Business Insight

Jurnal Keuangan Bagi UMKM: Apakah Hal yang Penting?

By Michelle on December, 18 2020

Jurnal Keuangan bagi UMKM: Apakah Hal yang Penting? - Banyak pengusaha kuliner yang mulai bermunculan untuk mengambil peluang. Selain karena jangka waktu pengembalian modal yang cukup cepat, bisnis kuliner juga memiliki target pasar yang cukup luas.

Ditambah dengan adanya kemudahan akses dan internet saat ini, bisnis kuliner semakin memiliki nilai yang tinggi. Tidak jarang banyak milenial atau fresh graduate yang membuka usaha kuliner sebagai salah satu sumber pemasukan mereka, terutama pada tahun 2020.

Ya, 2020 memang bukan merupakan tahun yang mudah bagi semua orang, terutama bagi para pelaku bisnis. Jika sebelumnya pelaku bisnis belum 100% “melek” akan pentingnya manajemen keuangan serta akuntansi, jangan heran bila Anda mengalami guncangan dan tak dapat melewati masa krisis dengan penuh persiapan.

Baca juga: 5 Alasan Jurnal Akuntansi Keuangan Penting Bagi Bisnis Anda

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari hal ini terjadi agar tiap usaha siap menghadapi tantangan di masa depan? Strategi yang perlu dilakukan untuk bertahan adalah dengan menggunakan software catatan keuangan untuk membantu mengelola keuangan perusahaan. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini! 


4 Dampak Tidak Memiliki Jurnal Keuangan Bagi Usaha

Cara Membuat Jurnal Umum dalam Akuntansi - jurnal keuangan

1. Usaha stagnan

Semua pemilik bisnis pasti menginginkan usaha mereka berkembang. Maka, pastikan Anda memiliki jurnal keuangan yang baik. Apabila tidak, Anda tidak dapat mengelola keuangan usaha dengan maksimal dan Anda juga akan kesulitan mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan seperti bank karena tidak adanya laporan keuangan yang jelas dan rinci. 

2. Manajemen aset tidak jelas

Coba bayangkan, Anda memiliki sebuah rumah, tetapi Anda tidak mengerti barang atau peralatan apa saja yang telah dimiliki.

Pastinya Anda akan kembali membeli perabotan yang Anda kira dibutuhkan, kan? Hal ini sama dengan memiliki sebuah bisnis tanpa memiliki manajemen aset yang rinci. Besar kemungkinannya untuk memiliki aset usaha secara ganda, tanpa mengetahui level of urgency, aset yang dimiliki, dan pastinya membuang percuma anggaran bisnis Anda. 

3. Tidak ada informasi mengenai status bisnis

Tanpa jurnal keuangan yang baik, maka cepat atau lambat bisnis Anda akan mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan tidak adanya sistem keuangan yang jelas yang dapat menjadi acuan apakah usaha mengalami keuntungan atau sudah cenderung mengalami kerugian. 

3. Tinggi risiko kecurangan

Untuk menjaga data sensitif usaha, seperti jumlah omzet, pendapatan bersih, serta status perusahaan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang, pastinya dibutuhkan sistem akuntansi yang baik.

Dengan demikian, kesalahan atau kegagalan dalam sistem keuangan usaha, dapat berakibat pada penyalahgunaan data sensitif usaha oleh pihak yang tidak berwenang untuk dibagikan kepada kompetitor atau bahkan publik.


Apa yang Dapat Dilakukan Pemilik Usaha?

modal bisnis - tips mengembangkan umkm - dana darurat - akuntansi - jurnal akuntansi

1. Tentukan budget pengeluaran

Dengan adanya jurnal keuangan yang jelas, Anda bisa menentukan besaran budget yang sanggup dikeluarkan oleh usaha Anda. Pastinya hal ini tergantung dari besaran omzet yang didapatkan usaha, yaitu makin besar omzet yang Anda dapatkan, maka biasanya makin besar juga budget yang sanggup dikeluarkan untuk membeli aset inventaris. 

2. Monitor pengeluaran bisnis

Dengan adanya jurnal keuangan yang terperinci secara jelas, Anda dapat mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang dihabiskan dari anggaran usaha, serta mempermudah pemantauan sisa anggaran agar tidak melebihi yang telah ditetapkan, 

Baca juga: Cara Membuat Jurnal Umum dalam Akuntansi

3. Monitor dan kalkulasi inventaris secara rinci dan mudah

Bayangkan jika Anda tidak memiliki dokumentasi/jurnal yang jelas mengenai aset inventaris perusahaan sehingga Anda membuang pengeluaran yang seharusnya bisa Anda hemat. Menyeramkan, bukan?

Tenang saja, hal itu tidak akan terjadi jika bisnis Anda memiliki jurnal keuangan yang jelas sebab aset inventaris usaha dapat terdokumentasi dan pengeluaran pun bisa dihemat berdasarkan level prioritas penggunaan inventarisnya juga!

4. Memudahkan pembuatan dan perealisasian business plan

Salah satu poin penting dalam business plan ialah soal keuangan. Dengan adanya jurnal keuangan yang lengkap dan rinci, tentu akan mudah bagi Anda untuk merancang rencana usaha sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki demi mencapai tujuan yang diharapkan.

5. Lakukan evaluasi dan inovasi bisnis dari laporan keuangan usaha

Untuk menjadi yang terdepan dalam lini usaha memang tidaklah mudah. Anda wajib melakukan inovasi dan evaluasi performa usaha Anda secara berkala. Caranya mudah, Anda bisa melihat rincian riwayat transaksi bisnis dari laporan keuangan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran di periode tertentu. Dengan demikian, Anda dapat menyusun strategi selanjutnya untuk meningkatkan pemasukan dan memangkas pengeluaran yang tak perlu.


Cara Memiliki Sistem Jurnal Keuangan yang Jelas

laporan akuntansi  dalam suatu bisnis - jurnal keuangan

Ingin menikmati semua benefit yang telah disampaikan pada poin sebelumnya? Jangan khawatir, kini Anda bisa menggunakan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal untuk mendapatkan sistem akuntansi keuangan usaha yang jelas dan terperinci. 

Bersama Jurnal, Anda bisa mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan hemat karena Jurnal telah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pencatatan faktur pembelian dan pembayaran. 

Baca juga: 9 Cara Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Jurnal:

  1. Gartis 14 hari masa trial
  2. Dapatkan diskon 30% untuk minimal 6 bulan langganan
  3. Gratis 30 hari pemakaian
  4. Dapatkan 2x training gratis

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Jurnal siap mempermudahkan sistem pengelolaan keuangan bisnis Anda karena Anda bisa mendapatkan laporan keuangan yang tercatat secara otomatis dan dapat diakses secara langsung di Backoffice Moka tanpa perlu memindahkan catatan secara manual!

Segera hubungi Customer Support Moka di 1500970 atau kirimkan email melalui connect@mokapos.com untuk nikmati berbagai keuntungan di atas bersama Jurnal! Semoga manajemen keuangan Anda menjadi lebih rapi sehingga usaha Anda dapat lebih #MajuDenganPasti!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia