Moka Logo
9 Jenis Kopi yang Disukai, Pebisnis Coffee Shop Perlu Tahu

Tips Bisnis

9 Jenis Kopi yang Disukai, Pebisnis Coffee Shop Perlu Tahu

3 min
JordhiJordhi

Pebisnis kopi perlu tahu jenis kopi di Indonesia yang dan keunikan rasanya. Masing-masing jenis kopi ini pun memiliki cita rasa dan karakteristik yang berbeda pula.  Setiap jenis biji kopi pun memiliki pencintanya sendiri-sendiri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Jenis Kopi yang Utama

Jenis kopi 1

Secara garis besar, biji kopi di dunia terbagi ke dalam beberapa jenis utama. Masing-masing jenis ini memiliki varietasnya masing-masing, sesuai dengan asal biji kopi tersebut. Berikut ini jenis biji kopi yang ada di dunia.

1. Arabika

Arabika adalah jenis biji kopi terbanyak di dunia saat ini. Dalam hal karakteristik rasa, kopi arabika cenderung sedikit lebih manis dengan cita rasa yang halus. Kopi arabika juga tidak terlalu asam, sehingga cocok untuk konsumen menaruh perhatian khusus pada kesehatan lambungnya.

2. Robusta

Sesuai namanya, jenis biji kopi robusta memiliki cita rasa kopi yang cukup kuat dengan kandungan kafein yang lebih tinggi. Tanamannya pun lebih tangguh daripada kopi arabika karena berkat kandungan kafeinnya. Jenis biji kopi robusta yang berkualitas tinggi memiliki cita rasa mirip seperti coklat dengan sedikit aroma rum. Jadi, jika Anda mencari cita rasa kopi yang kuat dengan kadar kafein yang cukup tinggi, kopi robusta bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Mencari Modal Bisnis

3. Liberika

Biji kopi liberika terbilang biji kopi yang unik. Sebab, ukuran biji kopinya sedikit lebih besar dan cita rasanya lebih fruity dan harum. Sayangnya, tidak banyak kawasan penghasil biji kopi liberika, sehingga jumlahnya masih lebih sedikit daripada Arabika dan Robusta.

Baca juga: Perbedaan Robusta dan Arabika, Mana yang Lebih Laris?


 

 

Jenis Kopi yang Populer dari Indonesia 

Jenis kopi 5

Di Indonesia sendiri saat ini juga sudah ada banyak kopi yang merupakan varietas dari jenis biji kopi di atas, utamanya arabika dan robusta. Berikut ini jenis biji kopi yang banyak dijual dan populer di Indonesia.

1. Kopi Jawa

Kopi Jawa merupakan salah satu jenis kopi arabika yang digemari di Indonesia karena cita rasanya yang seimbang. Kopi Jawa tidak terlalu asam, sedikit sentuhan aroma rempah, dan juga tidak terlalu kental.

2. Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo Aceh sudah sangat populer di kalangan pencinta kopi, khususnya di Indonesia. Sebab, kopi yang berjenis arabika ini cukup nyaman di lambung karena tidak terlalu asam dan penyajiannya yang unik, yakni kopi direbus hingga mendidih sebelum disajikan.

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!

3. Kopi Temanggung

Kopi Temanggung merupakan jenis kopi robusta. Sehingga, cita rasanya kuat dan sedikit pahit, dengan adanya sentuhan aroma tembakau. Hal ini membuat pengalaman menikmati Kopi Temanggung jadi cukup unik.

4. Kopi Lampung

Kopi Lampung juga merupakan jenis kopi robusta. Cita rasanya juga sama-sama kuat, namun teksturnya cenderung halus. Sebab, Kopi Lampung diproses dengan metode dry processing atau dijemur sampai mengering terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mempertahankan Eksistensi Bisnis Kopi

5. Kopi Kintamani Bali

Kopi berjenis Arabika ini memiliki cita rasa citrus yang segar, aftertaste-nya tidak terlalu pahit, dan teksturnya yang cenderung light. Sehingga kopi ini cocok untuk dinikmati oleh konsumen kasual yang tidak terlalu mendalami kopi.

6. Kopi Rangsang Meranti Riau

Kopi ini adalah kopi berjenis Liberika yang tumbuh di Indonesia. Cita rasanya manis dengan perpaduan cita rasa nangka dan coklat. Meskipun teksturnya cukup kental, namun kopi ini tidak meninggalkan aftertaste yang pahit. Anda bahkan bisa tidak perlu menambahkan gula karena cita rasa aslinya yang sudah manis. Tingkat keasamannya pun rendah, jadi cukup nyaman di lambung.

Itu dia jenis-jenis kopi Indonesia yang Anda wajib tahu. Dengan memahami jenis-jenis kopi yang unik dan lezat, Anda bisa menyajikan kopi dengan cita rasa yang sesuai dengan karakter Anda. Sehingga, coffee shop Anda akan memiliki keistimewaan tersendiri.


Tidak hanya paham biji kopi, Anda juga harus memahami aspek bisnis dari sebuah coffee shop. Betul sekali, Anda juga harus membuat business plan agar coffee shop Anda bisa terus berkembang hingga tahun-tahun mendatang. Jika Anda belum pernah membuatnya, tak perlu khawatir karena contoh membuat business plan sudah tersedia banyak di internet.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan Moka POS sebagai aplikasi kasir coffee shop Anda. Sebab, Moka POS punya beragam keunggulan untuk bantu Anda mengembangkan coffee shop Anda. Mulai dari loyalty program, manajemen inventory, table arrangement, pembayaran digital, dan masih banyak lagi.

Jadi, pastikan coffee shop Anda menggunakan Moka POS sebagai aplikasi kasirnya!

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka