Business Insight E-Book

E-book: Data-Data Terkini seputar Tren Bisnis Kedai Kopi di Indonesia

By Himawan Pradipta on December, 12 2018
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Melanjutkan ebook sebelumnya tentang tips strategis untuk membangun bisnis kedai kopi di Indonesia, kali ini kami memiliki data terbaru yang jauh lebih lengkap tentang bisnis kopi, khususnya di tahun 2018.

Baca Juga: Mau Usaha Kedai Kopi Anda Lebih Berhasil? Simak 5 Tipsnya Di Sini!

ebook kopi moka

Kami melakukan penelitian dari bulan April hingga Juli 2018 dengan fokus daerah di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Bali, serta beberapa pulau kecil dan daerah lain yang kami hitung sebagai cakupan analisis minor. Objek penelitian ini adalah lebih dari 900 usaha kedai kopi yang terdaftar secara resmi sebagai bisnis UMKM di Kementerian Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Adapun potongan data yang akan kami jelaskan di artikel ini mencakup:

  • Menu kopi terpopuler
  • Jam paling ramai
  • Promosi dan diskon
  • Harga jual tiap menu

Mari kita bahas lebih rinci.

1. Menu kopi terpopuler

Tahukah Anda bahwa tiga produk kopi terpopuler di coffeeshop yang tersebar di seluruh Indonesia adalah kopi susu, cappuccino, dan latte. Ketiga kopi ini merupakan produk uang paling banyak peminatnya dan paling sering dipesan terlepas dari umur pembelinya. Entah itu anak-anak, dewasa, atau orang lansia pun, ketiga produk ini secara konsisten menempati urutan pertama di menu tiap coffeeshop.

Baca Juga: Arsitek Ini Memilih untuk Membangun Studio Olahraga dan Kedai Kopi

 

2. Jam paling ramai

Data ini juga menjadi salah satu keluaran yang cukup dicari. Informasi tentang jam berapa orang-orang paling sering minum kopi atau sekadar berkunjung ke kedai kopi adalah dari pukul 6 sore hingga pukul 10 malam. Adapun rata-rata jam beroperasi coffeeshop dimulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Selain itu, jumlah transaksi yang paling tinggi dalam sehari terjadi pada pukul 6 sore hingga pukul 8 malam.

Baca Juga: A Cup of Moka x Jurnal: Mengembangkan Bisnis Kedai Kopi dengan Pemasaran Digital

 

3. Promosi dan diskon

Data kami mecatat bahwa 17% bisnis kopi setidaknya membuat 1 jenis promo untuk usaha mereka dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, coffeeshop A memasang "Promo Breakfast" untuk seminggu, sementara coffeeshop B memasang "Promo Lunch" untuk sebulan, dan coffeeshop C memasang "Promo Supper" hanya untuk 2 jam. Sementara itu, 60% dari semua kedai kopi yang jadi objek penelitian ini memasang jenis promo “Beli X Gratis Y.”

Baca Juga: Menyambut Hari Kopi Internasional, Ini 8 Kedai Kopi Terfavorit Versi Moka

 

4. Refund dan pembatalan

Tahukah Anda bahwa Yogyakarta merupakan kota yang memiliki kecenderungan untuk melakukan refund 2 kali lebih tinggi dibandingkan di Jawa Tengah? Secara umum, persentase refund mencapai hingga 3 kali dari rata-rata selama 23 jam. Penasaran alasannya kenapa? Baca selangkapnya di e-book kami!

Baca Juga: Kenali 3 Karakteris Utama Pembeli saat Momen Single's Day

Nah, bagaimana? Setelah Anda melihat informasi-informasi di atas, seberapa siapkah Anda untuk meningkatkan performa bisnis kedai kopi Anda?

Dapatkan e-book-nya secara GRATIS di sini dan dapatkan informasi yang jauh lebih lengkap untuk meningkatkan performa bisnis kedai kopi Anda.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia