Moka Logo
25 Istilah dalam Jual Beli Online, Sudah Tahu Semua?

Tips Bisnis

25 Istilah dalam Jual Beli Online, Sudah Tahu Semua?

4 min
JordhiJordhi

25 Istilah dalam Jual Beli Online, Sudah Tahu Semua? – Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan jual beli online telah tercipta beberapa istilah baru yang mungkin asing di telinga Anda. Lahirnya teknologi digital rupanya telah memengaruhi cara penjual dan pembeli saling berkomunikasi.

Hadirnya forum-forum online pun turut melahirkan beberapa istilah baru yang kerap digunakan.Oleh karena itu, agar tidak tercipta miskomunikasi antara penjual dan pembeli, berikut ini 25 istilah dalam jual beli online yang harus Anda ketahui.


Ini 25 Istilah dalam Jual Beli Online

1. COD

menerima paket dengan memerhatikan protokol kebersihan (2)

COD adalah singkatan dari cash-on-delivery. Artinya, pembayaran akan dilakukan secara tunai pada saat barang diantarkan.

2. Ongkir

Ongkir berarti ongkos kirim. Free ongkir berarti gratis ongkos kirim. Biasanya untuk pembelian dengan nominal tertentu, pihak e-commerce akan memberikan promo gratis ongkos kirim.

3. Gan atau Agan

Gan atau agan berasal dari kata juragan. Kata ini umum digunakan untuk memanggil pembeli dan penjual. Jadi, kedua pihak saling memanggil satu sama lain dengan sebutan “gan” atau “agan” layaknya “Kak”, “Mas”, “Sis”, “Bro”, dan lain sebagainya.

4. Nego

Nego adalah singkatan dari negosiasi atau tawar menawar harga. Umumnya pembeli akan menanyakan “Apakah harga bisa dinego?”, artinya pembeli akan menawar produk yang Anda jual.

5. Rekber

Rekber berarti rekening bersama. Rekening bersama adalah rekening milik pihak ketiga yang berguna sebagai tempat penitipan uang sampai barang diterima oleh pembeli. Jika barang tak kunjung sampai atau barang yang sampai tidak sesuai, maka pihak ketiga selaku pemilik rekber tidak akan menyerahkan uang pembayaran kepada penjual.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

6. No Afgan dan No Rossa

Penjual seringkali menuliskan “no afgan” atau “no rossa” pada iklan penjualan. Maksud kedua istilah ini adalah agar pembeli tidak memberikan tawaran harga yang “sadis” atau “tega” yang merupakan judul lagu dari kedua penyanyi tersebut.

7. Dropship

Istilah jual beli online yang perlu Anda tahu adalah Dropship, Ini merupakan model bisnis di mana pihak ketiga bantu menjualkan produk dari penjual yang sudah diajak bekerja sama. Jadi, seorang dropshipper hanya menjadi perantara yang bantu menjualkan saja.

8. Reseller

Jualan online tanpa modal dan stok barang 3

Reseller adalah seseorang yang menjual ulang produk yang ia beli. Artinya, ia harus memiliki sekian banyak stok produk untuk kemudian dijual ke konsumen. Misalnya, Anda membeli 100 pasang sneakers di distributor, kemudian menjualnya lagi di e-marketplace.

10. Official Store, istilah dalam jual beli online yang kamu harus tahu

Official store adalah toko resmi dari brand di sebuah e-marketplace. Toko resmi ini menandakan adanya jaminan bahwa produk yang dijual itu asli dan berkualitas.

Baca juga: 100+ Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda

11. Merchant

Merchant adalah istilah untuk pedagang atau pemilik lapak. Jika Anda menjual sesuatu di media sosial atau e-marketplace, maka Anda adalah seorang merchant.

12. Mint condition atau like new

Istilah dalam jual beli online selanjutnya adalah mint condition atau like new. Ini berarti barang yang dijual masih dalam kondisi yang sangat baik.

Bisa dikatakan bahwa mint condition atau like new ini berarti kondisi barang masih sama seperti barang baru. Umumnya istilah ini digunakan untuk barang bekas yang belum pernah digunakan atau baru digunakan sesekali saja.

13. Refurbished

Kata refurbished digunakan untuk barang elektronik yang sudah diperbaiki sebelum dijual lagi. Idealnya, barang yang di-refurbished secara resmi memiliki kualitas yang sama dengan barang baru yang dijual di toko.

Namun, banyak juga barang refurbished yang justru lebih mudah rusak. Jadi, berhati-hatilah barang yang akan Anda beli adalah barang refurbished.

14. OEM

Istilah dalam jual beli online selanjutnya adalah OEM. Ini singkatan dari Original Equipment Manufacture. Barang OEM adalah barang yang asli yang diproduksi oleh sebuah perusahaan, untuk kemudian dibeli oleh perusahaan lain dengan brand mereka sendiri.

15. BU

Arti BU adalah butuh uang. Istilah dalam jual beli online ini digunakan penjual untuk menjelaskan motivasinya menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

16. BT

copywriting jualan baju 002

Arti BT adalah barter. Penjual atau pembeli biasanya menawarkan opsi barter barang dengan barang lain yang senilai.

17. PO

PO atau pre-order adalah skema penjualan di mana pembeli harus menunggu sekian waktu karena barangnya masih belum tersedia. Bisa jadi karena barangnya menunggu pengiriman dari luar negeri atau masih belum diproduksi.

18. WTS atau WTB

Istilah dalam jual beli online selanjutnya ada WTS, berarti want to sell atau “dijual”. Sedangkan WTB adalah want to buy yang berarti “dibeli”. WTS digunakan untuk mengiklankan produk yang ingin dijual, sedangkan WTB digunakan untuk mengumumkan produk apa yang ingin dibeli.

19. DM atau PM

DM berarti direct message dan PM berarti personal message. Keduanya sama-sama berarti pembeli dapat kontak langsung penjual melalui jalur komunikasi pribadi atau japri.

20. BNIB atau BNOB, istilah dalam jual beli online yang biasa disebut

Selanjutnya istilah dalam jual beli online adalah BNIB atau BNOB. Kata BNIB singkatan dari brand new in box. Artinya, barang tersebut masih baru dan tersegel dalam box penjualan.

Sedangkan BNOB berarti brand new open box. Artinya barang tersebut sudah dikeluarkan dari box penjualan karena alasan tertentu. Misalnya, untuk aktivasi IMEI pada smartphone.

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online Paling Manjur

21. Hit and run

Hit and run adalah istilah untuk menjelaskan perilaku calon pembeli yang sudah banyak bertanya dan menawar harga namun tidak memberikan kabar selanjutnya. Jadi, calon pembeli tersebut tiba-tiba saja menghilang.

22. Preloved

Preloved adalah istilah kekinian untuk menyebut barang-barang bekas yang dijual di e-marketplace.

23. Nomor resi

Nomor resi adalah serangkaian nomor pelacakan pada resi pengiriman jasa ekspedisi. Anda bisa mengecek status pengiriman dan lokasi barang dengan menginput nomor resi pada situs atau aplikasi tracking paket.

24. Sold atau sold out

istilah dalam jual beli online

Sold atau sold out berarti barang yang dijual sudah habis laku terjual. Jadi, Anda tidak perlu lagi menawar harga. Namun, Anda masih bisa menanyakan kapan penjual akan melakukan restock.

25. Nett

Nett adalah harga akhir dari penjual. Artinya, harga tersebut adalah harga terendah yang penjual terima. Jika Anda menawar di bawah harga nett, besar kemungkinan penjual akan menolak tawaran Anda karena terlalu “afgan”.

Itu dia 25 istilah dalam jual beli online yang harus Anda pahami. Jika sudah memahaminya, kini Anda sudah siap untuk mulai berjualan secara online. Tak perlu risau jika Anda belum punya toko online, karena cara membuat toko online sangatlah mudah, karena Anda bisa gunakan GoStore untuk membuat toko online.

GoStore memiliki banyak layanan dan fitur yang akan membantu Anda berjualan di Google Shopping, Facebook Shop, dan Instagram Shop. Jadi, Anda akan mampu menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga angka penjualan juga akan meningkat drastis. Selamat mencoba!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka