Business Insight

Tak Banyak Tahu! Ini Rahasia Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

By Samina Sharanani on November, 15 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Membuka bisnis online itu tidak sesulit yang Anda kira. Ada banyak peluang yang bisa kita raih dengan terbukanya banyak inovasi. Anda pun bisa jualan online tanpa modal dan stok barang. Anda bisa meraih keuntungan tanpa kesulitan untuk memulai berjualan.

Walaupun menjadi lebih mudah, tentu berbisnis bukanlah hal yang dapat langsung dilakukan tanpa pikir panjang terlebih dahulu. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti apa produk yang akan dijual, modal, di mana Anda akan mengoperasikan bisnis Anda, dan masih banyak lagi. 

Namun, jika Anda sudah bertekad untuk memulai suatu bisnis walau belum mempunyai modal atau stok barang, jangan khawatir. Anda tetap bisa memulai bisnis secara online dengan menggunakan semua sumber daya yang ditawarkan oleh teknologi pada era digital sekarang ini. Bagaimana caranya? Simak terus artikel ini hingga akhir. 

Baca juga: Mudah! Cara Membuat Surat Izin Usaha Online


 

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Jualan online tanpa modal dan stok barang 4

Ada lima cara yang perlu Anda lakukan untuk bisa sukses jualan online tanpa modal dan stok barang. Cara tersebut meliputi persiapan, dan pelaksanaan usaha. Satu hal penting yang Anda butuhkan adalah koneksi internet serta gadget untuk bekerja. Simak baik-baik 5 tahap  ini: 

 

1. Pastikan produk apa yang akan dijual terlebih dahulu

Jadi, sebelum Anda mulai, pastikan terlebih dahulu apa saja produk yang akan Anda jual. Anda bisa memulai dengan produk yang Anda suka dan kuasai dengan baik sehingga Anda bisa mengetahui seluk-beluknya saat konsumen bertanya nanti. 

Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui produk seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa riset melalui media sosial, bertanya kepada kerabat Anda, atau melihat langsung barang-barang yang sedang banyak dijual di e-commerce.


2. Buat akun media sosial 

Berkat media sosial, Anda bisa jualan online tanpa modal dan stok barang. Anda juga tak harus menyewa atau membeli tempat untuk memasarkan produk Anda. Dengan membuat akun media sosial untuk bisnis Anda, Anda sudah mantap menjadi pemilik toko.

Jangan lupa untuk cantumkan seluruh informasi yang dapat membantu pelanggan Anda untuk melakukan transaksi seperti cara untuk memesan produk, nomor telepon, dan lain-lain. 

Rencanakan juga konten yang Anda ingin tampilkan di media sosial. Buatlah konten-konten yang tak hanya bersifat promosional, tetapi juga kreatif dan interaktif agar audiens suka dengan akun Anda.


3. Cari supplier dan terapkan sistem dropship 

Jualan online tanpa modal dan stok barang 3

Di luar sana ada banyak sekali pedagang dengan skala besar yang siap melayani permintaan menjadi reseller produk-produk mereka dengan sistem dropship. Dengan begitu, Anda tidak perlu modal uang. 

Sistem dropship memungkinkan Anda menerima pesanan dari pembeli walau Anda tidak memiliki produknya. Jadi, ketika pesanan masuk, Anda akan meminta rekan supplier Anda untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli toko Anda. Supplier Anda pun akan mengirimkan produk tersebut atas nama toko Anda. 

Sistem dropship inilah kunci jualan online tanpa modal dan stok barang. 

Baca juga: BMC adalah Business Model Canvas, Apakah Itu?


4. Unggah produk secara konsisten

Jika Anda ingin bisnis Anda untung, tentu pelanggan Anda harus yakin bahwa Anda juga serius dalam menjalankan bisnis. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan secara konsisten mengunggah produk yang Anda tawarkan di media sosial atau toko online lainnya. Selain produk Anda, mengunggah testimoni dari pembeli juga dapat membantu bisnis Anda terlihat semakin kredibel, lho.


5.  Buat promo untuk menarik pelanggan

Walau awalnya tidak memiliki modal banyak, dengan bantuan pelanggan setia hal tersebut pasti akan berubah dalam waktu yang singkat. Buatlah promo untuk produk-produk awal Anda untuk memikat hati pelanggan. Seperti contohnya, “Ajak 5 teman Anda untuk follow akun kami dan dapatkan diskon 5% semua item!”


6. Gunakan koneksi Anda 

Jualan online tanpa modal dan stok barang 2

Selain melakukan promo seperti poin di atas, Anda juga dapat menggunakan kekuatan relasi dan kerabat Anda untuk memasarkan produk Anda. Karena tidak memiliki modal  yang banyak, tentu Anda tidak memiliki biaya untuk mengiklankan produk Anda di platform berbayar. 

Untungnya, dengan bantuan media sosial, mereka yang Anda ajak untuk mempromosikan produk Anda bisa melakukannya tanpa melakukan sesuatu yang rumit. Cukup dengan menggunakan fitur repost, share, atau bahkan retweet, bisnis online Anda dapat menjangkau audiens yang luas. 

Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual Produk, Praktikkan Yuk!


Itu dia beberapa cara untuk Anda mulai melakukan jualan online tanpa modal dan stok barang. Nah, walau memang lebih mudah membuat bisnis secara online, tentu Anda tetap membutuhkan banyak bantuan agar usaha Anda sukses dalam waktu singkat. Tenang saja, Moka akan terus hadir untuk membantu bisnis Anda.

Dengan bantuan platform terbaru dari Gojek, GoStore, Anda dapat menggunakan sejumlah fitur yang dapat mendongkrak perkembangan bisnis Anda ke arah yang tepat. Saat menggunakan GoStore, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda dari satu platform ke Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping. 

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia