Business Insight

15 Jenis Usaha Online yang Paling Menjanjikan

By Jordhi Farhansyah on March, 1 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

15 Jenis Usaha Online yang Paling Menjanjikan - Banyak orang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri, tapi mungkin banyak dari mereka hanya memikirkannya dan tidak mewujudkannya. Mulai dari bingung untuk membuka bisnis apa, sampai bingung dengan mengumpulkan modal yang cukup besar.

Pada masa sekarang ini, mempunyai usaha tidaklah terlalu sulit. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan bisnis apa yang cocok dengan Anda. Setelah itu, buatlah perencanaan yang matang agar bisnis Anda tetap berkembang seterusnya. Bisnis yang cocok dengan Anda ditambah perencanaan yang tepat akan membawa bisnis berkembang dengan lebih cepat.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 15 jenis usaha online paling menjanjikan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari ide usaha. Tentunya, dengan modal yang tidak terlalu besar dan beberapa bisa dikerjakan dari rumah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

15 Jenis Usaha Online yang Paling Menjanjikan

1. Usaha minuman herbal

Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 - jamu - kunyit

Mungkin beberapa dari Anda bingung, apakah bisnis minuman masih menguntungkan atau tidak? Tentu saja di saat seperti ini orang-orang sedang mencari cara untuk menjaga imunitasnya agar bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan tenang.

Banyak orang sudah mulai menghindari immune-booster berupa obat-obatan karena takut memiliki efek samping ke depannya. Maka dari itu, banyak orang sudah beralih ke herbal. 

Minuman herbal yang aman untuk tubuh dan mudah untuk dikonsumsi tentunya dapat menjadi nilai jual yang tinggi. Jangan lupakan packaging yang menarik agar brand Anda dapat cepat dikenal oleh masyarakat luas. Bisnis ini tentu saja dapat dilakukan dari rumah dan penjualannya bisa melalui e-commerce atau bahkan media sosial yang ada.

2. Usaha foto makanan atau minuman

inspirasi foto makanan yang enak - mie

Semakin banyaknya usaha makanan yang menjamur, semakin terbuka lebar pula peluang usaha berkaitan yang dapat Anda lakukan, termasuk usaha fotografi.

Tidak perlu mempunyai studio foto besar untuk melakukannya, Anda bisa melakukannya dari rumah sendiri dengan berbagai peralatan terjangkau. Untuk melakukan foto makanan dan minuman, Anda pun bisa memanfaatkan cahaya alami dari matahari untuk menciptakan hasil yang lebih baik.

Apabila bingung dalam mencari ide, sekarang sudah banyak tutorialnya di YouTube dan Anda pasti bisa mengaplikasikannya dengan mudah. Apabila tidak memiliki kamera, Anda bisa juga menggunakan kamera smartphone. Dalam usaha fotografi, kreativitas dan skill-lah yang wajib Anda utamakan! Jika Anda adalah pemula dalam jenis usaha ini, download E-book Fotografi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online, yuk!

Ya, dengan modal yang sedikit, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Jangan lupa, upload hasil foto Anda di media sosial secara berkala untuk menarik pelanggan baru.

3. Usaha perlengkapan bayi

menjual pakaian bayi - jenis usaha online paling menjanjikan

Ini dia salah satu jenis usaha online yang cukup menjanjikan. Dengan naiknya jumlah kehamilan dan kelahiran selama pandemi tentu saja usaha perlengkapan bayi akan semakin menjanjikan. Produk yang dijual bisa mulai dari popok, susu, mainan, hingga baju bayi. 

Anda bisa memulai dari menjadi reseller dari sebuah produk dan menjualnya melalui e-commerce. Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar apabila menjadi reseller atau dropshipper. Bahkan, Anda bisa tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali karena hanya mengandalkan keandalan Anda dalam memasarkan produk.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

4. Usaha desain greeting card

desain grafis

Pada masa sekarang, usaha desain greeting card bisa dilirik kembali karena meningkatnya pengiriman hampers, yang tentu saja dibarengi dengan greeting card. Jenis usaha ini jelas bisa Anda lakukan dari rumah.

Untuk menjual jasa desain, Anda bisa menjualnya via media sosial atau e-commerce yang sudah ada. Untuk menjalani bisnis ini, apa saja yang perlu Anda persiapkan. Ya, mulai dari laptop atau alat untuk mendesain, printer (jika kartu ucapannya dicetak), serta kertas untuk mencetak kartu.

5. Usaha hampers

memgirim hampers - Peluang Usaha Sampingan Karyawan - jenis usaha online paling menjanjikan

Mengirimkan hampers kepada orang yang spesial adalah sebuah kebiasaan baru yang kini intensitasnya menjadi semakin sering. Hampir di berbagai momen spesial, orang-orang mengirimkan hampers, misalnya saat Lebaran, Natal, ulang tahun, perayaan hari jadi, kelahiran anak, dan momen spesial lainnya.

Jenis usaha yang satu ini cukup potensial dan bisa jadi membawa keuntungan bagi Anda!

6. Usaha potong rambut online

potong rambut - salon - barbershop

Mungkin Anda bingung, mengapa usaha potong rambut? Saat ini orang sedang mengurangi intensitas keluar rumah sehingga usaha potong rambut yang bisa datang ke rumah akan sangat menggiurkan. Anda dapat menawarkan usaha Anda melalui media sosial dan e-commerce yang ada tentang jasa yang Anda tawarkan.

Tentu saja, dengan protokol kesehatan yang ketat, hal itu akan menambah rasa percaya dari para calon pelanggan Anda. Modal yang Anda perlukan untuk menjalani usaha ini pun tidak sebesar jika Anda menyewa tempat khusus untuk dijadikan tempat potong rambut.

Anda bisa memulainya secara perseorangan. Jika banyak diminati, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis salon atau barbershop Anda sendiri bukan?

7. Usaha penyewaan peralatan ibu menyusui

perlengkapan bayi

Usaha ini memang modalnya tidak kecil, tetapi Anda hanya perlu modal itu di awal waktu saja. Selanjutnya, Anda tinggal merawat alat-alat yang akan disewakan. A

lat yang bisa disewakan adalah alat pumping ASI dan alat sterilisasi botol. Dikarenakan harga yang cukup tinggi dengan masa pakai yang terbatas, beberapa ibu muda memilih untuk menyewa saja. Apabila modal sudah besar Anda bisa melebarkan usaha sewa alat bayinya juga. Usaha ini bisa dilakukan secara online dan semua dapat dilakukan dari rumah.

8. Usaha sayur online

memesan atau membeli sayuran segar lewat online delivery (2)

Sejak pandemi, kebiasaan berbelanja masyarakat pun ikut bergeser, salah satunya adalah masyarakat lebih senang berbelanja secara online, termasuk berbelanja kebutuhan bulanan seperti sayur.

Apabila Anda tertarik dengan jenis usaha online yang satu ini, Anda bisa mencoba untuk mulai berjualan ke orang-0rang terdekat, seperti tetangga Anda. Sebelum mulai berjualan, Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan mengenai sayuran apa yang biasanya sering dibeli tetangga Anda. Jangan lupa untuk riset pasar dari cari supplier sayur yang hendak Anda jual.

Langkah selanjutnya, promosikan usaha sayur Anda secara online, misalnya menggunakan WhatsApp atau media sosial untuk berjualan, agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik

9. Usaha frozen food

frozen food - makanan beku siap saji - chicken nugget

Kebutuhan untuk memasak dengan cepat dan mudah menjadi permintaan banyak pelanggan belakangan ini. Ya, frozen food pun banyak diburu karena selain bisa dimasak dengan mudah, makanan beku ini bisa disimpan dalam waktu lama. Pelanggan yang ingin menyetok makanan pun biasanya lebih memilih untuk membeli makanan beku saja.

Frozen food sendiri tampaknya menjadi salah satu jenis usaha yang semakin naik daun. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu untuk menghindari modal besar di awal. Semuanya bisa Anda lakukan secara online dan dari rumah tentunya. 

10. Usaha jasa live streaming

kamera - foto - videografi - aplikasi edit video terbaik

Anda memiliki keahlian di bidang teknologi? Jasa yang satu ini rupanya banyak dicari. Biasanya, jasa ini digunakan oleh mereka yang hendak mengadakan berbagai acara secara online, mulai dari pernikahan, seminar, festival, press conference, hingga peluncuran suatu produk baru.

Jenis usaha yang menjanjikan ini memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda bisa mengajak rekan-rekan yang lain untuk memulai usaha ini.

11. Usaha homewear

fashion designer - desain pakaian - toko baju - pengusaha (1)

Anda pasti sadar bahwa kini masyarakat sudah mulai terbiasa untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. Meski di rumah saja, mereka juga ingin tetap tampil rapi dan modis. Nah, siapa tahu usaha homewear cocok untuk Anda!

Untuk memulai jenis usaha ini, Anda bisa menjualnya lewat media sosial, seperti Instagram dan Facebook, juga di berbagai e-commerce. Anda juga bisa menjual homewear Anda melalui GoStore, platform terbaru dari Gojek melalui Moka yang dapat membantu Anda untuk membuka toko online pribadi dengan cepat dan mudah, dan dapat dihubungkan ke Facebook Shop serta Instagram Shopping. Cari tahu soal GoStore di sini.

12. Usaha les privat online

pebisnis video call - 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19

Pergeseran kebiasaan masyarakat nyatanya juga terjadi di dunia pendidikan. Biasanya, les privat dilakukan secara tatap muka alias secara langsung. Namun, mengapa tidak mencoba untuk menyediakan les privat secara online? Modal yang dibutuhkan adalah jaringan internet yang  baik, Wi-Fi atau kuota internet, laptop, juga aplikasi video conference

13. Usaha cuci mobil di rumah

pencucian motor atau mobil - bisnis rumahan modal kecil - carwash - 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Usaha cuci mobil memang sudah sangat banyak, tetapi untuk cuci mobil yang datang ke rumah mungkin jumlahnya masih terbatas. Anda dapat langsung mendatangi pelanggan Anda dan pelanggan Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencucikan mobilnya.

Memang, sebenarnya pelanggan bisa mencuci mobil mereka sendiri. Namun, apabila mobil dicucikan oleh orang yang profesional, maka hasilnya tentu lebih bersih. 

Anda juga dapat menawarkan treatment lainnya seperti sterilisasi mobil agar mobil pelanggan Anda bebas dari virus dan kuman. Hal itu akan menjadi nilai lebih dari jasa cuci mobil yang akan Anda tawarkan. Tertarik untuk mencoba jenis usaha ini?

14. Usaha jual tanaman hias

menjual tanaman

Tanaman hias nyatanya juga banyak digandrungi oleh pelanggan. Nah, untuk memperlebar peluang Anda di usaha ini, Anda juga dapat menjual perlengkapan untuk memelihara tanaman, juga menawarkan tips and trik merawat tanaman dengan baik.

Banyak orang hanya membeli tanamanan tanpa bisa merawatnya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan tambahan. Tentu saja usaha ini dapat dilakukan secara online, lho! 

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

15. Usaha jasa yoga online

olahraga - workout - wellness tracker 4

Menjaga kesehatan menjadi salah satu prioritas utama masyarakat saat ini. Ketika tidak bisa berolahraga dengan bebas di luar rumah, menonton video workout tutorial jadi salah satu alternatif untuk tetap bugar.

Nah, bagi Anda yang menyenangi dunia olahraga, termasuk yoga, mengapa tidak membuka kelas online Anda sendiri? Anda bisa mengadakan sesi secara langsung, atau bisa juga membuat video untuk dapat ditonton pelanggan kapan saja. Menarik, bukan?

Nah, itulah dia 15 jenis usaha online yang cukup menjanjikan di tahun ini. Usaha-usaha di atas dapat Anda jalani secara penuh waktu ataupun paruh waktu. Apabila usaha Anda semakin besar nantinya, Anda pasti tidak ingin dipusingkan soal pencatatan penjualan, pengaturan karyawan, atau bahkan pengaturan pelanggan bukan?

Untuk itulah Moka sebagai penyedia aplikasi kasir canggih di Indonesia hadir untuk menyukseskan usaha yang Anda rintis. Moka adalah solusi berbasis cloud untuk bisnis di berbagai bidang. Moka siap membantu Anda untuk berjualan offline ataupun online, kapan pun dan di mana pun.

Saat ini Moka memiliki beragam fitur dan layanan yang bisa membantu para pebisnis. Mulai dari fitur Point of Sales (POS), loyalty program, CRM Pro, Inventory Stock, permodalan, dan masih banyak lagi. Semua fitur ini bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja berkat user interface yang intuitif.

Mungkin, Anda berpikir bahwa di masa-masa awal merintis usaha, Anda belum membutuhkan teknologi ini karena merasa bisa mengurus semua-muanya sendiri. Namun, bayangkan jika semua kemudahan ini bisa didapatkan sejak awal, tentu Anda bisa lebih fokus untuk meningkatkan performa usaha lebih jauh, tanpa harus pusing dengan hal-hal yang  bisa diurus Moka.

Tertarik untuk mencoba Moka secara GRATIS selama 14 hari? Caranya sangat mudah, Anda cukup klik banner di bawah ini.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia