Moka Logo
Kata-kata untuk Jualan Online Berdasarkan Jenis Kontennya

Tips Bisnis

Kata-kata untuk Jualan Online Berdasarkan Jenis Kontennya

3 min
SaminaSamina

Kata-kata untuk Jualan Online Berdasarkan Jenis Kontennya – Keberhasilan promosi digital itu memiliki banyak faktor penentu keberhasilannya. Salah satunya adalah kreativitas dalam membuat konten yang efektif. Penggunaan kata-kata untuk jualan online harus tepat agar audiens Anda bisa langsung tergerak untuk membeli produk Anda.

Kini, konten di dunia digital pun menjadi makin beragam seiring bertambahnya jenis medium yang muncul. Tak hanya media sosial seperti Twitter dan Instagram, kini Anda juga bisa mempromosikan produk Anda di saluran iklan Google maupun milik e-commerce. 

Konten jualan yang baik harus memperhatikan copywriting. Oleh karena itu, Anda juga harus mempelajari kata-kata untuk jualan online yang efektif. Anda bisa mengerjakan copywriting konten Anda sendiri jika Anda sudah menguasai tips dan triknya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata untuk jualan online berdasarkan mediumnya:

Baca juga: Soft Selling adalah Cara Jitu Promosi, Ini Contohnya!


 

 

Kata-kata Jualan Online di Instagram & Facebook

kata-kata untuk jualan online 5

Instagram dan Facebook memiliki karakter konten yang hampir sama. Anda bisa posting visual (foto atau video) disertai caption panjang di bagian bawahnya. Para pelaku usaha pun banyak yang memanfaatkan media sosial ini untuk berjualan. Oleh karena itu, konten Anda harus lebih menonjol dari kompetitor Anda.

Selain harus mengetahui karakter audiens, Anda juga perlu kreatif dalam merangkai kata-kata jualan online. Berikut adalah kalimat yang dapat digunakan dalam caption Instagram:

  • “Akun pertama yang like posting ini akan mendapatkan 1 item gratis! Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan promo lainnya.”
  • “Hanya tersedia 10 stok!  Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!”
  • “Diskon tambahan 30% untuk semua barang setiap pembelian sepatu!”

Atau jika ingin memberi copy yang lebih panjang, Anda juga bisa memberi sedikit narasi mengenai produk yang akan Anda beli, seperti:

“Produk ini memiliki arti penting bagi kita karena (cantumkan alasan). Maka itu, kami dengan antusias ingin membagi kebahagian kami.”


Ide Kata-kata Jualan di Twitter

kata-kata untuk jualan online 3

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk Anda di media sosial berlogo burung biru ini. Salah satu cara efektifnya adalah dengan membuat thread rekomendasi. Pilihlah produk-produk Anda yang jenisnya sama, lalu promosikan di Twitter. Contoh, Anda ingin mempromosikan alat-alat penunjang kerja:

Twit 1: 

Rekomendasi barang yang bikin WFH nyaman.

[A Thread]

 

Twit  2:

Sandaran kursi super-nyaman – Rp70.000

Pesan: DM atau klik link (masukkan link toko online Anda)

 

Twit 3:

Tatakan laptop fleksibel – Rp35.000

Pesan: DM atau klik link (masukkan link toko online Anda)

 

dst. 

 

Di Twitter, ada banyak sekali konten atau informasi yang viral mengisi timeline.  Kita juga bisa memanfaatkan twit viral tersebut untuk mempromosikan jualan kita.

Misalnya, ketika ada yang membicarakan masalah koneksi internet di rumahnya, Anda bisa ikut berkomentar di twit tersebut dengan menceritakan keunggulan produk router Anda. Contoh kata-katanya adalah sebagai berikut:

 

Hai, Kak. Router ini bisa bantu memperkuat sinyal Wi-Fi, lho. Sampai radius 5 meter! Cocok sih.
(Masukkan link produk Anda)

Salah satu metode promosi yang sering digunakan saat ini adalah dengan memasarkan produk Anda di konten yang sudah viral. Seperti contohnya, jika Anda memiliki bisnis Wi-Fi dan ada akun yang mengeluh mengenai koneksi Wi-Fi mereka dan akhirnya viral, Anda bisa membalas tweet tersebut dengan kata-kata seperti:

Walau  memang terlihat sederhana, hal tersebut dapat membangun engagement degan pelanggan yang secara jangka panjang dapat membangun traffic yang tinggi untuk bisnis Anda.


Ide Kata-kata untuk Jualan Online di Kolom Deskripsi Produk 

kata-kata untuk jualan online 1

 

Dengan banyaknya platform jualan online, produk yang awalnya susah dicari sekarang menjadi lebih mudah. Jika sebelumnya produk Anda dicari-cari, sekarang Anda harus memiliki strategi tambahan agar hal tersebut tetap terjadi. Dengan mencantumkan semua detail mengenai produk yang ingin Anda jual, Anda dapat menonjol. Seperti, contohnya:

  • “Batre di produk ini hanya akan bertahan lama hingga 200 jam.”
  • “Tali dapat diikat dalam beberapa gaya.”
  • “Produk ini bebas dari animal cruelty.”

Detail sekecil apapun sangatlah penting untuk produk Anda. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari ulasan buruk.

Baca juga: 5 Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula


Kata-kata untuk Banner Ads 

Ketika banner ads adalah tempat Anda mengiklankan produk Anda, menggunakan visual dan gambar yang menarik jadi  kuncinya. Namun, jangan lupakan copy yang bisa menjadi show stopper. Gunakan kata-kata yang efektif seperti contohnya:

  • “Yakin Gak Beli? Promo 70% Sampai Besok!”
  • “Sudah 700 Orang Beli. Saatnya Kamu Miliki.”

Dengan menggunakan kalimat yang membuat mereka tertarik dan penasaran akan menarik perhatian mereka terhadap produk yang Anda jual.

Baca juga: Pengertian Branding, Strategi dan Contohnya


Kata-kata untuk Jualan Online di Caption   

kata-kata untuk jualan online 2

Siapkan one-liner untuk dicantumkan di iklan satu ini agar langsung berhasil memikat perhatian konsumen Anda. Hampir mirip dengan banner ads, kalimat utama atau headline – seperti namanya – merupakan judul dari produk yang Anda ingin pasarkan. Seperti contohnya:

  • “Minuman segar!”
  • “Burger terbaik!”
  • “Kopi yang langsung bikin melek!”

Contoh-contoh di atas tersebut dapat memancing konsumen Anda untuk mencari informasi lebih mengenai produk Anda.

Itulah beberapa kalimat yang Anda dapat gunakan untuk memasarkan produk Anda. Pandemi ini membuat banyak bisnis secara penuh beralih ke jualan online. Perlu diingat juga keberadaan toko online Anda sangat menentukan cara pemasaran produk Anda untuk meraih kesuksesan.

Namun, ada satu jurus lagi agar usaha Anda dapat dengan secara mudah sukses. Dengan menggunakan GoStore dari Moka POS, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda dengan praktis karena GoStore sudah terintegrasi dengan Instagram Shop, Facebook Shop, serta Google Shopping. Penasaran? Yuk, gunakan GoStore!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.