work from home? Apa saja pro dan kontranya? Kami akan membahasnya lebih lanjut di artikel ini.

 

Apa Itu Work From Home?

seorang pebisnis sedang bekerja - bekerja dari rumah - work from home

Work from home merupakan sebuah konsep di mana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Pada dasarnya, bekerja dari rumah memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan jam yang fleksibel dan tidak terlalu terikat dengan aturan 9-6.

Work from home sendiri nyatanya juga bisa membantu para karyawan untuk menyeimbangkan dunia kerja dan kehidupan sehari-harinya. Bekerja dari rumah pun juga dipercaya dapat membuat pekerjaan selesai lebih cepat, efektif, dan efisien.

Ya, meski Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan masyarakat untuk bekerja dari rumah, nyatanya masih ada perusahaan yang mempekerjakan karyawannya, termasuk dalam sektor bisnis F&B, Ritel, dan Servis. Namun jangan khawatir, Anda bisa menerapkan 7 cara mencegah penyebaran virus corona demi meminimalisir dampak yang ditimbulkannya.

Keuntungan Work From Home

12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

1. Lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan

Bagi yang sehari-harinya bekerja di depan laptop, sudah pasti memiliki meja dan kursi khusus sebagai tempat kerjanya. Namun, tentu ada kalanya karyawan merasa bosan dan butuh suasana baru.

Untuk itu, tak jarang berbagai perusahaan menyediakan tempat lainnya di dalam kantor guna memaksimalkan kinerja karyawan, misalnya seperti lounge, pantry, atau tempat lainnya yang desain interiornya dibuat senyaman mungkin.

Sama halnya ketika work from home, karyawan sebenarnya bisa bekerja di mana saja dari rumah. Dari ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, teras rumah, dan sebagainya. Karyawan sendirilah yang dapat mengukur tingkat kenyamanannya dalam bekerja. Yang penting, ketika bekerja dari rumah, karyawan dapat bertang gung jawab penuh atas pekerjaan yang akan diselesaikan pada hari itu.

Nah, selain konteks tempat, kata fleksibel juga cocok bila dikaitkan dengan waktu. Salah satu keuntungan work from home adalah Anda tidak perlu melulu mengikuti jam masuk kantor. Ketika bangun pagi, bahkan Anda bisa langsung membuka laptop dan mencicil pekerjaan, lho.

2. Mengurangi biaya transportasi

Salah satu keuntungan work from home adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ongkos transportasi atau biaya bensin. Anda juga bisa menghemat waktu di perjalanan.

Bagi Anda yang juga sering terjebak kemacetan di jalan menuju kantor, manfaatkanlah keuntungan work from home ini sebaik mungkin. Apalagi, dengan bekerja dari rumah, Anda pun bisa meminimalisir tingkat stres yang dialami.

3. Produktivitas meningkat

Selain kemacetan lalu lintas dari rumah menuju kantor, salah satu pemicu stres ialah menumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Apabila Anda adalah tipe orang yang dapat mengelola waktu dengan baik, work from home tentu tidak akan menjadi masalah.

Ketika stres yang dirasa tak menjadi beban, tentu saja produktivitas kerja akan menjadi meningkat. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Sedikit tips, hindari bekerja di ruang tidur guna menghindari rasa malas yang bisa saja menghantui, jangan lupa mandi dan berpakaian rapi, serta dengarkanlah musik favorit yang dapat membangkitkan suasana hati Anda.

4. Memperoleh kepuasan kerja

Ketika seorang karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif, kepuasan kerja dapat menjadi nilai tambah. Ketika hari ini mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tentu Anda juga akan merasa lebih bersemangat esok hari.

Adanya kepuasan kerja tentu akan semakin meningkatkan produktivitas serta loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

5. Work-life balance

Banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang memaksa sebagian orang kehilangan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi.

Namun, dengan adanya kebijakan work from home, seseorang dapat lebih mudah membagi perannya. Ada kalanya ia fokus pada jam kerja kantor dan ada kalanya juga ia bisa menjalankan kehidupan pribadinya tanpa beban.

Keuntungan work from home lainnya yang bisa Anda rasakan ialah Anda jadi memiliki lebih banyak waktu luang, entah untuk me-time atau untuk berkumpul bersama keluarga. Tentu mengasyikkan bukan?

6. Terhindar dari distraksi di tempat kerja

Ya, harus diakui, ada banyak distraksi yang mungkin bisa terjadi di tempat kerja. Misalnya, suara gaduh orang yang sedang mengobrol, suara rekan kerja yang sedang menelepon, meeting sana-sini yang memakan waktu, AC yang tidak atau terlalu dingin, dan sebagainya.

Baca juga: Hitung THR Karyawan Jangan Sampai Salah, Ini Cara & Panduan Lengkapnya

Ketika bekerja di rumah, karyawan bisa menciptakan suasana yang lebih aman, nyaman, dan kondusif. Misalnya, karyawan bisa bekerja di teras belakang rumah, ditemani teh hangat dan camilan. Atau, karyawan bisa bekerja di ruang tamu dengan diiringi musik instrumental guna menambah konsentrasi.

Dengan begitu, karyawan pun bisa terhindar dari segala macam distraksi yang tak diinginkan. Jadi lebih produktif? Ya, itu bonus!


Kerugian Work From Home

stres bekerja terus - butuh cuti - 12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

1. Kehilangan motivasi kerja

Setelah berbicara soal keuntungan work from home, kali ini Anda mesti tahu kerugian yang bisa saja ditimbulkan.

Salah satu kerugian work from home adalah seseorang bisa kehilangan motivasi kerja. Alasannya cukup beragam, misalnya suasana kerja tidak seperti yang diharapkan, suasana rumah tidak seperti kantor, terdistraksi oleh media sosial dan hiburan lainnya, dan sebagainya.

Baca juga: Santai Libur Lebaran Tapi Tetap Produktif? Baca 5 Buku Inspiratif Ini

Ketika kehilangan motivasi kerja, sebaiknya Anda beristirahat sejenak dan tidak memaksakan diri. Apabila Anda memaksakan diri, justru mood untuk bekerja akan semakin hilang.

Sejenak alihkan pikiran Anda pada hal-hal yang disukai. Pikirkan kembali soal apa yang ingin Anda raih pada hari itu. Pelan-pelan selesaikan pekerjaan Anda. Jika sudah, tidak ada salahnya memberi reward pada diri sendiri.

2. Biaya listrik dan internet di rumah membengkak

Ketika bekerja di kantor, perusahaanlah yang menanggung biaya listrik dan internet. Namun, berbeda halnya ketika karyawan bekerja di rumah, karena kemungkinan biaya listrik dan internet akan membengkak lantaran pemakaian terus-menerus.

Guna meminimalisir kerugian work from home ini, sebaiknya Anda memang memiliki budget khusus supaya tagihan tidak membengkak.

3. Timbul masalah keamanan data

Koneksi W-Fi di rumah sangat lambat? Ya, dalam keadaan tertentu, mungkin Anda perlu untuk menggunakan akses internet di area publik. Namun, sebaiknya berhati-hati, ya. Sebaiknya tidak memberikan alamat email atau nomor ponsel ketika hendak mengakses Wi-Fi publik gratis karena dapat menimbulkan masalah keamanan data.

Di sisi lain, ketika sedang work from home, kuncilah selalu laptop yang dimiliki dan berhati-hatilah ketika membuka dokumen atau ketika sedang memasukkan kata sandi.

4. Komunikasi yang kurang lancar dengan rekan

Idealnya, meeting di kantor sering dilakukan dengan tatap muka di satu ruangan khusus. Akan tetapi, ketika work from home, mau tak mau karyawan harus mengandalkan teknologi untuk berkomunikasi dengan rekan lainnya.

Jangan khawatir, teknologi zaman sekarang sudah canggih dan dapat diandalkan. Jika ingin berkomunikasi dengan rekan lain entah untuk diskusi, meeting, atau brainstorming, manfaatkanlah social messenger atau Slack. Jika ingin conference call, andalkanlah Zoom, Skype, atau Google Hangouts. 

Meminimalisir kerugian work from home ternyata tidak sulit, kan?

5. Stres karena tuntutan pekerjaan

Ketika meminta karyawan bekerja di rumah, bukan berarti perusahaan akan melepaskan karyawan begitu saja. Ada perusahaan yang meminta karyawan mereka untuk menuliskan to do list mereka setiap hari, lalu menuliskan output-nya ketika pekerjaan sudah selesai agar lebih mudah di-track.

Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan setiap pebisnis untuk tetap memantau kinerja karyawannya dari jarak jauh.

Nah, apabila Anda ingin memantau bisnis dari mana pun dan kapanpun, Andalkan saja aplikasi kasir Moka. Kami menyajikan berbagai data penjualan yang bisa Anda manfatkan untuk menganalisis strategi bisnis selanjutnya.

Baca juga: 6 Tips Kelola Waktu Cuti Libur Lebaran Para Karyawan Anda

Untuk menghindari kerugian work from home lainnya adalah Anda sebagai pemilik bisnis dapat memberikan informasi secara transparan mengenai kondisi bisnis saat ini. Katakan kepada keryawan bahwa Anda membutuhkan dedikasi dan kerja sama mereka agar kondisi bisnis yang sedang tidak menentu semakin buruk.

6. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dengan konsep ini

Pada kenyataannya, tidak semua perusahaan dapat menerapkan prinsip work from home, seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Katakanlah, Anda memiliki kedai kopi. Tentu tidak mungkin menutup kedai Anda karena hal tersebut hanya akan semakin mengurangi pendapatan sehari-hari.

Apabila karyawan tetap harus bekerja, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan outlet dan kesehatan masing-masing. Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila tidak ada sabun cuci di dekat Anda, gunakanlah hand sanitizer.

Hand sanitizer ini juga perlu Anda sediakan di tiap-tiap outlet untuk digunakan oleh Anda, karyawan lain, atau pelanggan yang masih datang.

Supaya lebih jelas, mari ikuti panduan di artikel ini agar tetap bisa terhindari dari risiko penyebaran virus corona.


Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Work From Home?

bekerja dengan laptop di cafe - mudahnya komunikasi dengan pelanggan lewat aplikasi multiplechat - Peluang Usaha Sampingan Karyawan

1. Laptop atau komputer

Ketika work from home, tentu laptop atau komputer menjadi alat tempur yang utama. Pastikan selalu laptop Anda bersih dari kuman, baterai terisi penuh, dan segala aplikasi di dalamnya dapat berjalan dengan baik supaya tidak memperlambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Koneksi internet yang stabil

Dalam bekerja, internet menjadi salah satu penopang yang harus Anda siapkan. Dengan adanya koneksi internet yang stabil, Anda pun bisa terhubung satu sama lain dengan mudah.

Apalagi ketika work from home, Anda pasti akan diminta untuk stand by layaknya sedang bekerja di kantor.

3. Kenakan pakaian bersih

Guna menciptakan suasana yang nyaman, jangan lupa kenakan pakaian yang bersih. Bila perlu, kenakanlah pakaian selayaknya Anda ingin bekerja di luar rumah agar Anda bisa merasa lebih termotivasi.

4. Ruang kerja yang nyaman

Ruang kerja yang nyaman juga sangat penting untuk dipersiapkan. Setidaknya meja kerja Anda rapi, lampu ruangan cukup menerangi, kursi yang digunakan juga nyaman untuk diduduki.

5. Air minum

Selagi #DiRumahAja, jangan lupa untuk tetap membuat tubuh Anda terhidrasi dengan minum air putih secukupnya. Dengan mengonsumsi air putih, Anda bisa merasakan beberapa manfaat seperti berikut:

  • memberikan oksigen ke seluruh tubuh;
  • kulit menjadi lebih sehat dan cantik. Apabila Anda terkena dehidrasi, kulit bisa terganggu dan cepat mengalami kerutan dini;
  • detoksifikasi dari berbagai racun yang bersarang dalam tubuh;
  • melancarkan sistem percernaan sebab usus membutuhkan air supaya bisa berfungsi dengan baik. Minum air secukupnya dapat membantu terhindar dari masalah pencernaan, sembelit, bahkan sakit maag;
  • menjaga tekanan darah; dan
  • melancarkan saluran udara.

Penutup

bekerja di mana saja - minum kopi

Sebagai kesimpulan, work from home bisa dilakukan dengan efektif apabila baik perusahaan maupun karyawan sama-sama menjalaninya dengan bertanggung jawab. Kedua belah pihak harus lebih paham mengenai kondisi yang terjadi, sambil sebisa mungkin memberikan performa terbaik, meski sedang bekerja di tempat yang berbeda-beda.

Jangan lupa untuk maksimalkan komunikasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Manfaatkanlah teknologi dengan baik, buatlah daftar hal-hal yang ingin dikerjakan dengan lebih terencana, sertakan pula output yang diharapkan. Harapannya, perusahaan dan karyawan tidak akan melewatkan satu hari work from home pun dengan ketidakproduktifan.

Baca juga: 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19

Akhir kata, selamat bekerja dari rumah dan selamat menyelesaikan tanggung jawab Anda. Mari menjaga Indonesia dan berdoa bersama agar wabah COVID-19 bisa segera berakhir sehingga semua aktivitas bisnis normal kembali.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia