Inspiration

10 Inspirasi Foto Makanan yang Dijamin Bikin Ngiler Pelanggan!

By Sintia Astarina on July, 22 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

10 Inspirasi Foto Makanan yang Dijamin Bikin Ngiler Pelanggan! - F&B masih menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup seksi. Mengapa? Sebab para pemilik bisnis pun bisa berkreasi dengan berbagai menu makanan dan minuman yang mereka tawarkan.

Apalagi di zaman sekarang, para pelanggan sangat tertarik dan penasaran untuk mencoba ragam makanan yang unik. Bukan cuma dari segi rasa dan penampilannya saja, melainkan dari pengalaman yang diberikan.

Baca juga: Perlukah Standardisasi Menu Restoran? Baca 5 Alasannya Berikut Ini

Misalnya, ada restoran yang menyajikan pengalaman agar pelanggan bisa bersantap di tengah kegelapan, ada yang menyajikan dekorasi dan interior unik sehingga pelanggan ingin berfoto-foto, atau ada pula restoran yang berlokasi di ketinggian sehingga pelanggan betah menikmati view-nya.

Ya, memang ada banyak faktor yang bisa ditonjolkan suatu bisnis F&B, termasuk dari foto makanan yang bisa bikin ngiler pelanggan. Apalagi, dari sisi psikologi, foto makanan yang menggugah akan semakin mendorong pelanggan untuk membeli dan mencicipinya.

Nah, berikut ini ada 10 inspirasi foto makanan yang bisa Anda terapkan di menu restoran atau mungkin untuk promosi di media sosial. Mana favorit Anda?

10 Inspirasi Foto Makanan yang Dijamin Bikin Ngiler Pelanggan!

1. Tampilkan cara membuat makanan

inspirasi foto makanan yang enak - membuat kebab

Foto makanan yang sudah jadi mungkin terlihat menarik. Namun, bisnis kuliner Anda bisa tampak berbeda karena Anda menggunakan foto ketika makanan itu dibuat.

Sama seperti makanan di atas, di mana terlihat si seseorang tengah membuat kebab wrap. Tampak ia sedang meletakkan daging di atas tumpukan sayur dan yang lainnya, sebelum kemudian ia menyelimuti isian tersebut dengan tortilla atau roti pipih tanpa ragi.

Baca juga: 10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

Foto ini tak cuma berguna agar pelanggan bisa mengetahui apa saja isian dari makanan yang Anda jual, melainkan juga mengetahui seberapa higienis makanan tersebut ketika dibuat.


2. Gigitan pada donat

inspirasi foto makanan yang enak - donat

Ingin mencoba inspirasi foto makanan anti-mainstream yang satu ini? Pasti, Anda sering melihat berbagai foto donat utuh tanpa gigitan, bukan? Nah, mengapa tidak mencoba foto seperti di atas?

Selain menampilkan foto yang unik dan lain daripada yang lain, foto di atas justru semakin ingin membuat pelanggan untuk membeli dan mencicipinya rasanya.

Jika Anda memiliki toko donat atau toko roti dan ingin mencobanya, ketahui terlebih dulu ya, apakah foto model begini cocok untuk makanan Anda atau tidak, sebab jika salah memilih style, bisa-bisa pelanggan memiliki persepsi lain terhadap produk Anda.


3. Menuangkan madu pada pancake

inspirasi foto makanan yang enak - pancake

Bayangkan, apabila pada foto ini tidak ada gambar tangan yang sedang melumuri pancake dengan madu, apakah masih akan sama menariknya? Tentu tidak. Malahan, mungkin pelanggan yang melihat foto ini akan merasa bingung, apa isi botol kaca di sebelah pancake? Apakah hanya sebagai pemanis saja?

Ketika madu dituangkan, hal tersebut pun bisa memberikan gambaran kepada pelanggan soal bagaimana cara terbaik untuk menikmati sajian tersebut agar pengalaman mereka menjadi lebih luar biasa.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis di Era New Normal demi Penjualan Maksimal

Jangan lupa, posisi madu saat dituangkan harus berada di sisi depan karena Anda mengambil angle dari depan. Beda halnya ketika Anda mengambil angle dari atas (flatlay atau bird-eye view), menuangkan madu dari atas akan jauh lebih baik.


4. Foto seseorang sedang makan makanan Anda

inspirasi foto makanan yang enak - makan burger

Ini dia inspirasi foto makanan selanjutnya. Apabila Anda ingin mengutamakan bagaimana pengalaman pelanggan ketika menyantap makanan ini, foto di atas bisa Anda ikuti, lho! Jangan lupa, arahkan model untuk menunjukkan ekspresi tertentuk ketika sedang menyantap makanan Anda.

Pada foto di atas, dapat dikatakan bahwa si penjual burger ingin mengatakan kepada pelanggan bahwa, "Hei, kami punya burger paling enak yang bukan cuma bisa bikin perut happy! Tertarik untuk mencobanya?"


5. Tambahkan aksi pada makanan Anda

inspirasi foto makanan yang enak - mie

Tambahkan aksi? Apa maksudnya? Dalam konteks foto makanan di atas, aksi yang dimaksud adalah ketika ada sumpit yang mengambil mie dari dalam mangkuk. Aksi ini bisa bikin ngiler pelanggan dibandingkan hanya foto semangkuk mie biasa, lho.

Baca juga: 7 Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal, Wajib Dipelajari!

Foto ini bisa semakin mendorong pelanggan untuk mencicipinya karena tanpa sadar, ketika sumpit tersebut mengambil mie dari dalam mangkuk, pelanggan bisa membayangkan bagaimana ketika dirinya yang menggunakan sumpit dan memakan mie tersebut.

Oh ya, sedikit trik untuk foto jenis ini, Anda bisa menggunakan "ganjalan" di bawah makanan untuk membuat isi mangkuk terlihat lebih penuh. Trik ini berlaku untuk makanan berkuah, seperti bakso, aci, tekwan, dan sebagainya.


6. Tunjukkan detail makanan

foto spaghetti pada garpu yang begitu estetik.

Foto sepiring spaghetti saja sebenarnya sudah tampak menarik, tetapi inspirasi foto makanan di atas tak kalah apik, lho! Seperti yang diketahui, untuk menikmati spaghetti, lazimnya menggunakan garpu.

Nah, untuk menonjolkan sisi estetika makanan Anda, foto di atas tentu bisa Anda tiru, lho! Anda hanya perlu menyiapkan garpu, gulung spaghetti yang sudah jadi, dan jangan lupa ditata agar tak berantakan, ya. Background berwarna hitam juga bisa digunakan agar pelanggan bisa lebih fokus pada objeknya.


7. Efek asap

gunakan efek kepulan asap untuk makanan jalanan atau street food untuk menggugah selera pelanggan.

Bagaimana, foto makanan di atas cukup menggiurkan, ya? Kepulan asap yang keluar dari kentang rebus benar-benar bikin ngiler!

Ya, kepulan asap pada foto makanan bisa menunjukkan bahwa makanan tersebut baru saja matang, masih hangat, dan tentu sangat cocok untuk dinikmati langsung. Tanpa kepulan asap, mungkin pelanggan bisa berpikir bahwa makanan tersebut sepertinya sudah dingin dan tidak terlalu sedap untuk dinikmati.

Baca juga: Tips Membuat dan Contoh Daftar Menu untuk Bisnis Kuliner

Namun, berhati-hatilah terhadap penggunaan aspek kepulan asap ini, ya. Sebisa mungkin tangkap asap yang memang langsung keluar dari makanan (natural).

Tidak ada yang salah ketika menambahkan efek asap dalam pengeditan foto makanan, tetapi harus diperhatikan lagi apakah asap tersebut tampak seperti aslinya atau tidak. Jangan sampai pelanggan tahu bahwa asap tersebut tampak buatan.


8. Foto bersama bahan makanan

makanan dengan plating yang cantik dan bahan-bahan dari cabai dan jeruk.

Ini dia inspirasi foto makanan selanjutnya yang bisa bikin pelanggan ngiler! Dilihat dari warnanya, merah dan oranye memang menjadi 2 warna utama yang berhasil membuat perut pelanggan keroncongan. Namun, adakah hal lain yang membuat foto makanan ini tampak menarik?

Selain warna, foto ini juga menggunakan beberapa bahan dasar pembuatnya seperti cabai merah, jeruk, dan cabai bubuk. Selain mengetahui tampilan jadi makanan tersebut (yang mana plating-nya sangat cantik), pelanggan juga diajak untuk tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan sehingga makanan tersebut terasa begitu nikmat.


9. Foto dari berbagai angle

inspirasi foto makanan yang enak - burger

Apa yang menarik dari foto makanan di atas? Ya, angle-nya yang tak biasa. Umumnya, para pemilik bisnis mungkin akan lebih setuju jika burger dalam foto ini dipotret dari sisi samping sehingga bisa menunjukkan apa saja topping atau saus yang diapakai, seberapa tebal burgernya, dan sebagainya.

Akan tetapi, foto ini menyajikan sudut pemotretan yang berbeda, yakni dari atas sehingga isian burger yang tampak hanyalan tomat dan daun selada.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda

Foto ini tampak lebih menarik lantaran menggunakan background dengan warna yang kontras, yakni kuning dan hitam, yang mana membuat 3 burget di garis tengah tampak lebih menonjol. Foto makanan ini cocok untuk dipublikasikan di media sosial atau mungkin dijadikan wallpaper restoran Anda.


10. Tampilkan semua menu yang dijual dalam satu frame

foto chicken nugget, french fries, dan onion ring

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat foto makanan lebih menarik adalah dengan memotret semua makanan ke dalam satu frame seperti pada gambar di atas. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui beragam makanan yang dijual, mulai dari fried chicken, onion rin, hingga french fries.

Tak ketinggalan saus dan mayonnaise yang akan menambah cita rasa aneka gorengan ini. Tak lupa, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan pendukung foto, seperti daun selada hingga cabai kering.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

Dari 10 inspirasi foto makanan di atas, mana yang paling cocok untuk bisnis kuliner Anda? Mana yang paling disuka? Semoga Anda bisa menerapkannya untuk bisnis dan semoga ada banyak pelanggan yang tertarik untuk membelinya!

Apabila Anda memerlukan inspirasi lebih banyak mengenai foto produk, terutama makanan, kami memiliki E-book spesial khusus untuk Anda. Silakan download gratis di bawah ini.

 

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia