Moka Logo
10 Ide Kerja Sampingan Online, Bisa Dilakukan Lewat Handphone

Tips Bisnis

10 Ide Kerja Sampingan Online, Bisa Dilakukan Lewat Handphone

3 min
JordhiJordhi

Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui kerja sampingan online? Kerja sampingan kini bisa dilakukan dengan modal yang minim. Dengan memanfaatkan teknologi internet, Anda sudah bisa memulai usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Bukan tidak mungkin,  kerja sampingan online ini mendatangkan penghasilan yang lebih besar dari pekerjaan utama di kantor. Penasaran apa saja?
Berikut ini ide kerja sampingan online minim modal yang bisa Anda coba tekuni. Sebagian besar bisa Anda lakukan dari handphone! Mulai kesuksesan Anda sekarang juga!

10 Ide Kerja Sampingan Online Lewat Handphone 

1. Cloud kitchen

Ide kerja sampingan online yang pertama adalah dengan bergabung ke cloud kitchen. Kini Anda sudah bisa membuat menjual makanan dan minuman tanpa perlu toko fisik. Dengan memanfaatkan media sosial, jasa antar makanan, dan digital marketing, Anda juga sudah mendulang kesuksesan dari berjualan makanan secara online.

2. Menjual course online

Jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk membuat course atau kursus online. Apalagi kini platform yang menjual kursus online juga sudah semakin banyak. Pembeli kursus online Anda pun juga bisa dari customer mancanegara. Manfaatkan kemampuan Anda untuk kerja sampingan online.

3. Content creator

kata kata jualan online di facebook 5-1 - kerja sampingan online

Anda punya hobi membuat konten media sosial? Maksimalkan hobi Anda dengan menjadi content creator baik di Instagram, TikTok, YouTube, atau bahkan Twitter. Jika sudah memiliki cukup followers dan engagement rate, Anda sudah bisa menjalani bisnis affiliate marketing dengan potensi pendapatan hingga ratusan juta rupiah. Siapkan ide konten dan mulai kerja sampingan online Anda sekarang!

Baca juga: 30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

4. Penulis freelance

Dunia digital sangat membutuhkan keahlian penulis untuk merangkai kata-kata yang mampu mengubah pembaca menjadi pembeli. Kemampuan memengaruhi keputusan seseorang untuk mengikuti apa yang sudah diharapkan oleh sebuah brand akan dihargai cukup mahal. Jadi, tidak ada salahnya untuk menekuni kerja sampingan online satu ini.

5. Talent voice over

Talent voice over adalah profesi yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Jika Anda memiliki kemampuan olah vokal yang mumpuni, coba tekuni profesi ini karena penghasilannya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per menit.

6. Editor video lepas

Konten adalah raja, dan konten video masih menjadi primadona. Inilah yang membuat keahlian seorang editor begitu dibutuhkan pada saat ini. Anda bisa menjadi editor lepas untuk konten-konten media sosial hingga iklan. Perbanyak dan tingkatkan kualitas showreel Anda agar kemampuan editing Anda bisa menarik minat kolaborator baik dalam negeri maupun internasional.

Baca juga: 23 Inspirasi Usaha Rumahan untuk Sampingan Terbaik

7. Trankrip atau notulen rapat

Peluang bisnis online 1 kerja sampingan online

Belum banyak yang tahu bahwa jasa transkrip atau notulensi rapat merupakan kerja sampingan dengan penghasilan yang cukup besar. Terlebih lagi jika rapat yang dihadiri adalah rapat-rapat bisnis strategis. Asah kemampuan analisis, pencatatan, dan konsentrasi Anda jika ingin mulai menjadi seorang notulen yang bonafide.

8. Penerjemah tersumpah

Penerjemah tersumpah dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan baik untuk keperluan bisnis maupun administrasi kenegaraan. Dokumen-dokumen yang biasanya membutuhkan jasa penerjemah tersumpah adalah perjanjian bisnis, nota kesepahaman, dokumen ekspor-impor, akta pendirian perusahaan, dan masih banyak lagi.

9. Online shop

Bisnis online shop bisa menjadi kerja sampingan online yang sangat potensial. Anda bisa menjual makanan, pakaian, masker, kebutuhan rumah tangga, skincare, dan masih banyak lagi. Bahkan, kini hampir tidak ada lagi batasan tentang apa yang bisa Anda jual di online shop. Anda bisa berjualan online melalui marketplace maupun toko online.

10. Desainer

Kemampuan Anda di bidang grafis bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dengan nilai yang cukup fantastis. Apalagi jika Anda sudah mulai bekerja sama dengan klien-klien internasional yang membayar dengan standar harga negara asalnya. Untuk itu, Anda bisa mulai mencari lowongan freelance desainer grafis di LinkedIn.

Baca juga: 9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate

Itu dia kerja sampingan online yang bisa menjadi ide usaha sampingan modal kecil namun dengan penghasilan yang maksimal. Sepanjang Anda tekun dan mampu memaksimalkan potensi serta peluang, bukan tidak mungkin kerja sampingan Anda justru lebih menghasilkan.

Untuk semakin memaksimalkan bisnis sampingan Anda, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi kasir Moka POS. Moka POS mampu memproses dan mencatat transaksi dengan cepat dan tetap, kemudian mengolah data transaksi tersebut menjadi sebuah laporan penjualan yang komprehensif dan mudah dipahami.

Moka POS juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti akses ke sumber permodalan, pembuatan toko online dengan mudah, ada fitur Inventory Management, dan masih banyak lagi. Jad, pastikan Anda sudah menggunakan Moka POS untuk bisnis Anda!

New call-to-action

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka