Business Insight

8 Tips Inovasi Bisnis Agar Usaha Anda Berkembang Pesat

By Samina Sharanani on November, 23 2020
Samina Sharanani

A word crafter

8 Tips Inovasi Bisnis Agar Usaha Anda Berkembang Pesat - Sebagai pelaku usaha, Anda tidak boleh lengah dan merasa cepat puas dengan pencapaian usaha Anda sejauh ini. Apalagi bagi pebisnis pemula, haram hukumnya menyempatkan diri untuk berleha-leha.

Perlu disadari bahwa dalam dunia bisnis, persaingan akan semakin ketat dari waktu ke waktu seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, inovasi bisnis menjadi penting!

Hal ini dikarenakan inovasi bisnis tidak hanya membuat usaha Anda tetap eksis di tengah ketatnya persaingan, tetapi juga karena inovasi bisnis dapat mengembangkan hingga melanggengkan bisnis Anda, lho! Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak artikel ini!


Apa itu Inovasi Bisnis dan Mengapa Penting? 

pebisnis harus menerima feedback dari orang lain - mengevaluasi kinerja bisnis - tanggapan konsumen - inovasi bisnis

Inovasi bisnis berarti pembaruan dalam bisnis Anda. Berinovasi bisnis berarti Anda merancang strategi bisnis yang lebih canggih atau menciptakan sebuah produk yang tak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Anda juga bisa berinovasi dengan sekadar memoles ide atau produk lama Anda dengan kemasan yang jauh berbeda dan lebih menarik. Nah, mengapa inovasi bisnis penting untuk dilakukan?

Baca juga: Kopi Chuseyo, dari Anak K-Pop untuk Komunitas K-Pop Indonesia 

1. Agar bisnis Anda bertahan lama

Setelah sukses bertahan, inovasi dibutuhkan. Inovasi mampu membawa Anda memperluas jaringan pasar dan bisnis. Dengan inovasi, usaha dan produk Anda akan memiliki nilai lebih yang menjanjikan di mata pelanggan atau calon partner bisnis. Dengan demikian, bisnis Anda memiliki potensi untuk bertahan lama.

2. Untuk meminimalisir persaingan

Saat berinovasi dalam bisnis, Anda didorong untuk menelurkan ide-ide yang tidak biasa, yang belum pernah ada sebelumnya. Karena apabila ide-ide Anda tetap sama dan itu-itu saja, maka tidak akan bedanya antara produk Anda dengan produk pelaku usaha lain. 

Apabila terdapat banyak kesamaan, persaingan menjadi ketat dan produk Anda tidak mudah dilirik karena tidak memiliki nilai lebih yang menonjol. Maka dari itu, inovasi dibutuhkan agar produk Anda memiliki nilai lebih yang menarik perhatian pelanggan. Dengan demikian, persaingan agak sedikit berkurang.

3. Agar mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan

Poin penting lainnya mengenai inovasi bisnis adalah agar Anda sebagai pelaku bisnis bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan Anda. Saran dan masukan dari pelanggan bisa Anda catat sebagai referensi perbaikan dan perbaruan. Dengan kebaruan ide, Anda tidak akan pernah kehilangan pelanggan.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses 


Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Berinovasi?

bekerja dari rumah - bekerja di kantor yang nyaman - pengusaha - pebisnis (2) - inovasi bisnis

Untuk mengeksekusi sebuah rencana baru, Anda butuh ide. Kenapa ide? Karena hanya melalui idelah Anda bisa merancang rencana-rencana yang cemerlang.

Cara mencari ide yang tak perlu banyak ongkos adalah dengan memanfaatkan karyawan Anda. Ikut sertakan mereka dalam proses bertukar pikiran. Berikanlah mereka kesempatan untuk menyampaikan ide-idenya.


8 Tips Inovasi Bisnis Agar Usaha Anda Berkembang Pesat

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan - Membangun Jaringan Bisnis - inovasi bisnis

Setelah Anda sudah memiliki keinginan untuk melakukan inovasi bisnis, Anda mungkin bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut:

1. Bentuk tim kerja yang baik

Bisnis yang sukses bermula dari pelaku usaha yang baik. Pelaku usaha di sini tidak hanya karyawan, tapi juga setingkat CEO dan manajer. Manajer, misalnya, bisa memberikan pelatihan terhadap karyawan sebelum mereka bertugas.

Anda sebagai pemimpin tim juga harus bijak dan bersahabat. Dengan cara demikian, akan tercipta harmonisasi tim yang bagus. Imbasnya, tim kerja Anda juga menjadi baik.

Baca juga: Peluang, Modal, dan Tips Sukses Bisnis Toko Roti 

2. Ciptakan produk yang berkualitas

Produk yang berkualitas tentu saja akan menarik minat pelanggan. Semakin bagus kualitas sebuah produk, semakin banyak pelanggan yang akan mendatangi Anda.

Dengan demikian, laba perusahaan pun akan meningkat. Selain itu, produk yang bagus juga dianggap sebagai penentu umur ekonomis sebuah produk. Produk yang bagus biasanya awet dan tahan lama.

3. Utamakan keinginan pelanggan

Anda harus sebisa mungkin menghindari kekecewaan pelanggan. Jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan pelanggan Anda. Maka dari itu, layanan dan kualitas produk harus selalu dalam level terbaik. Hanya dengan cara itulah Anda bisa mempertahankan loyalitas pelanggan Anda. 

4. Kenali dan gunakan teknologi

Di zaman ini, menjadi digital savvy adalah peraturan nomor satu untuk kehidupan sehari-hari, termasuk dalam inovasi bisnis, apalagi jika Anda adalah pelaku usaha dari generasi milenial. Pahamilah bahwa teknologi bisa membantu bisnis Anda jauh lebih berkembang.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki usaha konvensional, Anda bisa mengembangkannya ke ranah online, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan merambah marketplace di dunia maya, jangkauan pasar Anda akan semakin luas.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mempertahankan Eksistensi Bisnis Kopi 

5. Ikuti perkembangan zaman

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu terus-menerus mengikuti tren bisnis.  Jangan sampai Anda ketinggalan zaman. Apabila tertinggal, usaha Anda berpotensi kalah saing dan akhirnya bangkrut. Dengan cara apapun Anda harus siap beradaptasi dengan situasi yang berkembang dan siap menghadapi perubahan.

6. Perluas jaringan bisnis

Ini dia tips inovasi bisnis yang selanjutnya. Anda harus memberanikan diri untuk membuat bisnis Anda yang sederhana menjadi sedikit lebih kompleks. Ekspansi pemasaran ke ranah dunia maya menjadi satu pilihan terbaik di hari-hari belakangan ini. Dengan demikian, jaringan bisnis Anda akan meluas.

7. Mencari investor sebanyak mungkin

Apabila mampu menggaet banyak investor, bisnis Anda berpotensi mengalami ekspansi bisnis dengan cepat. Namun, terdapat catatan penting mengenai hal ini.

Investor hanya mau bekerja sama apabila bisnis Anda memiliki prospek menjanjikan jangka panjang. Oleh karena itu, Anda harus persiapkan portofolio perusahaan sebaik mungkin agar investor tertarik.

8. Lakukan pengukuran kinerja setiap tahun

Mengapa pengukuran kinerja harus dilakukan? Hasil dari pengukuran ini nantinya bisa dijadikan sebagai pedoman untuk performa perusahaan di masa mendatang dengan harapan bahwa grafik pertumbuhan perusahaan akan naik tiap tahun kea rah positif.

Baca juga: 5 Pelajaran Berharga soal COVID-19 yang Bantu Pebisnis Hadapi Krisis 


Apa Indikator Penunjuk Keberhasilan Inovasi Bisnis Anda?

memanfaatkan data untuk meningkatkan penjualan

Anda harus mengukur apakah inovasi yang Anda lakukan tergolong berhasil atau gagal. Lalu, apa saja indikator yang bisa memberi tahu bahwa inovasi Anda sukses? Setidaknya terdapat 3 indikator:

1. Laba/untung

Jika laba meningkat dan di saat yang bersamaan pengeluaran modal bisa ditekan, berarti inovasi Anda berjalan sesuai rencana. Jika mengalami kerugian, maka inovasi Anda butuh dievaluasi kembali.

2. Perubahan pola pikir pelanggan

Perhatikanlah apa pandangan pelanggan terhadap produk Anda yang sudah dipoles dengan ide-ide inovatif Anda. Apabila pandangan mereka terhadap hasil usaha Anda bernada positif, bisa dikatakan inovasi Anda berhasil. 

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol 

Anda bisa juga membandingkannya dengan tanggapan atau feedback mereka terhadap produk sebelum Anda melakukan inovasi. Apabila pada sebelumnya pelanggan Anda lebih banyak menyampaikan kekurangan atau keluhan terhadap produk Anda namun sekarang tanggapannya baik, maka Anda boleh berpuas diri akan inovasi bisnis Anda.

3. Jaringan bisnis Anda menjadi kuat

Apabila Anda sudah mampu melebarkan sayap usaha Anda dengan menggandeng partner bisnis dalam waktu 3-5 tahun ke depan, atau juga jaringan pasar/pelanggan Anda menjadi jauh lebih luas juga, bisa dikatakan bahwa inovasi Anda moncer.


Bagaimana Jika Inovasi Bisnis Gagal?

tidak ada orderan - sedih - kecewa - tidak semangat berbisnis

Apabila inovasi bisnis Anda mengalami kegagalan, yang perlu Anda lakukan adalah mengadakan evaluasi. Namun, setelah itu, Anda tidak boleh berkecil hati dan patah semangat.

Kegagalan bukanlah akhir dari segala usaha Anda. Yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membuat rancangan strategi bisnis baru. Anda perlu belajar dari kesalahan di pengalaman sebelumnya. 

Jangan lupa, selagi Anda fokus untuk mengembangkan bisnis, serahkanlah urusan pencatatan penjualan kepada aplikasi kasir terintegrasi Moka POS. Dengan Moka, Anda bukan hanya bisa merekap penjualan secara otomatis, tetapi juga mengelola daftar bahan baku, mengelola karyawan, dan lain-lain

Dengan begitu, Anda pun punya banyak kemudahan dalam mengelola usaha Anda dan lebih fokus untuk melebarkan sayap bisnis Anda. Mau coba gratis Moka POS selama 14 hari?Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia