Moka Logo
Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik

Tips Bisnis

Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik

4 min
JordhiJordhi

Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik – Beradaptasi dan senantiasa memacu kreativitas menjadi dua kemampuan utama yang perlu dimiliki para pebisnis, terutama ketika dihadang masalah krisis, seperti COVID-19. Hal tersebut pun bisa dilakukan dengan membuat konten promosi yang menarik dan relevan.

Kondisi saat ini memaksa orang untuk tetap d irumah sehingga orang akan lebih banyak waktu untuk melihat atau mengakses media sosial. Itu adalah peluang bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial, lho! Tahukah Anda, salah satu media sosial dengan pengguna aktif tertinggi adalah Instagram.

Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi dibanding Facebook dan Twitter

Untuk itu, bagi Anda yang belum memahami apa itu Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya!


Apa Itu Instagram Reels?

Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis panduan digital marketing, social media ads, instagram ads - 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda

Instagram Reels adalah fitur terbaru instagram untuk membuat video yang menarik dengan durasi singkat. Video di Instagram Reels dapat dibuat dengan durasi minimal 3 detik dan maksimal 30 detik. Dengan menggunakan fitur Reels, video pendek dapat terunggah di feed dan dapat menjangkau banyak audiens melalui Reels. 

Dengan mengupload video Anda di Instagram Reels, maka konten yang Anda buat akan berpeluang banyak yang melihat. Ditambah lagi didalam Instagram Reels ada fitur Reels Explore Feed yang mempunyai konsep seperti For You Page di aplikasi TikTok.

Dengan masuknya Reels Anda di Reels Explore maka sudah pasti video Anda akan mendapatkan jumlah view yang cukup tinggi.

Baca juga: 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda


Cara Menggunakan Instagram Reels

Instagram Reels untuk Bisnis (2)

Tentu saja cara menggunakan Instagram Reels ini sangat mudah. Bagi Anda yang baru mau coba-coba pasti Anda langsung dapat menggunakannya ketika pertama kali mencobanya.

1. Update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru.

2. Buka aplikasi Instagram, cek bagian bawah ada ikon reels di tengah-tengah ikon search dan shop.

3. Setelah itu Anda bisa memilih durasi, ada dua pilihan 15 detik dan 30 detik. Anda bisa memilihnya tergantung konten apa yang Anda akan buat.

4. Selesai memilih durasi Anda bisa langsung memilih audio, effect, layout dan yang lainnya sesuai dengan selera Anda.

5. Untuk merekam Anda bisa menekan tombol dengan ikon Reels atau menggunakan fitur timer yang sudah disediakan. Atau, Anda juga bisa upload langsung vide yang sudah Anda miliki di galeri HP Anda.

6. Ketika pengambilan video Anda bisa lakukan secara bertahap tidak diharuskan langsung full durasi 15 detik atau 30 detik.

7. Jika sudah selesai Anda bisa melakukan preview dahulu untuk melihat keseluruhan hasilnya.

8. Lalu, Anda bisa menambahkan tulisan, sticker atau effect pada video Anda.

9. Setelah itu apabila Anda sudah puas dengan hasil video yang Anda buat, Anda bisa langsung share Reels Anda!

Baca juga: Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram


Contoh Konten Instagram Reels

konten Instagram Reels untuk Bisnis

Tentu saja, akan ada ribuan Reels baru yang diupload oleh pengguna Instagram karena fitur baru ini sangat menarik untuk dicoba. Namun, bila dikaitkan dengan bisnis, konten apa yang bisa Anda buat untuk menarik orang untuk melihat produk Anda? Berikut ini bocorannya.

1. 5 rekomendasi produk yang Anda jual (bisa sesuai tema atau mungkin paket yang ditawarkan)

2. Promo yang sedang berlangsung

3. Cerita inspiratif bagaimana Anda membangun bisnis

4. Video keseruan Anda dan pegawai di kantor

5. Video pembuatan produk

6. Video packaging produk

7. Testimoni dari para pelanggan

8. Video before after (misalnya yang tadinya masih berupa bahan baku, lalu menjadi makanan siap santap)

9. Edukasi bagaimana cara memesan produk Anda

10. Rekomendasi mix and match baju (jika Anda punya bisnsis ritel)


Tips Membuat Konten yang Menarik

menggunakan instagram sebagai platform marketing

Sudah terpikirkan ingin membuat konten  menarik apa? Eitsss … sebelum membuat konten videonya, yuk pelajari terlebih dulu tips-tips untuk membuat konten menarik tersebut!

1. Perhatikan dan ikuti tren yang sedang naik saat ini. 

2. Modifikasi dari konten yang sedang naik daun. Buat versi Anda yang sudah disesuaikan dengan brand bisnis!

3. Buat konten yang singkat padat dan langsung to the point. Pacu kreativitas yang membuat audiens ingin menonton video Anda berulang kali.

4. Sampaikan produk secara informatif dan kreatif.

5. Buat video dan post di Instgaram Reels secara berkala karena pihak Instagram sedang meningkatkan penggunaan fitur terbaru ini (termasuk di Indonesia) sehingga engagement akun Instagram Anda bisa cepat naik!

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda


Instagram Reels Dapat Bantu Maksimalkan Promosi Bisnis Anda

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda - bisnis ritel

Instagram Reels adalah fitur baru dari Instagram dan fitur serupa sudah berhasil oleh TikTok. Tentu saja Instagram akan memancing para penggunanya untuk terus menyaksikan Reels terbaru. Hal itu dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda. Lalu dengan fitur Reels Explore Feed hal itu adalah peluang agar konten Anda dapat dilihat lebih banyak orang. 

Dengan seperti itu tentu saja besar kemungkinan produk Anda akan lebih banyak yang melihatnya. Selain itu Anda bisa menggunakan fitur promote yang ada, agar konten Anda dapat di-boost ke lebih banyak orang. 

Dalam keadaan seperti ini memang promosi harus lebih banyak dilakukan di media sosial ketimbang offline karena orang sangat membatasi untuk keluar rumah. Anda sebagai pemilik bisnis harus mau untuk mengikuti arus untuk memiliki dan fokus ke dunia digital.

Karena apabila Anda tidak mau mengikuti, bisnis Anda akan sepi peminat dan lambat laun akan hilang digantikan oleh kompetitor yang lebih aktif di dunia digital. 

Agar lebih mudah untuk menangkap peluang di dunia digital, Anda harus benar-benar hadir di jagat maya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan GoStore untuk membuat website pribadi Anda yang dapat terhubung dengan berbagai media sosial sehingga akan menjangkau lebih banyak konsumen. Kanal ini sangat tepat bagi Anda yang ingin jualan online!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka