Moka Logo
Kemasan yang Ramah Lingkungan Serta Contohnya, Ada Apa Saja?

Tips Bisnis

Kemasan yang Ramah Lingkungan Serta Contohnya, Ada Apa Saja?

3 min
SaminaSamina

Kemasan yang Ramah Lingkungan – Sekarang ini, penggunaan plastik sudah mulai sangat dibatasi. Meskipun praktis, plastik sangat tidak ramah lingkungan karena sulit terurai dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai. Itulah sebabnya, penggunaan plastik yang bisa mencemari lingkungan sudah sangat dibatasi di Indonesia.

Bahkan, jika Anda pergi ke supermarket untuk berbelanja, kasir sudah tidak menyediakan plastik lagi. Anda akan dikenakan biaya untuk membeli kantong belanja jika Anda tidak membawa kantong belanja dari rumah.

Lalu, apa yang digunakan untuk mengganti plastik? Gerakan mencintai lingkungan mengajarkan masyarakat untuk mulai menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Selain itu, hal ini juga bisa disebut dengan eco-friendly.

Terutama bagi Anda pelaku bisnis, Anda bisa mulai dari sekarang menerapkan kemasan ramah lingkungan ini untuk produk Anda. Selain memperhatikan cara packing barang untuk produk Anda, kemasan yang ramah lingkungan juga menjadi perhatian khusus. Namun, apa sebenarnya kemasan yang ramah lingkungan itu dan bagaimana definisinya? Simak artikel berikut ini sampai habis, ya!

Baca juga: Membuat Kemasan Produk Menarik dan Menjual


Definisi Kemasan yang Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan atau biasa disebut dengan kemasan eco-friendly adalah kemasan yang dibuat untuk tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan serta menggunakan bahan yang bisa terurai di tanah ataupun bisa didaur ulang. Selain mudah terurai di tanah, kemasan daur ulang lebih bersifat natural dan tidak membahayakan bagi kesehatan manusia juga.

Sebagai pelaku bisnis yang peduli terhadap lingkungan, Anda bisa mengganti kemasan plastik di produk Anda dengan kemasan ramah lingkungan. Saat ini juga sudah banyak usaha atau bisnis yang mulai memperhatikan hal ini dan menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk produk mereka.

Mulai dari bisnis makanan, minuman, fashion, produk kecantikan, dan bisnis lainnya sudah menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Selain itu, kemasan ramah lingkungan juga membuat brand image dan identitas dari produk Anda lebih berbeda. Kepedulian brand Anda untuk menyelamatkan lingkungan sekitar menjadi daya tarik pelanggan yang nantinya bisa menguntungkan Anda juga dari segi bisnis


Contoh Kemasan yang Ramah Lingkungan

Berikut ini adalah beberapa contoh kemasan ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan untuk produk di bisnis Anda.

1. Kardus

Bentuknya yang simpel dan estetik menjadikan kardus sebagai salah satu kemasan ramah lingkungan yang digemari para pebisnis. Banyak bisnis rumahan bahkan yang sudah berskala besar menjadikan kardus sebagai kemasan mereka. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan kardus sesuai dengan produk yang Anda jual. Tidak hanya itu, kardus juga bisa didaur ulang dan yang paling penting, mudah terurai dengan tanah.

2. Paper bag atau tas kertas

Paper bag atau tas kertas juga menjadi kemasan yang ramah lingkungan dan sudah digunakan oleh beberapa pelaku bisnis. Beberapa yang sudah menggunakan paper bag atau tas kertas adalah industri makanan seperti makanan cepat saji atau juga supermarket dan minimarket.

Jika di luar negeri sudah lama menggunakan paper bag sebagai kantong belanja atau kemasan produk, di Indonesia masih terbilang tidak terlalu banyak yang menggunakan jenis ini. Banyak yang beranggapan penggunaan paper bag cepat rusak. Namun, bahannya yang ramah lingkungan menjadikan paper bag pilihan yang tepat untuk pengganti plastik. Selain itu, paper bag juga memiliki tampilan yang lebih estetik dan simpel sama halnya dengan kardus. 

Baca juga: 5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

3. Tas kain blacu atau kanvas

kemasan yang ramah lingkungan 002

Tas kain blacu atau kanvas adalah salah satu kemasan yang ramah lingkungan dan bisa dipakai berulang kali. Konsumen bisa menggunakannya kembali untuk kebutuhan lain seperti berbelanja atau bahkan untuk membawa barang.

Sudah banyak pelaku bisnis di beberapa industri yang menggunakan tas kain blacu atau kanvas ini mulai dari bisnis makanan, fashion, sampai supermarket besar. Selain ramah lingkungan, jenis ini juga bisa menjadi daya tarik dan menarik niat beli konsumen. Dengan membeli produk Anda, konsumen akan bisa mendapatkan tas kain blacu atau kanvas yang bisa mereka pakai untuk kebutuhan lainnya.

4. Biofoam

Biofoam adalah kemasan seperti stereofoam namun dengan bahan dasar pati dengan serat untuk memperkuat strukturnya. Kemasan biofoam bisa didaur ulang dan juga ramah lingkungan. Biasanya kemasan ini digunakan untuk bisnis makanan seperti pasta, cake, dan masih banyak lagi.

5. Carton box

Carton box juga menjadi salah satu kemasan ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti plastik. Selain bisa terurai, carton box juga menambah daya tarik untuk produk yang Anda jual. Anda juga bisa mengkreasikan carton box dengan desain atau warna yang sesuai dengan brand Anda.

6. Food container

kemasan yang ramah lingkungan 003

Food container sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis makanan. Food container memang terbuat dari plastik, namun kemasan yang satu ini bisa digunakan kembali untuk kebutuhan lainnya seperti menyimpan makanan, sayuran, dan lain-lain.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki bisnis makanan dan menjualnya secara online, food container menjadi salah satu andalannya karena kemasan jenis ini akan tahan guncangan. Sehingga, ketika sampai di tangan pembeli, makanan pun masih tetap utuh. 

Baca juga: 5 Tips Desain Kemasan Produk Makanan untuk Usaha F&B

Itu tadi penjelasan mengenai kemasan yang ramah lingkungan dan beberapa contohnya. Untuk ikut menyelamatkan lingkungan dan bumi dari sampah plastik, ada baiknya Anda sebagai pelaku bisnis mulai mulai mengikuti gerakan ramah lingkungan ini dan menerapkan penggunaan kemasan ramah lingkungan. Langkah kecil ini bisa sangat berarti bagi keselamatan dan keindahan bumi yang kita cintai ini.

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.