Ingin Penghasilan Tambahan saat Tahun Baru? Coba 13 Ide Bisnis Ini

Momen tahun baru adalah momen spesial yang dinikmati oleh semua orang. Apalagi kalau dirayakan bersama orang-orang enak untuk diajak berkumpul. Euforia tahun baru pun membuat orang-orang merasa lebih enteng untuk berbelanja. Maka dari itu akan sangat sayang kalau momen tahun baru tidak Anda manfaatkan.

Baca Juga: Ini 10 Ide Bisnis yang Bisa Anda Manfaatkan saat Momen Hari Ibu

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar di tahun baru, berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba.

1. Bisnis jagung bakar

ide bisnis jelang tahun baru

Jagung bakar bisa dibilang merupakan makanan yang wajib ada di setiap pergantian tahun. Hidangan sederhana yang hadir dalam beragam rasa ini jadi primadona yang selalu ada di pinggir jalan. Kalau Anda mau membuka bisnis ini di malam tahun baru, maka perhatikan jagung yang Anda gunakan. Pastikan jagung-jagung tersebut adalah jagung manis. Selain itu, perlu juga menciptakan rasa baru yang populer di kalangan anak muda.

Baca Juga: Ruko Roxy Mas, Tampilkan Kerajinan dan Tenunan Bernuansa Indonesia

 

2. Bisnis terompet

ide bisnis tahun baru

Terompet jadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan di malam tahun baru. Apalagi kalau bukan untuk semakin memeriahkan suasana. Namun, di tengah banyaknya pemain, apa yang bisa membuat bisnis terompet Anda beda? Mungkin bisa dengan membuat terompet yang berbunyi lain daripada terompet lainnya. Bisa juga dengan menambahkan lampu LED untuk membuat terompet Anda menyala. Menarik bukan?

Baca Juga: Padukan Musik Cadas dan Restoran, Ini Rahasia Sukses Lawless Burgerbar

 

3. Bisnis mainan

ide bisnis tahun baru

Saat ini banyak anak kecil yang sibuk dengan gadget sehingga mereka lupa betapa asiknya mainan tradisional yang memiliki wujud fisik. Untuk itu, ayo hadirkan sensasi bermain layaknya Anda dulu ketika masih kecil dengan menawarkan mainan-mainan keren yang bisa menyala di gelap malam.

 

4. Bisnis balon

ide bisnis tahun baru

Anak-anak tidak akan bisa lepas dari balon ketika di tahun baru. Apalagi balon helium yang mampu membuatnya melayang. Dikreasikan dalam bentuk yang lucu dan unik, pasti anak-anak akan sangat senang bermain dengan balon yang Anda jual. Kalau Anda bingung mencari supplier, jangan ragu untuk cari di internet. Bisa juga dengan impor dari negara-negara tetangga supaya balonnya lebih unik lagi.

 

5. Bisnis merchandise

ide bisnis tahun baru

Suasana tahun baru akan semakin seru kalau menggunakan beragam aksesoris. Seperti topi, kacamata, gelang, atau kalung yang bisa menghadirkan suasana yang semarak. Apalagi kalau ada pesta-pesta kantor yang tentunya membutuhkan berbagai merchandise baik untuk digunakan saat pesta atau pun yang dibagikan kepada tamu undangan.

Baca Juga: 23 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

 

6. Bisnis travel

ide bisnis tahun baru

Memanfaatkan momen libur panjang tahun baru, traveling jadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh anak muda. Banyak dari karyawan yang juga sudah mendapatkan bonus dari kantor, sehingga lebih semangat untuk traveling. Apalagi mereka yang libur dua pekan. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan promo paket wisata ke berbagai tempat yang jadi destinasi tahun baru terbaik.

Baca Juga: Dapat Duit sambil Jalan-Jalan, Ini 18 Tips Mulai Bisnis Travel di 2018

 

7. Bisnis kue kering

ide bisnis tahun baru

Momen kumpul bareng keluarga pasti lebih seru kalau ada sesuatu yang jadi cemilan. Belum lagi kalau ada banyak tamu yang datang bersilaturahmi. Inilah mengapa bisnis kue kering jadi salah satu yang paling laku. Anda bisa mulai menjualnya kepada teman-teman, tetangga, atau kelompok arisan Anda. Bisa juga dengan membuka pre-order lewat akun Instagram dan Facebook Anda.

 

8. Bisnis parkir

ide bisnis tahun baru

Jangan sepelekan bisnis parkir. Baik itu parkir motor ataupun mobil. Sebab, pada malam pergantian tahun ini pasti banyak orang yang butuh tempat untuk memarkirkan kendaraannya. Tidak mungkin mereka hanya merayakan malam tahun baru di atas kendaraannya. Kalau Anda punya lahan kosong yang bisa dijadikan parkir, dan kebetulan lahan kosong tersebut dekat dengan tempat ramai, kenapa tidak disewakan saja? Hanya dengan modal karcis yang dilaminating Anda sudah bisa menjalankan bisnis parkir yang untuk besar.

 

9. Bisnis alat bakar

ide bisnis tahun baru

Tidak semua orang ingin merayakan malam tahun baru di luar rumah. Banyak dari mereka yang memilih untuk merayakannya di rumah saja, sambil menggelar acara barbekyu. Namun, untuk menggelar acara itu tentu saja mereka butuh peralatan yang memadai. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Sebut saja alat pemanggang, arang, kipas, spatula, kuas, dan lain sebagainya.

 

10. Bisnis ayam bakar

Man and son barbecuing with family in the background at park

Bagi orang-orang yang kurang suka dengan daging merah, tentu akan lari ke pilihan daging ayam. Apalagi daging ayam terbilang universal, dan masuk ke selera semua orang. Oleh karena itu, para penjual ayam bakar akan untung besar di malam tahun baru ini. Terlebih lagi banyak orang yang malas untuk meracik bumbunya sendiri, sehingga memilih untuk beli yang sudah dibumbui. Mereka hanya perlu membakarnya saja.

Baca Juga: Ayam Mbah Cemplung, Mengulik Usaha Kuliner Paling Legendaris di Jogja

 

11. Bisnis sewa motor

ide bisnis tahun baru

Bagi Anda yang tinggal di daerah wisata, tentunya akan semakin kebanjiran rezeki di malam tahun baru ini. Mengingat banyak orang yang ingin merayakan tahun baru di tempat seru namun tidak ingin terkena macet terlalu parah, persewaan motor akan jadi pilihan mereka. Kalau hari-hari biasa harga sewa satu buah motor adala Rp50.000, maka di malam tahun baru bisa meningkat 100%. Cukup menarik bukan? Kalau Anda tidak ingin repot, cukup titipkan saja ke pengelola rental yang memang sudah berpengalaman.

Baca Juga: 11 Bisnis Ini Siap Dulang Untung Besar di Momen Hari Natal, Tertarik?

 

12. Bisnis penginapan

ide bisnis tahun baru

Satu lagi bisnis yang mendulang untung besar di malam tahun baru. Pastinya semua orang membutuhkan tempat beristirahat. Anda bisa menyewakan kamar kosong dengan bekerja sama dengan aplikasi penyedia kamar. Bisa juga dengan bekerja sama dengan situs-situs persewaan hotel budget yang jadi idola para traveler.

Baca Juga: Ini 10 Ide Bisnis yang Bisa Anda Manfaatkan di Momen Hari Ibu

 

13. Bisnis katering

ide bisnis tahun baru

Banyak orang yang ingin merayakan malam tahun baru bersama teman-temannya. Tidak jarang acara ini diadakan besar dan meriah, sehingga membutuhkan persiapan khusus. Salah satunya adalah persiapan katering. Layaknya pesta pada umumnya, Anda harus menghadirkan makanan-makanan yang lezat namun dengan porsi kecil. Lebih baik menyajikan lebih banyak sajian daripada porsi yang besar. Kecuali, kalau acaranya adalah acara kecil yang tidak membutuhkan banyak pilihan.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

Itulah 13 bisnis yang akan mendulang untuk paling besar saat tahun baru. Bagi Anda yang ingin menjalani salah satu bisnis di atas, sebaiknya mulai persiapan dari sekarang. Kenapa sekarang? Karena kalau tidak dari sekarang maka Anda tidak akan punya cukup waktu lagi. Jadi, ayo mulai!

linkedin

Tags: business insight