5 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Restoran Cepat Saji Anda Dicintai Konsumen

Saat ini, restoran cepat saji yang mendominasi pasar Indonesia adalah restoran-restoran besar dengan modal yang berasal dari luar negeri. Namun, itu bukan berarti pemain lokal tidak bisa sukses. Sebab, sudah banyak contoh pemain lokal yang meraup keuntungan besar di ranah ini. Tentunya kesuksesan mereka tidak lepas dari perhatiannya hingga detail terkecil.

tips sukses restoran cepat saji

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis restoran cepat saji, perhatikan 5 hal kecil berikut ini ya.

1. Desain interior restoran

Para pengunjung memang datang untuk menikmati menu yang Anda sajikan. Namun, dalam menikmati kuliner tidak hanya indera pengecap saja yang bekerja. Indra penglihatan dan penciuman pun punya andil besar. Artinya, suasana yang Anda hadirkan di restoran haruslah sesuai dengan selera dari target pasar Anda. Sadarkah Anda kalau banyak orang yang malas makan di suatu restoran hanya karena suasana dalam restoran yang kurang nyaman?

Untuk itu, Anda harus memperhatikan betul desain interior yang ada di tempat. Buat pelanggan Anda betah senyaman mungkin di dalamnya sehingga mereka akan mau untuk kembali lagi ke sana.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

 

2. Akses parkir pengunjung

Bila Anda ingin mendirikan restoran yang menarik banyak pengunjung, maka akses parkir harus jadi perhatian. Bukan hanya seberapa strategis lokasi restoran Anda berdiri, tetapi juga seberapa mudah akses parkir di restoran Anda. Kalau akses parkir terlalu sedikit, maka semakin sedikit pula orang yang ingin datang ke tempat Anda.

 

3. Konsep plating makanan

Plating atau penyajian makanan sedikit banyak mempengaruhi selera dari pelanggan. Bahkan, konsep plating yang Anda gunakan pun berpotensi untuk menarik calon pelanggan. Mengingat kini banyak orang yang mencari referensi kuliner lewat media sosial berbagi foto seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Dengan plating yang menggugah selera, maka calon konsumen pun akan semakin tertarik untuk datang ke restoran.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

 

4. Teknologi perkasiran

Dalam menjalankan usaha kuliner cepat saji, maka semua harus bergerak lebih cepat. Termasuk dalam pemrosesan pemesanan dan pembayaran. Oleh karena itu, cara-cara manual zaman dulu sudah tidak lagi efisien untuk masa kini. Sudah saatnya Anda beralih ke teknologi digital.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Moka. Sebab, Moka menawarkan fitur-fitur yang memudahkan operasi harian Anda. Fitur itu seperti Ingredient Inventory di mana Anda bisa mengetahui seberapa banyak bahan baku yang telah digunakan dengan mudah. Ada juga fitur analisis laporan penjualan yang memungkinkan Anda bisa memantau penjualan harian, mingguan, dan bulanan secara online di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Membutuhkan POS untuk Restoran Anda

Anda juga bisa mengapresiasi pelanggan dengan lebih mudah karena Moka memungkinkan Anda menyimpan data frekuensi pembelian dan menu yang paling sering dipesan oleh konsumen. Sehingga, Anda bisa mengetahui berapa banyak pelanggan setia Anda dan menu apa yang paling laris. Jadi, bagi Anda yang ingin mengembangkan restoran cepat saji, Moka siap menemani Anda menuju kesuksesan.

 

5. Kebersihan meja

Kecuali Anda mendirikan restoran cepat saji yang fokus utamanya hanya menu-menu take away, maka kebersihan meja harus diperhatikan dengan benar. Sebab, tidak ada konsumen yang suka dengan meja yang kotor, berminyak, basah, atau lengket. Belum lagi virus atau bakteri yang mungkin dibawa oleh pengunjung sebelumnya. Oleh karena itu, selalu arahkan staf Anda untuk tidak pernah menyepelekan kebersihan meja.

tips sukses restoran cepat saji

Itu dia lima hal kecil yang membuat konsumen lebih memilih restoran Anda ketimbang restoran lainnya. Selain cita rasa dari menu yang Anda sajikan, lima hal tersebut akan sangat membantu kesuksesan restoran Anda. Lalu jika Anda ingin memaksimalkan efisiensi perkasiran restoran, Anda bisa mencoba Moka sebagai aplikasi kasir berbasis cloud yang punya banyak fitur.

Klik di sini untuk buktikan sendiri,.

linkedin

Tags: Percaya Moka percayamoka