Moka Logo
8 Jenis Perkerjaan di Restoran, Pengusaha F&B Wajib Tahu

Tips Bisnis

8 Jenis Perkerjaan di Restoran, Pengusaha F&B Wajib Tahu

3 min
JordhiJordhi

Ketika Anda baru memulai usaha F&B atau restoran, salah satu yang perlu dipersiapkan adalah sumber daya manusia. Namun apakah Anda tahu jenis pekerjaan di restoran?

Melalui artikel ini, Anda akan dijelaskan jenis-jenis pekerjaan apa saja yang secara umum terlibat dalam industri F&B terutama restoran.


8 Jenis Pekerjaan di Restoran

Dalam industri F&B khususnya restoran, ada dua bagian pekerjaan yang perlu Anda perhatikan yaitu Back of House dan Front of House.

Back of House adalah bagian pekerjaan yang tidak bersentuhan langsung dengan konsumen misalnya koki. Sedangkan Front of House sebaliknya seperti waiter atau host.

Back of House memastikan makanan dibuat sesuai dengan pesanan, sedangkan Front of House memastikan konsumen puas atas segala pelayanan termasuk makanan yang dipesan.

Lantas, apa saja jenis pekerjaan yang umum ada di restoran?

1. Manajer restoran

Jenis pekerjaan di restoran 3

Jenis pekerjaan di restoran yang pertama adalah manajer restoran. Manajer restoran memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran aktivitas operasional restoran baik pada bagian front of house maupun back of house.

Seorang manajer restoran bertanggung jawab atas alur kerja restoran seperti alur pemesanan, floor plan, penyediaan inventaris, hingga penjadwalan karyawan.

Bukan hanya itu, manajer restoran juga bertanggung jawab dalam memilih menu, promosi, bahkan konsep restoran.

Namun, pada beberapa kasus, manajer restoran dibagi menjadi manajer umum dan manajer dapur untuk pekerjaan yang lebih spesifik.

Misal, manajer dapur bertanggung jawab untuk membeli dan memeriksa stok bahan baku serta memastikan semua produksi makanan berjalan sesuai standar.

Baca juga: Point of Sale untuk Restoran, Mengapa Penting untuk Dimiliki?

2. Pelayan (waiter/waitress)

Jenis pekerjaan di restoran ini adalah garda terdepan dari sebuah restoran. Seorang pelayan bertanggung jawab untuk mengantar dan menerima langsung pesanan konsumen.

Seorang pelayan wajib memiliki dasar keramahtamahan (hospitality) dan pengetahuan produk dengan baik, serta memastikan bahwa konsumen mendapatkan pelayanan terbaiknya.

Seorang pelayan juga bertanggung jawab memastikan meja yang dipesan konsumen tersedia dan bersih dari sisa-sisa makanan konsumen sebelumnya.

3. Cleaning service atau busser

Meski pekerjaan bersih-bersih sering dilakukan oleh waiter, Anda tetap memerlukan seorang cleaning service atau busser.

Tidak bisa dipungkiri, restoran Anda mungkin akan menemui waktu sibuknya sehingga pekerjaan bersih-bersih tidak bisa ditangani oleh waiter.

Di sinilah tugas seorang busser atau tukang bersih-bersih. Memastikan bahwa semua sampah di area makan termasuk meja dan lantai telah dibersihkan.

Hal yang tidak kalah penting adalah kebersihan toilet dan fasilitas umum lainnya seperti tempat ibadah.Meski tidak bersentuhan langsung, kebersihan toilet dan fasilitas lain merupakan bagian dari pelayanan kepada konsumen.

Baca juga: 10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

4. Host atau resepsionis

Jenis pekerjaan di restoran - Moka

Meski sering dikerjakan oleh pelayan, jenis pekerjaan di restoran ini tak kalah penting. Memiliki host atau penerima tamu sendiri adalah jenis pekerjaan wajib yang perlu dimiliki di restoran Anda.

Selain menerima tamu, seorang host bertanggung jawab untuk memastikan ketersediaan tempat serta memberitahu produk dan promo yang saat ini disediakan oleh restoran.

Apabila restoran Anda berada di pusat perbelanjaan atau distrik makanan, seorang host juga memiliki peran sebagai orang yang mengajak para pengunjung untuk masuk ke restoran.

5. Juru masak

Jenis pekerjaan di restoran berikutnya adalah juru masak atau chef. Tanpa adanya juru masak, makanan pun tidak akan jadi. Seorang juru masak merupakan jenis pekerjaan penting yang wajib ada di restoran Anda.

Dalam praktiknya, biasanya juru masak dibagi beberapa jenis yaitu chef eksekutif, sous chef, dan line cook.

Seorang chef eksekutif biasanya bertanggung jawab untuk memilih bahan baku, mengatur menu, dan memastikan kelancaran aktivitas dapur.

Sedangkan sous chef merupakan tangan kanan dari chef eksekutif. Seorang sous chef biasanya memimpin para juru masak lain dan mengimplementasikan arahan dari chef eksekutif.

Sedangkan line cook bertugas untuk memasak sesuai dengan bagian masing-masing. Ada yang menyiapkan bahan baku, khusus hanya memanggang, merebus, menggoreng, atau hanya mengolah minuman atau dessert.

6. Pencuci piring atau dishwasher

Jenis pekerjaan di restoran yang tidak kalah penting adalah seorang dishwasher. Jika seorang busser berada di front of house, seorang dishwasher bertugas mencuci piring dan membersihkan dapur atau back of house.

Baca juga: Terapkan 3 Strategi Pemasaran Ini Jika Anda Punya Restoran Baru

7. Expeditor

Jenis pekerjaan lainnya yang mungkin Anda butuhkan adalah seorang expeditor. Tugas ini memang masih jarang di Indonesia.

Namun tugas seorang expeditor mampu mempermudah pekerjaan waiter terutama dalam memeriksa kesesuaian pesanan konsumen dengan makanan yang dimasak.

Oleh karena itu, seorang expeditor dituntut memiliki ketelitian dan mobilitas tinggi karena bekerja di dua tempat yaitu front of house dan back of house.

8. Kasir

Jenis pekerjaan di restoran 2

Jenis pekerjaan di restoran terakhir adalah kasir. Seorang kasir bertanggung jawab untuk mengelola transaksi konsumen. Termasuk di dalamnya menerima, memantau, dan juga merekam transaksi yang terjadi di restoran.

Seorang kasir harus memiliki ketelitian dan integritas tinggi. Tentu, uang adalah sumber penghasilan restoran, salah sedikit perhitungan mampu mengganggu bisnis anda.


Saat ini pekerjaan kasir bisa dipermudah dengan teknologi yang bernama point of sale.

Point of Sale adalah sistem terintegrasi antara software dan hardware yang memiliki fungsi dalam mengelola transaksi keuangan.

Salah satu aplikasi point of sale yang bisa Anda temui di Indonesia adalah Moka POS dengan beragam fitur terbaiknya mulai dari aplikasi kasir hingga program loyalti.

Anda bisa mencoba gratis Moka POS selama 14 hari dan temukan fitur pendukung terbaik untuk bisnis Anda.

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka