Moka Logo
Kemasan Primer adalah Elemen Penting Jualan, Ini Manfaat dan Contohnya

Tips Bisnis

Kemasan Primer adalah Elemen Penting Jualan, Ini Manfaat dan Contohnya

3 min
YovitaYovita

Kemasan produk berdasarkan fungsinya dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu kemasan primer, sekunder, dan tersier. Sesuai dengan namanya, kemasan primer adalah kemasan utama dari sebuah produk.

Kemasan produk sendiri menjadi salah satu strategi jualan online yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya, kemasan yang menarik akan memikat perhatian calon konsumen baru. Jadi, ketika nanti dipasang di website GoStore, hasil foto produk akan terlihat stand out. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat dan contoh kemasan utama!


Apa itu Kemasan Primer?

kemasan primer adalah 5

Kemasan primer adalah packaging atau tempat yang langsung bersinggungan dengan produk. Kemasan ini harus mampu menjaga dan melindungi stabilitas produk. Maka, biasanya kemasan utama terbuat dari bahan yang tahan air dan udara. Hal ini nantinya akan menjaga mutu produk supaya dapat terjaga dengan baik, khususnya pada produk makanan.

Dengan kemasan ini, produk mungkin dijual dalam bentuk eceran. Misalnya seperti kemasan kopi bubuk, mie instan, sabun cair, botol sampo, dan sebagainya. Pada kemasan primer biasanya juga ditampilkan informasi lengkap terkait produk di dalamnya, seperti komposisi, tanggal kedaluwarsa, cara penggunaan, efek samping, cara simpan, dan sebagainya.

Baca juga: Packaging Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Desainnya


Jenis Kemasan Lainnya

Selain kemasan primer, ada juga yang disebut dengan packaging sekunder dan packaging tersier. Seperti apa perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Kemasan sekunder

Kemasan sekunder berbeda dengan kemasan utama, sebab tidak langsung berhubungan dengan produk itu sendiri. Packaging sekunder atau yang sering disebut sebagai secondary packaging adalah packaging yang langsung bersinggungan dengan kemasan primer. Packaging ini dibuat sebagai tambahan pelindung untuk menjaga kemasan primer sekaligus produknya, serta memudahkan pemindahan beberapa produk serupa.

Packaging sekunder sendiri jauh lebih rentan dibandingkan dengan packaging utama. Kemasan jenis ini biasanya tidak berpengaruh pada mutu produk karena tidak bersentuhan secara langsung. Contoh dari kemasan sekunder seperti kardus mi instan, packaging odol, karton obat-obatan dan sirup, serta lainnya yang bertujuan melindungi produk dan packaging utama secara lebih maksimal.

Baca juga: Kemasan yang Ramah Lingkungan serta Contohnya, Ada Apa Saja?

2. Kemasan tersier

Terakhir adalah kemasan tersier yang berperan penting dalam pengiriman beberapa produk. Biasanya, para produsen yang ingin mengirim produk ke penjual ritel akan membutuhkan kemasan jenis ini. Kemasan tersier juga berfungsi penting untuk menjaga keamanan produk saat diangkut dalam jumlah besar dan perjalanan yang jauh.

Kemasan tersier akan melindungi packaging sekunder, packaging utama, dan produk itu sendiri. Agar lebih aman, kemasan tersier biasanya terbuat dari bahan kayu, kardus, hingga kontainer. Tentu, pemilihan bahan disesuaikan dengan produk yang dipasarkan dan seberapa jauh pengiriman yang akan dilakukan. Contoh kemasan tersier adalah kontainer dan peti kemas.


Mengapa Packaging Primer Penting?

kemasan primer adalah 4

Kemasan primer tidak hanya berfungsi sebagai wadah dari produk yang dikemas. Kemasan primer berperan penting dalam menjaga produk tetap terlindungi dan terjaga bersih bebas dari kotoran maupun kontaminasi zat lainnya. Tidak hanya itu, packaging utama juga akan meningkatkan daya tahan produk karena dapat menghindarkan dari kerusakan fisik akibat perubahan cuaca.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kemasan primer dapat menampilkan informasi produk yang bisa menentukan keputusan pembelian seorang konsumen. Informasi yang ada bisa berupa bahan baku atau komposisi, berat produk, tanggal kedaluwarsa, dan sebagainya.

Baca juga: Membuat Kemasan Produk Menarik dan Menjual


Contoh Kemasan Primer

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa packaging utama adalah tempat yang langsung berhubungan dengan produk, tentu terdapat banyak sekali contoh dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari kemasan utama di antaranya plastik, botol gelas, kaleng, karton untuk produk minuman dan makanan, serta masih banyak lagi.


Kemasan primer adalah tempat atau wadah yang secara langsung bersinggungan dengan produk. Selain kemasan produk, hal yang bisa Anda lakukan dalam membangun atau memgembangkan bisnis adalah memperbanyak target pasar, salah satunya dengan membuat website jualan online. Untuk Anda yang ingin mencoba membuat website dengan mudah, bisa melalui platform GoStore. Dijamin mudah dan cepat. Tunggu apa lagi? Yuk, segara buat website toko online Anda di GoStore dan nikmati berbagai promo menariknya sekarang juga!

Buat website ecommerce-2

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.