Business Insight Product Knowledge #GoStoreMenJAGA

Keamanan Domain Website, Bikin Jualan Online lebih Tepercaya

By Vanessa Harsen on August, 18 2022
Vanessa Harsen

Kini, pilihan situs web jual beli online semakin beragam. Tidak hanya pembeli, kita sebagai penjual pun juga harus semakin pintar dalam memilih situs berjualan yang tak hanya mudah dalam pengoperasiannya saja, tapi juga terjamin keamanannya.

Apalagi, untuk website jualan online yang melibatkan transaksi pembayaran. Sebagai penjual tentu memiliki tanggung jawab untuk memastikan informasi data pembeli aman dari segala tindak pencurian data.

Maka dari itu, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat website jualan online adalah memastikan website Anda memiliki domain yang memenuhi standar keamanan. Dengan begitu, pembeli juga merasa nyaman saat mengunjungi website Anda untuk berbelanja online

4 Ciri-Ciri Domain Website yang Aman untuk Berjualan Online

1. Address bar berwarna hijau dengan simbol gembok

Simbol gembok terkunci dan berwarna hijau pada alamat URL website menandakan halaman web Anda aman untuk ditelusuri dan memiliki koneksi yang baik. 

Ini juga menunjukan situs web tersebut sudah memiliki Secure Sockets Layer (SSL), yaitu sertifikat valid untuk keamanan situs web.

Anda dapat melihat informasi lebih lengkap terkait sertifikasi dan informasi keamanan situs web dengan cara klik kanan pada simbol gembok, dan akan tercantum pada keterangan “connection is secure”

Simbol gembok berwarna hijau ini membuat website usaha Anda aman dari penyadapan dari pihak luar. 

Di sisi lain, hindari situs web dengan simbol address bar yang tidak aman, yaitu simbol tanda seru berwarna abu-abu dan simbol tanda seru berwarna merah.

2. Domain diawali dengan HTTPS

Situs web yang ditandai dengan gembok berwarna hijau biasanya diikuti dengan URL berawalan tag HTTPS. Tag HTTPS pada URL menunjukan situs web yang aman. Ini juga menandakan website jualan Anda sudah memiliki SSL.

HTTPS sendiri adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure  yang lebih aman dibandingkan HTTP. Website yang masih menggunakan tag HTTP dianggap belum sepenuhnya aman, karena tidak menyediakan otentikasi data yang terenkripsi seperti HTTPS. 

Untuk mengubah URL website yang masih menggunakan tag HTTP menjadi HTTPS biasanya perlu melakukan instalasi SSL. Namun, jangan khawatir, jika Anda bisa membuat website melalui GoStore, URL website toko online Anda dijamin aman karena sudah menggunakan HTTPS. 

3. Subdomain simpel & bagian dari perusahaan tepercaya

Nama domain merupakan identitas dari sebuah website. Ciri situs web jualan online dengan kredibilitas tinggi, yaitu memiliki domain yang singkat, padat, dan jelas. Dengan format nama subdomain yang sederhana, diikuti nama domain dari perusahaan tepercaya, memudahkan pembeli mengingat nama brand dan meningkatkan kepercayaan pada produk Anda. 

Namun sering kali, saat membuat website, penjual kesulitan untuk mendaftarkan nama domain dan akhirnya banyak trik penipuan yang dilakukan penjual dengan meniru nama domain dari perusahaan besar agar terlihat seperti website resmi dan mendapat kepercayaan pembeli. 

Dengan membuka website toko online melalui GoStore, website Anda akan memiliki nama domain dengan format resmi seperti berikut (nama usaha.mygostore.com) yang memudahkan pembeli untuk melakukan penelusuran. 

Website Anda juga akan muncul pada halaman pertama penelusuran karena menggunakan domain dari perusahaan resmi, yaitu GoStore yang merupakan bagian dari perusahaan GoTo Financial. 

4. Pilihan transaksi dan pengiriman yang tepercaya

Salah satu faktor penting dalam sebuah website jualan online adalah memperhatikan pilihan pembayaran dan pengiriman yang tersedia. Dengan begitu,  pembeli pun juga merasa aman saat melakukan transaksi di website Anda.

Website usaha GoStore menyediakan beragam pilihan pembayaran melalui bank transfer, kartu kredit/debit, juga e-wallet GoPay. Untuk pengiriman, GoStore bekerja sama dengan ekspedisi tepercaya, yaitu JNE, SiCepat, J&T, serta GoSend untuk pengiriman instan atau di hari yang sama,

Ya, sekarang semua bisa punya website jualan online sendiri! Anda tak perlu ragu karena #GoStoreMenJAGA keamanan website jualan Anda agar semakin lancar! Untuk informasi lengkap seputar GoStore, klik di sini, ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia