Business Insight

11 Tips Jualan di Forum Jual Beli Agar Semakin Laris

By Samina Sharanani on November, 22 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Tempat berjualan di dunia digital itu tak hanya media sosial dan e-commerce saja. Anda juga bisa membuka peluang bisnis dengan jualan di forum jual beli. Berbeda dengan e-commerce, forum jual beli isi utamanya adalah diskusi sesama anggota tentang suatu topik di bidang tertentu. 

Dalam obrolan di forum tersebut, sering kali membahas tentang suatu produk atau jasa tertentu. Beberapa anggota kerap merekomendasikan suatu produk yang menurut dia berkualitas, lalu anggota lainnya pun terdorong untuk membeli. Di situlah peluang untuk jualan di forum jual beli muncul. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan penjualan. 

Forum jual beli yang dimaksud contohnya adalah grup hobi di Facebook atau forum di website komunitas seperti Kaskus. 

Namun, sekarang ini sudah banyak pula pelaku usaha yang memanfaatkan forum untuk memaksimalkan penjualan. Karena itu, jika Anda ingin melakukannya, Anda perlu menyusun strategi dengan baik dan menarik. 

Baca juga: 8 Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

11 Tips Jualan di Forum Jual Beli 

jualan di forum jual beli 4

Berikut ini 11 tips yang Anda bisa ikuti agar bisa sukses jualan di forum jual beli. Tips meliputi masa persiapan Anda sebelum memulai, hingga saat Anda mulai gencar mempromosikan produk Anda di forum yang Anda pilih. 

1. Pilih forum jual beli paling cocok dengan bisnis Anda

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memilih forum jual beli terlebih dahulu. Pelajari cara dan hal-hal detail lainnya supaya Anda bisa berjualan di forum tersebut dengan lancar. 

Pastikan juga kategori forum tersebut cocok dengan produk usaha Anda. Misalnya, jika Anda ingin berjualan spare part motor, pilihlah forum yang membahas otomotif. 

2. Buat nama toko yang menarik 

Anda bisa menggunakan nama yang sama dengan toko online Anda di media sosial maupun di e-commerce. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda. 

Namun, Anda juga bisa mencoba menggunakan nama asli Anda sebagai pemilik usaha. Pilihan ini membuat anggota lain lebih mudah merasa akrab dengan Anda. 

3. Pahami bahasan dan tren di forum

Jika Anda ingin meningkatkan hasil jualan di forum jual beli, Anda perlu memahami tren yang sedang jadi bahasan di forum. Dengan begitu, Anda bisa menjual barang yang terkait dengan tersebut tersebut. 

Misalnya, saat forum sedang ramai membahas tentang dampak musim hujan pada berkendaraan, maka Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan berjualan jas hujan atau barang otomotif lainnya yang terkait dengan hujan. 

4. Gunakan gaya bahasa yang digunakan anggota forum 

Setiap forum pasti memiliki kekhasan sendiri dalam berinteraksi. Tak jarang pula ada forum yang sudah memiliki bahasa atau gaya berinteraksinya sendiri. 

Anda bisa melihat hal tersebut sebagai peluang. Gunakan bahasa forum dalam mempromosikan produk Anda. Dengan begitu, anggota lain lebih merasa dekat dengan brand Anda. Produk Anda pun lebih laris. 

5. Cantumkan informasi yang lengkap dan mudah dimengerti 'jualan di forum jual beli 3

Jangan mempersulit calon pembeli Anda dengan penjelasan yang berbelit-belit dan kurang familiar. Pilih bahasa yang gampang dan mudah dimengerti sehingga mereka akan dengan mudah memahami produk yang Anda jual. 

Baca juga: Cara Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

6. Upload foto yang menarik 

Ketika berjualan online, calon pembeli tidak bisa melihat barang yang Anda tawarkan secara langsung. Mereka mengandalkan gambar atau foto yang Anda upload. Oleh sebab itu, foto yang Anda upload berperan sangat penting untuk membangun kepercayaan calon pembeli. Pilih foto yang menarik dan jelas sehingga calon pembeli percaya dengan produk yang Anda tawarkan. 

7. Tetapkan harga yang bersaing

jualan di forum jual beli 1

Seperti yang dijelaskan di atas, memahami pangsa pasar sangatlah penting. Begitu juga mengenali kompetitor Anda. Dengan memahami kompetitor, Anda bisa mengetahui harga yang bersaing dan tepat untuk produk Anda.

8. Berikan respon dan pelayanan yang baik 

Memberikan respon kepada calon pembeli sangatlah penting. Apabila ada yang bertanya mengenai harga atau detail produk dari barang Anda, sebisa mungkin Anda harus merespon dengan cepat dan tepat. Pelayanan yang baik juga merupakan kunci kesuksesan dari sebuah bisnis. 

9. Berikan pilihan jasa kurir atau ekspedisi yang bervariasi 

Dengan memberikan macam-macam pilihan jasa kurir atau jasa ekspedisi, calon pelanggan akan merasa lebih nyaman. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini bisa membantu menarik calon pembeli. Dengan memberikan berbagai macam pilihan jasa ekspedisi, calon pembeli akan merasa lebih dimudahkan. 

10. Manfaatkan fitur ads atau iklan

Jualan di forum jual beli akan semakin meningkat jika Anda menggunakan fitur ads atau iklan yang disediakan. Produk Anda akan semakin sering dilihat, calon pembeli pun akan semakin banyak berdatangan. Penjualan melalui iklan dapat melengkapi penjualan yang Anda dapat melalui cara organik. 

11. Promosikan melalui platform lain 

Walau Anda gencar jualan di forum jual beli, pastikan juga Anda mempromosikan keberadaan Anda di forum tersebut. Beritahu followers media sosial Anda. Bukan tidak mungkin, ada followers yang tertarik untuk gabung di forum tersebut dan membeli produk Anda. 

Baca juga: Inspirasi Kata-Kata Jualan Online di Facebook, Ampuh! 

Jika Anda sudah aktif di forum jual beli dan media sosial, Anda juga bisa mempertimbangkan membuat website khusus sehingga anggota forum bisa mengunjunginya saat butuh produk atau jasa Anda. Untuk itu, Anda perlu juga mengetahui cara membuat toko online.

Itu tadi adalah cara membuka toko online di forum jual beli online. Selain cara-cara di atas, supaya bisnis online Anda semakin lancar, Anda juga bisa mengandalkan Moka POS. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia