Moka Logo
Alasan Kasir adalah Peran Penting Dalam Usaha

Tips Bisnis

Alasan Kasir adalah Peran Penting Dalam Usaha

3 min
JordhiJordhi

Dalam menjalankan usaha, Anda tak bisa mengusahakan peningkatan penjualan tanpa mengusahakan kelancaran operasional bisnis sehari-hari. Salah satu cara yang dapat memudahkan operasional transaksi jual-beli adalah kasir. Kasir adalah elemen sangat penting, yang membuat Anda tidak perlu repot-repot menghitung transakasi dan mengatur arus kas. Anda harus pertimbangkan rekrut satu karyawan khusus untuk menjadi kasir.

Tidak Memiliki Kasir Adalah Pemicu Tersendatnya Kelancaran Bisnis

Strategi Marco’s Chop Shop Tingkatkan Mutu Layanan Bisnis Barbershop - aplikasi salon, aplikasi kasir excel gratis full, atau program kasir sederhana gratis - Cara Menjadi Kasir yang Baik - kasir adalah

Selain melayani proses transaksi, kasir adalah pemegang peran penting sebagai layanan konsumen. ia bisa bertugas agar produk diterima oleh pelanggan dengan baik, mengetahui daftar harga setiap barang yang dijual, mengecek stok barang, dan bahkan membuat laporan penjualan. Jadi, apa yang akan terjadi jika bisnis Anda tidak memiliki kasir?

Baca juga: Barista Adalah: Pengertian, Tugas, Tips Merekrut, dan Gaji Barista


1. Kewalahan Melayani Pembayaran  

Poin pertama ini tentu merupakan hal yang paling mudah untuk diprediksi jika toko offline Anda tidak memiliki kasir. Jika tidak ada kasir, keberlangsungan proses transaksi Anda akan dengan mudah dan cepat mengalami kegagalan.

Hal ini juga akan membuat para pelanggan tidak nyaman saat ingin membeli produk Anda. Tidak mempunyai kasir akan membuat kegagalan saat proses point of sale semakin besar. Maka itu, menginvestasikan modal Anda dalam mempekerjakan  seorang kasir yang tepat adalah ide yang sangat baik.


2. Konsumen bingung bertanya pada siapa

menerapkan physical distancing ketika berada di restoran - peran kasir

Salah satu tugas kasir adalah untuk mengetahui informasi mengenai keseluruhan bisnis Anda, pelanggan yang datang ke toko Anda bisa saja menjadi kesusahan saat ingin melakukan transaksi karena mereka tidak tahu siapa yang harus ditanya. Dari mulai menjawab pertanyaan tentang letak toilet hingga saat akhir proses point of sale, semua akan lebih mudah jika Anda memiliki seorang kasir yang terampil.

Baca juga: 5 Cara Mencari Harga Jual dan Contoh Penghitungannya


3. Rentannya Keamaan Usaha   

Tentunya Anda ingin menjaga keseluruhan toko Anda, bukan? Walau memang satpam juga dapat membantu menjaga bisnis, Anda akan jauh lebih hemat apabila Anda mempekerjakan seorang kasir yang dapat memantau isi toko.

Dengan memiliki kasir, keamanan toko Anda akan semakin terjaga. Uang yang tersimpan dalam kasir Anda juga akan dijaga dengan baik. Jadi, jangan sia-siakan kasir yang ada di toko Anda, ya!


4. Kesulitan mengatur stok 

Popoluca The Label - bisnis fashion - aplikasi kasir moka pos - kasir adalah

Tugas lainnya dari seorang kasir adalah memantau dan mengetahui stok barang yang ada di toko Anda. Jika Anda memilih untuk tidak memiliki kasir, pasti akan muncul banyak kebingungan yang membuat bisnis Anda rugi.

Dalam usaha-usaha kecil seperti di restoran atau kafe, para kasir juga sering diminta membantu melakukan pemesanan stok belanja karena mereka yang mengetahui secara pasti angka-angkanya. Tidak hanya itu, tugas seorang kasir adalah membuat laporan penjualan. Tanpa adanya mereka, pasti Anda kesusahan untuk melacak progress  perjalanan bisnis Anda.


5. Layanan pelanggan kurang maksimal 

Seperti yang sudah disebut di atas, salah satu peran kasir adalah layanan pelanggan. Memiliki kasir yang ramah tentunya dapat membuat hubungan berkelanjutan antara Anda dan pelanggan. Dengan adanya faktor tersebut, Anda pasti lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan setia yang akan membantu bisnis Anda sukses.

Jika tidak ada kasir, koneksi tersebut bisa saja hilang. Memiliki kasir yang ramah juga bisa menghasilkan first impression yang baik untuk para pelanggan dan membuat mereka semakin betah dan sering datang kembali ke toko Anda.

Baca juga: Bisnis Frozen Food: Tren, Produk, Persiapan, Tips Menjalankan Usaha


6. Kerapihan meja tidak terjaga 

Tentu tidak ada yang ingin bekerja di work station yang kotor. Walaupun ini bukanlah tugas utama seorang kasir, toko Anda juga akan menjadi semakin terjaga dengan bantuan mereka untuk mempercantik area toko Anda.

Jika tidak memiliki kasir, toko kebersihan toko Anda bisa saja menjadi tidak terjaga sehingga membuat para pelanggan tidak nyaman. Namun, semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak perlu mengalami dampak-dampak negatif yang dapat terjadi jika Anda tidak memiliki kasir, ya.

Saat sudah mempekerjakan seorang kasir, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal ini agar mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Pastikan Anda menginformasikan hal-hal penting tentang bisnis Anda agar mereka benar-benar paham visi dan misi supaya para kasir dapat memiliki motivasi untuk bekerja dengan baik.


Baca juga: Mudah! Ini 4 Cara Menghitung Modal Awal dalam Bisnis 

Nah, untuk memaksimalkan pekerjaan kasir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi kasir dari Moka POS agar proses point of sale dapat dilaksanakan dengan sempurna. Bingung aplikasi kasir apa yang terbaik? Moka POS hadir untuk membantu semua urusan bisnis Anda untuk menemani perjalanan Anda hingga mencapai level kesuksesan yang diinginkan.

Dengan sejumlah fitur yang canggih, proses point of sale Anda tidak akan pernah merasa lebih mudah. Tentunya apabila pekerjaan kasir semakin mudah, bisnis Anda juga akan meraup kesuksesan dengan lebih cepat. Tertarik, kan? Yuk, Klik link di link ini untuk merasakan semua keuntungan dari Moka POS.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka