Business Insight COVID-19

10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19, Sudah Memilikinya?

By Samina Sharanani on May, 29 2020
Samina Sharanani

A word crafter

10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19 - Pandemi global COVID-19 bisa dibilang sebagai penyebab utama dari pacekliknya berbagai sektor bisnis dan ekonomi. Banyak cerita usaha tutup dan bangkrut akibat drastisnya penurunan angka penjualan karena kewajiban untuk mengikuti prosedur PSBB.

Terus beradaptasi, mencari solusi dan cara baru di tengah tantangan ini adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan bisnis. Nah, supaya lebih semangat dan optimis untuk sukses di masa sulit ini, yuk simak dan coba terapkan 10 karakter pengusaha sukses saat COVID-19 berikut ini!

10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19

1. Optimis

menjadi seorang pebisnis atau pengusaha sukses (1)

Apa pun situasinya, pengusaha sukses akan berusaha melihat segi positifnya. Mereka selalu punya mimpi dan terus berpikir bagaimana cara manusia menjalani hidup dan bagaimana mereka bisa membuat situasi lebih membaik.

Pengusaha sukses tidak berhenti usaha karena tantangan pandemi COVID-19, apalagi gara-gara kesalahan di masa lalu. Mereka akan fokus memperbaiki diri dan menjalani tantangan yang ada. Bagi mereka, tantangan bukanlah halangan, melainkan kesempatan untuk memperbaiki diri.

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Pebisnis Perempuan

2. Mengutamakan pelanggan dan pekerjanya

menjalani meeting di kantor - 5 Kesalahan dalam Merekrut Karyawan yang Sebaiknya Dihindari

Bagi pengusaha sukses, pelanggan dan pekerja adalah bagian paling penting dari bisnisnya. Pelanggan lah pihak utama yang membuat bisnis mereka tetap berjalan. Tanpa pekerja, bisnis pun tidak dapat berjalan dengan lancar.

Di saat pandemi COVID-19, salah satu karakter pengusaha sukses yang mesti dimiliki adalah tidak ragu untuk mengubah cara-cara menjalani bisnisnya demi keamanan dan kenyamanan pelanggan dan pekerjanya. Pebisnis yang sukses peduli akan kesehatan dan keamanan pekerjanya. Mereka tidak egois dan selalu mencari cara yang terbaik tanpa merugikan pihak manapun.

3. Selalu berpikir ke depan

menggunakan pembayaran digital dan mendukung cashless society - karyawan bisnis

Pikiran dan rencana yang ada di kepala pengusaha sukses selalu beberapa langkah lebih awal dari yang lain. Meski pandemi menyerang, mereka fokus terus mencari jalan dan mengkalkulasikan segala kemungkinan bertahan bisnis mereka.

Apa pun yang mereka lakukan, pasti dipikirkan secara matang demi bisnis sekaligus memikirkan kesehatan pekerja dan pelanggannya. Salah satu karakter pengusaha sukses ialah berani untuk membuat keputusan yang terbaik dan tidak merugikan orang lain di masa depan.

Baca juga: 7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

4. Persuasif

training karyawan - Karakter Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses pasti punya sifat yang persuasif. Mereka tahu dan mampu membuat orang lain menyimak dan meyakini pernyataannya. Hal ini merupakan kemampuan yang penting dimiliki setiap pengusaha. Seiring berubahnya keadaan ekonomi karena pandemi, akan banyak pengusaha yang datang dengan ide baru dan kemampuan inilah yang akan membantu meyakinkan khalayak umum.

Tidak hanya itu, pengusaha yang baik pasti akan benar-benar memprioritaskan keamanan serta kesehatan pelanggan dan pekerjanya.

5. Fleksibel

Kemampuan adaptasi di berbagai situasi merupakan hal yang wajib dimiliki pengusaha sukses. Apapun situasinya, apapun yang perlu dilakukan, mereka akan menghadapi dan melakukannya demi keamanan serta kesejahteraan pekerja dan pelanggannya. Pada umumnya, sebuah usaha itu dimulai dengan diri sendiri. Sebelum punya pekerja, pengusaha mengerjakan segala sektor bisnisnya sendiri.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

Hal ini membuat pengusaha jadi tahu betul yang terbaik tidak hanya untuk pelanggannya tapi juga pekerjanya. Mereka pun akan menerima segala pendapat dan hal baru dengan pikiran terbuka. Jika memang ada yang perlu diubah, mereka tidak ragu untuk membuat perubahan.

6. Punya banyak ide

menjadi pemimpin perusahaan

Salah satu karakter pengusaha sukses saat COVID-19 yang patut diacungi jempol adalah pantang mundur dari tantangan maupun konflik adalah karena mereka selalu punya ide dan berkemauan tinggi untuk mempertahankannya.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, mereka pun mampu tetap berpikir tenang dan beberapa langkah lebih depan dibanding pekerjanya. Mereka selalu mencari cara untuk menghadapi masalah dalam bisnisnya. Setiap keputusan atas ide-idenya pun selalu bijak dan memikirkan keamanan pekerja dan pelanggannya. Dengan begitu, mereka dapat menjalani ide briliannya dengan baik dan tidak merugikan pihak lain.

7. Tidak takut ambil langkah baru

menjadi pemimpin yang baik dalam bisnis

Pengusaha sukses selalu aktif mencari cara-cara baru yang memudahkan pelanggannya. Bargi mereka, mengikuti cara yang ada hanya akan membuat mereka hilang di keramaian.

Dengan semangat dan kepercayaan atas ide-idenya, pengusaha sukses tidak takut mencoba cara baru, termasuk saat menghadapi pandemi COVID-19. Karakter pengusaha sukses saat COVID-19 lainnya ialah selalu punya dan mampu membuat rencana terperinci untuk mengatasi segala kemungkinan dari pilihan-pilihannya dan komitmen jalan segalanya.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

8. Mau memanfaatkan teknologi

apa itu cloud computing atau komputasi awan - teknologi (5)

Seiring berkembangnya cara berpikir manusia, lingkungan dan teknologi pun turut berubah mengikuti kebiasaan dan kemampuan manusia. Perubahan pesat juga dialami dalam dunia bisnis, terutama saat masa pandemi COVID-19 ini. Banyak perusahaan yang berada di ujung tanduk bahkan bangkrut karena adanya pandemi ini.

Semenjak pandemi, hampir seluruh bidang usaha bergantung pada teknologi internet untuk tetap terhubung dan menjalani bisnisnya. Pengusaha sukses tidak akan ragu untuk membuat perubahan dan beradaptasi dengan teknologi. Misalnya, teknologi aplikasi kasir. Semua mereka lakukan demi kenyamanan dan kesehatan pelanggan serta pekerjanya.

9. Tegas

pebisnis yang memiliki toko online

Pengusaha sukses tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Ketika ada kebutuhan darurat saat pandemi, mereka akan langsung berpikir dan merencanakan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah. Kaakter pengusaha sukses lainnya ialah akan tahu apa saja yang perlu diselesaikan dan tidak ragu untuk mengambil keputusan demi keamanan pelanggan dan pekerjanya.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Mereka juga tidak akan melewatkan kesempatan dalam berbisnis dan akan selalu memanfaatkannya dengan baik tanpa menunda-nunda. Mereka selalu memanfaatkan waktu sehari-hari untuk benar-benar menyelesaikan apa saja yang perlu diselesaikan.

10. Tidak berhenti belajar

pebisnis harus meenrima feedback dari orang lain - mengevaluasi kinerja bisnis

Terakhi, karakter pengusaha sukses saat COVID-19 yang mesti Anda tiru adalah tidak cepat berpuas diri dan tidak mudah putus asa. Bagi mereka akan selalu ada hal yang belum mereka ketahui atau akan baru mereka temui. Pengusaha sukses belajar dari apapun yang sedang dan sudah mereka hadapi.

Baca juga: 5 Pelajaran Berharga soal COVID-19 yang Bantu Pebisnis Hadapi Krisis

Kegagalan yang mereka alami mereka anggap sebagai cara menuntut ilmu dan mengetahui betul hal-hal apa saja yang bisa mereka antisipasi untuk langkah selanjutnya. Mereka selalu belajar lebih jauh tentang bisnis, baik dalam bidangnya, situasi yang ada, maupun kompetisi yang sedang dihadapi. Mereka selalu lanjut mencoba dan tidak ragu untuk minta pendapat atau pertolongan dari orang lain.

Membangun pribadi jadi pebisnis yang lebih baik bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam waktu sekejap, apalagi di masa pandemi COVID-19 yang cukup menantang ini.

Baca juga: Wahai Para Pebisnis, Catat 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19 Ini

Namun satu-satunya cara saat ini adalah terus berusaha sebaik mungkin dan beradaptasi agar bisa bertahan dengan bisnis Anda. Semoga bahasan artikel ini dapat memotivasi diri Anda untuk tetap bertahan dan terus belajar mengembangkan bisnis Anda, ya.

Jangan lupa, Moka selalu hadir untuk mempermudah operasional bisnis Anda, apa pun keadaannya. Moka akan membantu Anda untuk membuat laporan penjualan secara otomatis, membantu mengelola daftar inventaris atau bahan baku yang dimiliki, membantu mengelola karyawan, hingga membuat loyalty program agar para pelanggan tetap setia pada bisnis Anda.

Ingin mencoba aplikasi kasir Moka POS selama 14 hari gratis?

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia