Moka Logo
Mau Mulai Kemitraan Usaha Frozen Food? Perhatikan 6 Hal Ini

Tips Bisnis

Mau Mulai Kemitraan Usaha Frozen Food? Perhatikan 6 Hal Ini

3 min
SaminaSamina

Minat akan kemitraan usaha frozen food meningkat dua tahun belakangan ini. Terbatasnya aktivitas luar demi menjaga kesehatan diri dan keluarga, salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menyediakan frozen food di rumah. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang mulai melirik produk ini.

Bisnis frozen food ternyata tidak harus dikerjakan sendiri. Jika Anda berminat untuk memulai usaha frozen food, Anda bisa ikut kemitraan usaha frozen food. 

Kemitraan sendiri merupakan perjanjian kerja sama secara format antara dua orang atau lebih untuk menjalankan sebuah usaha. Kemitraan usaha frozen food ini juga berarti Anda membeli franchise dari merek tertentu dan juga bisa menjual produk makanan beku yang berasal dari distributor.

Lalu bagaimana cara memulai kemitraan usaha frozen food? Yuk, simak beberapa cara berikut ini!

Baca juga: Bisnis Frozen Food: Tren, Produk, Persiapan, Tips Menjalankan Usaha

Pelajari Sistemnya Sebelum Mulai Kemitraan Usaha Frozen Food

Kemitraan usaha frozen food 2

Ketika Anda ingin memulai untuk melakukan kemitraan usaha frozen food, ada baiknya Anda mempelajari sistem kerja perusahaan yang akan Anda sasar untuk melakukan kemitraan.

Setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda-beda satu sama lain. Mereka memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang berbeda-beda. Jika Anda kurang paham dengan beberapa hal, jangan ragu untuk menanyakan sampai Anda benar-benar mengerti karena kemitraan bersifat jangka panjang.

Pilih dan Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Anda Jual

Sekarang ini, jenis frozen food sangatlah beragam. Mulai dari daging beku, ayam buka, tempura, nugget, bakso, sampai sayuran beku. Disarankan untuk menentukan satu jenis frozen food saja supaya Anda lebih fokus. Perhatikan juga kualitas dari frozen food yang Anda jual. Produk yang kualitasnya baik akan membawa keuntungan yang maksimal untuk Anda.

Tentukan Target Market Sesuai Dengan Produk Anda

Kemitraan usaha frozen food 3

Setelah Anda tahu apa produk frozen food yang akan Anda jual, tentukan target market Anda. Siapa yang akan Anda sasar? Berapa usia rata-rata target market yang Anda inginkan? Apakah mereka berkeluarga? Dan beberapa poin lainnya yang bisa mendukung identifikasi Anda terhadap target market.

Menentukan target market juga merupakan salah satu hal dari business plan. Harga yang Anda tawarkan juga berpengaruh terhadap target market Anda nantinya. Jika Anda sudah menentukan target market Anda, proses pemasaran pun akan lebih mudah karena Anda paham siapa yang akan Anda sasar.

Siapkan Kebutuhan Peralatan 

Dalam menjalankan kemitraan usaha frozen food, Anda juga harus memperhatikan peralatan yang mendukung kualitas produk Anda tetap terjaga.

Produk frozen food harus disimpan di suhu yang sangat rendah. Itulah sebabnya Anda harus menyiapkan mesin pendingin atau freezer. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kemasan. Packaging untuk frozen food harus kedap udara dan tidak mudah bocor sehingga Anda harus memperhatikan hal ini juga.

Persiapkan Modal Kemitraan Usaha Frozen Food 

Modal usaha tentunya adalah hal yang sangat krusial dan harus diperhitungkan secara matang. Anda harus benar-benar merinci berapa biaya untuk peralatan yang digunakan, kemasan yang dipakai, biaya listrik, biaya operasional bisnis, dan masih banyak lagi. Poin-poin tersebut benar-benar harus Anda perhatikan dan perhitungkan supaya Anda tidak mengalami kerugian ke depannya.

Pastikan Kemitraan Usaha Frozen Food Memiliki Izin Edar Resmi 

Izin edar resmi merupakan hal yang cukup penting dalam menjalankan bisnis kemitraan frozen food. Apalagi berhubungan dengan makanan, konsumen butuh untuk diyakinkan keamanannya juga.

Anda bisa mendapatkan izin edar resmi ini dengan mengikuti regulasi yang bisa menjamin serta menyatakan bahwa makanan Anda ini aman dan layak jual. Jika sudah mendapatkan izin edar resmi ini, itu artinya produk frozen food Anda sudah sesuai dengan standar dan aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Mulai Bisnis untuk Pemula dengan 30 Ide Bisnis Kreatif Modal 1 Juta

Nah, itu tadi beberapa cara untuk bisa bergabung dengan kemitraan usaha frozen food. Selain cara-cara tersebut, Anda juga membutuhkan aplikasi kasir yang bisa membantu proses jual beli frozen food Anda nantinya berjalan lancar. Anda bisa menggunakan Moka POS!

Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

 

 

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.