Business Insight

Ini Pentingnya Membuat Kartu Nama Bisnis, Jangan Disepelekan!

By Jordhi Farhansyah on April, 27 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Ini Pentingnya Membuat Kartu Nama Bisnis, Jangan Disepelekan! - Mungkin Anda berpikir bahwa di era digital seperti sekarang ini sudah tidak penting memiliki kartu nama bisnis untuk dibagikan ke kolega.

Toh kontak dari nomor handphone hingga email dapat ditemukan di beberapa platform bisnis Anda. Tapi sadarkah Anda, bahwa kartu nama bisnis memiliki peran yang penting dalam menunjang performa Anda sebagai seorang pebisnis?

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang kartu nama bisnis atau business card, dan mengapa hal ini penting untuk bisnis Anda walau saat ini zamannya sudah beranjak ke ranah digital. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Apa Itu Kartu Nama Bisnis dan Kenapa Penting?

pebisnis pria sukses - 5 Zodiak yang Bakal Sukses Memulai Bisnis pada 2020

Kartu nama bisnis biasa merupakan kartu berukuran kecil yang berisi beberapa informasi penting mengenai nama, jabatan hingga kontak yang bisa dihubungi. Kartu nama tidak hanya menggambarkan posisi seseorang tetapi juga sebagai representasi dari perusahaan tempat Anda bernaung. 

Mengapa penting? Saat ini sudah banyak bisnis yang beralih ke ranah digital, bahkan Anda sendiri lebih sering menyelesaikan pekerjaan secara digital dibandingkan dengan alat-alat bantu yang sifatnya konvensional. Walau begitu, peran dari kartu nama bisnis tetap tidak kehilangan tempatnya.

Sejauh ini belum ada yang mampu menyaingi keberadaan kartu nama bisnis terutama dalam hal keterjangkauan dari segi waktu dan tempat.

Baca juga: Modal Kecil Untung Besar, Ini 10 Tips Buka Bisnis Minimarket Rumahan

Tidak heran jika masih banyak perusahaan-perusahaan multinasional yang masih menggunakan kartu nama. Selain itu kartu nama juga lebih fleksibel untuk diberikan saat ada di kegiatan-kegiatan tertentu seperti seminar, rapat bisnis dan sebagainya.

Terlebih lagi, walau Indonesia memiliki angka penetrasi digital yang cukup tinggi, hal ini tidak menjamin seluruh lapisan memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses gadget. Walau terlihat sederhana, hal ini justru bisa menghambat bukan?


Apa Tujuan Dibuatnya Kartu Nama Bisnis?

kartu nama bisnis perusahaan Anda

Penggunaan kartu nama bisnis memiliki tujuan yang berbeda dilihat dari siapa yang memberikan maupun yang menerima kartu bisnis tersebut.

Misalnya saja, untuk para pemasar, kartu nama bisnis tidak hanya digunakan untuk memberikan informasi mengenai detail informasi kontak saja tetapi juga sebagai representasi dari perusahaan Anda.

Baca juga: Modal Kecil Untung Besar, Ini 10 Tips Buka Bisnis Minimarket Rumahan

Dengan begitu, tidak heran jika banyak perusahaan yang sangat total dalam membuat konsep kartu nama dari warna, bentuk, ruang yang digunakan, penempatan logo dan lain sebagainya.

Sementara dari sudut pandang konsumen, tujuan dari adanya kartu nama bisnis adalah karena lewat kartu nama bisnis, biasanya calon konsumen Anda mulai mengidentifikasikan bagaimana kualitas perusahaan Anda. bahkan penelitian membuktikan 72% orang membentuk perspektifnya tentang suatu perusahaan setelah melihat kartu nama bisnis yang mereka lihat.

Ternyata kartu nama bisnis punya banyak maksud, bukan? Anda masih belum yakin untuk membuat kartu nama bisnis perusahaan? Simak ulasan lengkap mengenai alasan kartu bisnis masih tetap harus digunakan walau zaman sudah bergerak ke arah digital berikut ini.

1. Lebih mudah dalam memberikan informasi personal

Pertukaran informasi mengenai hal-hal personal seperti nama, nomor yang bisa dihubungi ataupun email adalah suatu hal yang biasa bagi para pebisnis. Dengan memberikan kartu nama bisnis tentu hal ini akan menjadi lebih mudah dan informasi yang diberikan juga dapat diarsipkan dengan baik.

2. Alat direct marketing paling efektif

Ingin tahu bagaimana caranya agar orang lain mengetahui bisnis yang Anda jalani? Berikan saja kartu nama Anda, dari sini kolega Anda akan lebih mengingat perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Jadi representasi bagaimana bisnis Anda secara jelas

Tidak heran banyak perusahaan bahkan tidak segan mengkonsultasikan desain kartu nama bisnis mereka pada desainer. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menampilkan representasi terbaik dari perusahaan lewat kartu nama bisnis.

4. Membangun first impression yang baik

Bagi pebisnis, first impression tidak hanya dibangun oleh penampilan saja, tetapi juga dari kartu nama yang diberikan kepada kliennya. Itulah mengapa pebisnis pasti selalu membawa kartu namanya sebagai bentuk kesiapan.

5. Memberikan kartu bisnis dianggap lebih etis

Untuk beberapa kultur tidak sopan untuk menanyakan nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi secara langsung tanpa perkenalan secara khusus. Di sinilah peran penting kartu nama bisnis bekerja.

6. Membangun kepercayaan konsumen

Ketatnya kompetisi bisnis di sekitar Anda membuat Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat memenangkan kepercayaan konsumen. Dengan kartu bisnis Anda tidak hanya sedang memperkenalkan bisnis Anda tetapi juga menjawab pertanyaan dari permasalahan konsumen lewat produk atau jasa Anda.

7. Salah satu cara berjejaring yang efektif

Kartu nama bisnis dapat membantu Anda meningkatkan penjualan hingga jaringan personal. Dengan jaringan yang kuat, bahkan Anda dapat membangun identitas brand yang lebih kuat. Untuk mencapai hal tersebut, kartu nama bisnis Anda dapat menjembataninya.


Apa Saja yang Harus Ada di Business Card?

kartu nama bisnis

Sebelum membuat kartu nama, pastikan Anda sudah mengetahui dua jenis kartu nama yang digunakan di dunia bisnis. Yang pertama adalah kartu nama pribadi dan yang satunya adalah kartu nama perusahaan. Sama-sama memberikan informasi, keduanya juga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu membuka peluang bisnis baik dari perspektif pribadi atau perusahaan.

Dalam kartu nama pribadi, Anda cukup mencantumkan nama, nomor telepon, alamat email atau informasi diri lainnya. Yang pasti kartu nama ini harus dikemas seringkas mungkin, dan ingat ini bukan Curriculum Vitae di mana Anda bisa menaruh segala informasi Anda di sana.

Baca juga: Apa Itu Business Plan dan Apa Manfaatnya Bagi Usaha Anda?

Berbeda dengan kartu nama pribadi, kartu nama bisnis memiliki tambahan informasi lainnya seperti nama perusahaan, logo perusahaan, nomor telepon, email dan juga alamat perusahaan.

Karena dengan kartu nama bisnis ini Anda akan merepresentasikan perusahaan Anda, hal penting yang perlu diingat adalah untuk tetap membuat bagian nama perusahaan dan logo perusahaan Anda menonjol dibandingkan informasi lainnya. Hal ini untuk memusatkan perhatian penerima kartu nama bisnis perusahaan Anda ke arah identitas perusahaan Anda.

Untuk itu, membuat kartu nama bisnis bukanlah suatu perkara yang main-main, karena di sinilah kesan pertama akan perusahaan Anda dibangun. Jika Anda membutuhkan inspirasi tentang model kartu nama terbaik untuk bisnis Anda, Anda bisa menggunakan template khusus dari Moka yang bisa Anda dapatkan dengan mengisi form di bawah ini.

Ingin mendapatkan template untuk bisnis yang lainnya? Silakan klik tautan ini.

Tidak hanya mendukung Anda untuk memberikan kesan yang baik tentang perusahaan Anda, Moka juga dapat membantu Anda meninjau performa bisnis perusahaan Anda lewat aplikasi kasir yang akan memudahkan Anda dalam melihat perkembangan bisnis dan mencapai tujuan Anda.

Dengan Moka, Anda bisa memantau laporan penjualan kapan saja dan di mana saja, mengatur daftar inventaris, mengelola karyawan, hingga membuat loyalty program untuk para pelanggan setia Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rancang kartu nama bisnis perusahaan Anda sekarang juga. Karena peluang bisnis itu Anda yang ciptakan. Semoga berhasil!

Apabila Anda ingin mencoba Moka gratis, silakan klik tombol di bawah ini, ya!

Coba Gratis 14 Hari

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia