Business Insight

Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik

By Jordhi Farhansyah on September, 29 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik - Kalimat promosi adalah senjata utama untuk menarik minat calon pembeli. Kalimat-kalimat ini dipilih dan disusun sedemikian rupa untuk untuk memikat konsumen yang sudah Anda targetkan. Namun, untuk membuat sebuah media promosi menjadi lebih efektif tentu saja tak mudah. Bayangkan saja, kalimat promosi yang tepat akan mampu menggerakan siapa saja yang membaca atau mendengarnya, kemudian melakukan pembelian. Nah, inilah kekuatan kalimat promosi!

Dalam menyusun kalimat promosi, Anda dapat menggunakan kalimat yang singkat dan padat agar konsumen bisa langsung mengerti poin yang Anda sampaikan. Namun, Anda tidak hanya membutuhkan kedua hal itu saja. Kalimat yang unik, sesuai dengan tren yang sedang berkembang, dan merespon kondisi emosional masyarakat juga cukup efektif untuk menggerakan hati konsumen potensial. 

Sehingga tidak heran, sebelum membuat kalimat promosi, Anda harus menyesuaikan kalimat yang akan Anda buat dengan target audiens yang akan menerima pesan tersebut. Ingat, kondisi demografi maupun psikografi pasar sangatlah beragam, sehingga dibutuhkan gaya bahasa yang berbeda-beda untuk menyasar suatu target pasar tertentu.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kalimat promosi sudah seharusnya singkat dan padat. Kalimat yang terlalu panjang tidak akan dibaca seluruhnya oleh para audiens, karena audiens di era digital ini memiliki attention span yang lebih sedikit. Untuk itu, pastikan audiens sudah dapat memproses pesan yang Anda sampaikan dalam 3 hingga 5 detik pertama sejak melihat iklan produk Anda. 

Baca juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah


 

Beberapa hal penting yang harus ada dalam kalimat promosi Anda

membuat toko online 1 - Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula - kalimat promosi bisnis online

Sebelum membuat kalimat promosi untuk bisnis Anda, pastikan juga Anda sudah mengikutsertakan beberapa elemen penting di dalamnya, yaitu:

1. Berisi kalimat penawaran produk

Jika tujuan dari promosi Anda ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk, maka pastikan Anda sudah menyertakan kalimat berbunyi penawaran produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat yang menunjukan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli saat membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

2. Sampaikan keunggulan produk Anda

Unique Selling Point merupakan istilah pemasaran yang digunakan untuk menunjukan fitur yang membuat produk Anda unik dan menonjol dibandingkan produk lain di kelasnya. Hal inilah yang sebaiknya Anda jadikan fokus utama dalam memasarkan produk dan membuat sebuah promosi.

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula


Kalimat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi

memberikan rating bagus untuk bisnis - testimonial - Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula - kalimat promosi bisnis online

Kali ini, kami akan membahas beberapa kalimat efektif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan hasil usaha dalam promosi yang Anda jalankan. Simak ulasannya berikut ini!

1. Membuat kalimat ajakan

Dengan cara ini, Anda membuat kalimat ajakan secara langsung kepada pada konsumen maupun potential buyer. Kalimat untuk mendorong orang untuk lebih cepat dalam membeli barang yang Anda tawarkan juga boleh disisipkan. Salah satu contohnya adalah, “Ayo beli sekarang juga, jangan sampai kehabisan!”

2. Kalimat yang menyita perhatian

Kalimat yang menyita perhatian punya dua pendekatan. Pertama, jika berkaitan dengan sesuatu yang sedang banyak diperbincangkan atau sedang viral di media sosial. Untuk yang satu ini, Anda bisa menggunakan kalimat yang melibatkan isu-isu kekinian seperti “Makin hits di Instagram dengan gunakan X!” 

Selain itu Anda juga bisa membuat kalimat kombinasi antara huruf dan angka yang dapat menyita perhatian seperti “Buy 1 Get 1!” atau “But 1 Get 50% Off!” karena angka-angka pendek ini lebih cepat diproses oleh target audiens. Selain itu, simbol % dalam kalimat tersebut juga langsung memancing reaksi calon pembeli yang notabene selalu mencari produk dengan harga yang lebih murah. 

3. Memberikan tantangan pada konsumen

Konsumen akan merasa penasaran saat membaca kalimat yang bernada menantang. Kalimat seperti ini dapat menimbulkan efek FOMO atau fear of missing out karena takut tertinggal tren terkini, tidak ingin kehabisan produk yang ditawarkan, dan juga berharap mendapatkan harga termurah. Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat sebagai berikut, “Harga termurah! Buktikan sendiri!”, “Yakin nggak mau punya gelang kekinian seperti ini?” atau “Hanya sampai besok, jangan sampai kehabisan!”. Kalimat-kalimat ini menciptakan urgensi dalam benak pembaca, sehingga mereka lebih tergerak untuk membeli atau sekadar melihat-lihat produknya.

4. Menunjukan keunikan produk

Sebuah metode pemasaran yang banyak diaplikasikan oleh para pengiklan adalah dengan menonjolkan keunikan yang dimiliki produk. Dengan catatan, Anda sebaiknya tidak perlu melakukan komparasi atau perbandingan dengan produk kompetitor dalam promosi yang Anda buat. Hal ini dapat menjadi “promosi” tak berbayar bagi kompetitor dan konsumen Anda justru jadi penasaran dengan produk lainnya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan kalimat ini jika ingin menonjolkan keunikan produk, “Satu-satunya online shop yang kasih gratis ongkir!”

5. Memberikan petunjuk akan cara kerja yang baru

Anda punya produk atau jasa yang belum pernah ada sebelumnya? Selain mempromosikan dengan menggunakan keunikannya, Anda juga bisa mengenalkan cara kerja baru yang dapat mendorong konsumen mendapatkan hasil yang mereka inginkan saat mempromosikannya. Misalnya dengan menggunakan kalimat “Jika Anda menggunakan …, Anda akan ...”

6. Fokus dengan manfaat yang diberikan

Selanjutnya adalah dengan menitikberatkan pesan pada manfaat yang akan dirasakan pembeli dari produk Anda. Untuk yang satu ini Anda bisa menggunakan beberapa kalimat berikut ini, “Barang 2x lebih cepat sampai!”, “Membersihkan 5x lebih cepat!” atau “Kerja produktif 200% dengan menggunakan ....” 

7. Kalimat yang menunjukan kontradiktif antara hal yang umum dan yang Anda tawarkan

Keberadaan produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan dapat menjadi sebuah solusi yang dapat Anda tawarkan untuk permasalahan yang ada di masyarakat. Untuk itu, dengan memunculkan pesan tentang nilai umum yang ada di masyarakat dan menghadirkan bisnis Anda sebagai solusi permasalahannya dapat menjadi salah satu pendekatan yang dapat Anda coba. “Walau produknya kecil, manfaatnya besar!”


Nah, itu tadi beberapa kalimat yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Perlu Anda ketahui, sebuah kalimat promosi memang boleh terkesan hiperbola atau melebih-lebihkan, namun perlu diperhatikan juga untuk tetap mengedepankan fakta dan jangan sampai klaim yang Anda sampaikan tidak benar. Karena jika info yang Anda sampaikan ketahuan tidak valid, konsumen potensial akan kehilangan minat dan konsumen loyal jadi enggan untuk membeli lagi. Jadi, pastikan Anda selalu memberikan informasi yang benar ya!

Jika Anda sudah memaksimalkan promosi dengan kalimat-kalimat efektif untuk menarik pelanggan, kini saatnya Anda mengoptimalkan sistem transaksi bisnis Anda dengan menggunakan Moka. Moka memiliki sistem POS berbasis mobile untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Tidak hanya itu, Moka juga akan menyediakan perangkat lengkap untuk Anda sehingga bisnis dapat berjalan dengan optimal. 

Bersama Moka, karyawan Anda dapat dengan mudah mempelajari semua fiturnya karena Moka memiliki tampilan yang sederhana. Selain itu operasional juga berjalan 2x lebih cepat dan efisien. Bahkan dengan Moka Anda dapat mengawasi stok barang, efektivitas bisnis lewat laporan keuangan, hingga mengatur pesanan meja pelanggan untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang kuliner. Efektif bukan? Pastikan Anda mencapai puncak kesuksesan dengan Moka ya!Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia